AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Musim penghujan memang sering mempengaruhi kondisi tubuh manusia. Suhu udara yang menurun drastis in ... Read More »
Published: Wed, 06 Apr 2016 - 16:03:20
Category: Wisata
By: AnekaNews.top
Hits: 609/1111
Comments: 0/0
Pesona LINGKO, Sawah Berbentuk Jaring Laba-laba Di Flores NTT

Pesona LINGKO, Sawah Berbentuk Jaring Laba-laba Di Flores NTT - AnekaNews.net

AnekaNews.top - Pesona LINGKO, Sawah Berbentuk Jaring Laba-laba Di Flores NTT

Bentuk persawahan yang unik disalah satu desa di daerah Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), tepatnya di desa Golo Cara, Cancar, dekat Ruteng. Sawah ini ternyata punya ciri khas lokal yang unik. Para warga desa tersebut, memiliki tradisi pembagian sawah yang bentuknya mirip dengan jaring laba-laba (Spider-web Rice Field) yang disebut dengan Lingko Lodok.

Lingko Lodok adalah bagian dari kearifan lokal membagi kepemilikan sawah antara warga desa dengan adil berdasarkan besarnya keluarga. Status kepemilikannya hak komunitas dan besaran tanah diatur dengan sistem Lodok. Luasnya tergantung jumlah penerima hasil, hubungannya dengan para tuan tanah serta status dalam sebuah Beo. Tua Teno biasanya mendapatkan bagian terbesar karena memiliki banyak tanggung jawab.

Pada bagian tengah sawah ditanam teno (kayu titik pusat), yang menjadi poros pembagian lingko. Filosofinya sesuai dengan bentuk Mbaru Niang (rumah tradisional) di desa Wae Rebo atau Pu’u. Dimana setiap rumah memiliki siri bongkok (tiang pancang utama) di tengahnya dan dikelilingi delapan tiang penyangga luar (siri leles). Di daerah Cancar, Teno yang ada di tengah lingko ditandai dengan kayu yang disebut dengan Mangka.

Sawah Lingko - AnekaNews.net

Cancar merupakan sebuah kawasan yang paling jelas dan dekat dengan Ruteng untuk melihat tradisi pembagian tanah lingko ini. Pemandu wisata biasanya akan mengantar Anda ke Golo Cara yang berjarak 12 kilometer dari Ruteng dan menghentikan kendaraan di sebuah kampung di kaki bukit. Sebaiknya tanyakan dimana mbaru gendang di daerah tersebut untuk mendapatkan penjelasan dan pemahaman yang lengkap.

Di atas bukit yang tidak begitu tinggi, jalan setapak berakhir. Tanpa fasilitas wisata yang berarti karena belum menjadi sebuah daerah kunjungan wisata resmi, Cancar menampilkan sebuah kemewahan budaya yang tak terbayangkan akan ada di Indonesia.

Nikmatilah apa yang dapat dijaring oleh penglihatan kita saat di atas bukit, dan di sanalah jaring laba-laba raksasa berbentuk sawah lingko tertata.


Semoga bermanfaat.
----------
#lingko-cara
#spider-web-rice-field
#lodok-mata
#kota-ruteng
#lingko-meler
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 88957
Bookmark and Share