AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Tue, 26 March 2019 - 22:00:32
Random News
Terkadang kita biasa mengabaikan penyakit-penyakit ini. Misalnya : Batuk, sering disimpulkan bahwa i ... Read More »
Published: Fri, 25 Dec 2015 - 05:52:17
Category: Wisata
By: AnekaNews.net
Hits: 2/6408
Comments: 0/0
Indahnya Pantai Balekambang Malang

Indahnya Pantai Balekambang Malang - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Akhir tahun, merupakan saat yang tepat untuk berwisata, karena bertepatan dengan libur natal dan tahun baru serta liburan sekolah, jadi liburnya panjang.

Nah, kali ini kita bahas tempat wisata di Malang, yaitu Pantai Balekambang.

Sebuah pura Hindu anggun berdiri pada sebuah batu raksasa yang menghadap ke samudera luas dan pasir putihnya merangkul gelombang yang datang ke pantai. Pemandangan yang cantik ini bukan di Tanah Lot, Bali, melainkan pemandangan spektakuler Pantai Balekambang di sebelah selatan Kabupaten Malang. Pantai indah yang tersembunyi ini melengkapi deretan tujuan wisata memukau di Jawa Timur selain Gunung Bromo dan Kota Batu. Pantai Balekambang tepatnya berada di Desa Srigoco, Kecamatan Bantur, sekira 70 kilometer arah selatan Kota Malang.

Pantai Balekambang ditandai dengan tiga pulau batu yang dinamai sesuai karakter pewayangan, yaitu: Pulau Anoman, Pulau Wisanggeni, dan Pulau Ismoyo. Pulau Wisanggeni terhubung ke pantai dan Pulau Ismoyo oleh jembatan beton sepanjang 100 meter.

Di Pulau Ismoyo berdiri dengan anggunnya Pura Amerta Jati atau juga dikenal sebagai Pura Ismoyo. Pura ini memiliki karakteristik yang berbeda dari pura-pura Hindu di Bali namun memiliki pemandangan candi di pulau batu berikut jembatan penghubungnya yang menantang laut biru yang luas tak kalah cantik. Kecantikan dan pesonanya semakin spektakuler saat Matahari terbenam di balik cakrawala; menyuguhkan siluet pura berlatar langit senja berwarna kuning keemasan.

Pura Amerta Jati atau Pura Ismoyo ini dibangun tahun 1985 oleh Bupati Malang, Edi Slamet. Didesain mengikuti Pura Tanah Lot yang terkenal di Bali, pura ini juga merupakan tempat suci bagi pengikut Hindu, tempat dilaksanakannya ritual keagamaan. Salah satu ritualnya Jalani Dhipuja yang dilakukan tiga hari sebelum ritual Nyepi, sebagai bagian dari rangkaian merayakan Saka atau Hindu Tahun Baru. Puncak utama dari ritual Jalani Dhipuja adalah Jolen Larung, yaitu melarung persembahan ke laut sebagai simbol rasa syukur kepada Tuhan untuk semua berkat-Nya dan untuk mengusir kemalangan di masa yang akan datang.

Meskipun lokasinya terpencil, Pantai Balekambang memiliki semua fasilitas yang diperlukan wisatawan. Mulai dari warung makanan, restoran, penjaga pantai, toko suvenir, toilet umum, hingga penginapan sederhana.

#Pantai-Balekambang-Malang
Title Tags Search:
See Also:
Ragunan Pulang Kampungnya Penduduk Jakarta - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Ada ungkapan untuk mereka yang tinggal di kota Jakarta yang tidak bisa berlebaran di kampung halaman dikarenakan satu dan lain hal. Ngga bisa lebaran di kampung, jadi lebarannya nengokin uwak aja di R ... Read More »
9 Tempat Di Yogyakarta Yang Mampu Menghadirkan Kesan Romantis - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Banyak yang beranggapan tempat romantis hanya cocok dikunjungi oleh mereka yang sedang kasmaran atau sepasang kekasih. Pendapat itu memang ada benarnya juga sii, tapi ada tapinya lho... Karena yang te ... Read More »
Beberapa Tempat Wisata Paling Ekstrim Di Dunia - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Ini dia tempat wisata paling ekstrim di dunia yang perlu anda kunjungi. Bagi orang yang punya nyali dan tentunya juga bagi orang yang punya uang lebih buat berlibur ke sana. Hahaha... :D

Yuk.. Kita ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share