AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Tue, 27 June 2017 - 05:29:42
Random News
Islam adalah agama besar Rahmatan Lil 'Alamin yang di ridhoi Allah SWT. Tapi sadarkah kita, kelakuan ... Read More »
Published: Wed, 15 Feb 2017 - 01:11:18
Category: Wisata
By: AnekaNews.net
Hits: 2/370
Comments: 0/0
Melihat Dari Dekat, Eloknya Kebun Kurma Pasuruan Jawa Timur

Melihat Dari Dekat, Eloknya Kebun Kurma Pasuruan Jawa Timur - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Para pengunjung yang ingin melihat hamparan pohon kurma sekaligus menikmati sajian berbau kurma, tak perlu jauh-jauh ke Arab Saudi. Di Dusun Karanglo, Desa Sukorejo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan terdapat Duta Wisata Kurma, tempat pariwisata baru yang menyajikan pemandangan ratusan pohon kurma siap berbuah serta ditambah buah khas timur tengah lainnya seperti buah zaitun, siwak dan buah tin.

HM Roeslan, founder Duta Wisata Kurma mengatakan, ratusan pohon kurma ditanam di areal seluas 3,7 hektar dan resmi dibuka untuk umum mulai 1 Januari 2017 dengan harga tiket masuk hanya Rp 5 ribu.

“Pengunjung bisa melihat buah kurma dan pohonnya dari dekat. Akan tetapi, kita masih belum mempersilahkan pengunjung untuk memetik langsung, karena kalau memetiknya sembarangan, maka bisa merusak buah itu sendiri,” kata Roeslan, di sela-sela soft opening Duta Wisata Kurma, pada bulan kemarin.

Kebun Kurma Pasuruan - AnekaNews.net

Selama ini, pohon kurma identik hanya bisa tumbuh di gurun pasir. Namun, Roeslan yang dikenal sebagai sosok berjiwa bisnis ini membuktikan bahwa kurma bisa tumbuh dan berbuah di Indonesia. Hal itu didukung dengan perawatan yang maksimal, mulai dari pertumbuhan hingga perkembangan buah itu sendiri.

“Selain menikmati pohon kurma, pengunjung juga bisa menikmati aneka olahan pohon kurma. Mulai dari minuman hingga makanan. Bahkan, bagi pecinta batik, pengunjung bisa membeli batik motif kurma yang hanya ada di Kecamatan Sukorejo dan Duta Wisata Kurma,” imbuhnya.

Lebih lanjut, pengusaha yang kini berusia 70 tahun itu menambahkan, selain kurma dan buah yang berasal drai timur tengah, di dalam lokasi wisata ini juga ditanam pohon anggur dan delima, koleksi unggas yang beragam mulai dari merak biru hingga merak putih, serta puluhan jenis burung dan hewan lainnya. Tak hanya itu saja, pihaknya juga menyediakan pesawat Boeing 737 yang bisa digunakan pengunjung. Bahkan, pesawat ini bisa digunakan pengunjung untuk selfie atau mengabadikan momen dari ketinggian.

Kebun Kurma Pasuruan - AnekaNews.net

“Pokoknya kalau datang ke sini tidak akan rugi, karena bisa melihat pohon kurma langsung, kemudian makan kurma dan aneka makanan minuman yang terbuat dari kurma, sampai dengan melihat satwa-satwa yang dilindungi,” akunya.

Sementara itu, saat disinggung seputar ide membangun duta wisata kurma, pria yang mengawali karirnya sebagai kernet truk itu bercerita bahwa tanah seluas 3,7 hektar miliknya semua digunakan untuk kawasan industri. Akan tetapi, lantaran tak diminati pengembang, akhirnya tanah tersebut pun disulap menjadi wisata kebun kurma

“Kebetulan tanahnya kering dan berada di daerah sedikit tertinggal. Lama kelamaan saya mikir dan akhirnya ketemu wisata kurma seperti di Thailand. Makanya saya coba tanam di sini, dan Insya Allah seluruhnya berhasil. Dari 150 pohon, sudah enam pohon yang berbuah dan ini luar biasa,” ungkapnya.
Rencananya, tanah seluas itu akan ditanam sekitar 400 pohon kurma. Sisanya masih menunggu bibit dari sejumlah pondok pesantren yang sudah kontrak kerja dengannya. Dia mengaku membeli bibit kurma ini di Indonesia, khususnya Jakarta.

“Ada beberapa jenis kurma yang akan saya tanam di sini. Ada varietas barhed dan medjool dan masih banyak lagi. Saya akan saya buat blok nanti, misalnya blok khusus kurma barhed, blok lainnya untuk kurma jenis ini, dan sebagainya,” terangnya.



Sumber referensi: FB SMKMUTUPas

Semoga bermanfaat.
----------
#kebun-kurma-pasuruan
#alamat-kebun-kurma-pasuruan
#wisata-kebun-kurma-pasuruan
#lokasi-kebun-kurma-pasuruan
#kebun-kurma-sukorejo
Title Tags Search:
See Also:
Pesona LINGKO, Sawah Berbentuk Jaring Laba-laba Di Flores NTT - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Bentuk persawahan yang unik disalah satu desa di daerah Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), tepatnya di desa Golo Cara, Cancar, dekat Ruteng. Sawah ini ternyata punya ciri khas lokal yang unik. Para wa ... Read More »
Ragunan Pulang Kampungnya Penduduk Jakarta - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Ada ungkapan untuk mereka yang tinggal di kota Jakarta yang tidak bisa berlebaran di kampung halaman dikarenakan satu dan lain hal. Ngga bisa lebaran di kampung, jadi lebarannya nengokin uwak aja di R ... Read More »
Kisah 4 Pantai Wisata Berhantu Dan Terseram Di Dunia - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Apa yang anda bayangkan saat anda melamunkan pantai?
Pasti ada pasir pantai, suara deburan ombak, pemandangan sunset, hamparan biru atau jingga warna langit di atas pantai, kebebasan dan seterusnya. ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 39564
Bookmark and Share