AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Berbeda dengan memasak rendang daging, memasak rendang ayam jauh lebih praktis dan tentu saja jauh l ... Read More »
Published: Tue, 16 Feb 2016 - 08:34:16
Category: Inspirasi
By: AnekaNews.net
Hits: 491/907
Comments: 0/0
Jika Anak Anda Cengeng Dan Suka Menangis, Lakukan Hal Ini

Jika Anak Anda  Cengeng Dan Suka Menangis, Lakukan Hal Ini - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Jika Anak Anda Cengeng Dan Suka Menangis, Lakukan Hal Ini

Biasanya dan kebanyakan orang tua, jika anaknya cengeng dan suka menangis, malah tambah di marahi. Ini salah, Coba lakukan hal terbaik di bawah ini, ketika anak anda suka menagis.

1. Jangan menganggap tangisan anak sebagai suatu kesalahan
Beberapa anak yang lebih sensitif kadang mengekspresikan perasaannya tersebut dengan menangis. Tangisan anak bukanlah suatu kesalahan besar, sehingga Anda harus menghadapinya dengan tenang.

2. Ketika anak menangis, jangan memarahi anak dan memaksanya untuk diam
Hal ini biasanya terjadi saat Anda mengajak anak menghadiri suatu acara, kebanyakan orang tua merasa malu jika anaknya menangis berteriak hingga menjadi perhatian banyak orang.

3. Ketika anak Menangis, Ajak anak ketempat lain
Yang perlu Anda lakukan adalah mengajak anak ke tempat yang lebih aman untuk menenangkan diri, menanyakan penyebab mengapa dirinya menangis dan menghindari kata-kata kasar seperti pura-pura mengancam akan meninggalkan anak di tempat tersebut jika tidak berhenti menangis.

4. berikan ruang dan waktu pada anak agar terbiasa dengan kegiatan baru yang mungkin membuatnya cemas
Perasaan anak yang terlalu sensitif juga dapat ditunjukkan dengan ketakutan yang berlebihan. Yang perlu Anda lakukan adalah memberikan ruang dan waktu pada anak agar terbiasa dengan kegiatan baru yang mungkin membuatnya cemas atau ketakutan.

5. Anak yang terlalu sensitif/cengeng hanya perlu merasa aman dan membutuhkan dukungan dari orang tua agar dapat lebih percaya diri
Menurut para psikolog, anak yang terlalu sensitif hanya perlu merasa aman dan membutuhkan dukungan dari orang tua agar dapat lebih percaya diri, sehingga mampu mengenali kekuatannya sendiri dalam berperang melawan rasa takut.

6. Hindari menakut-nakuti anak terhadap suatu hal
seperti ada monster yang akan muncul pada tengah malam jika anak tidak segera tidur. Mungkin tujuan Anda baik, yaitu mendisiplinkan anak agar tidur pada waktu yang sama setiap harinya, tetapi cara yang Anda gunakan salah.

7. Hindari meredakan tangisan dengan memberikan apa yang diinginkan oleh anak

Meredakan tanagisan anak sebenarnya bukan suatu hal yang sulit, cukup memberikan apa yang diinginkan oleh anak. Tetapi hal ini hanya berlaku pada satu waktu saja dan anak akan tumbuh menjadi pribadi yang manja jika semua keinginannya terpenuhi dengan mudah.

8. Cobalah mempelajari strategi terapi untuk mengendalikan emosi anak
misalnya dengan permainan berhitung atau melempar bola. Cara ini dapat melatih kesabaran anak sehingga anak lebih mudah mengendalikan kemarahannya dan tidak mudah menangis.

9. Jika merasa anak melebihi kebiasaan anak lainnya, jangan mengabaikan dan mintalah bantuan psikolog anak
Jika anak sering sekali marah, merasa cemas atau depresi yang melebihi sensitivitas alaminya dan tidak dapat Anda atasi dengan ketiga cara tersebut di atas, jangan mengabaikannya. Hal ini mungkin merupakan tanda-tanda masalah serius pada kondisi psikologi anak.

Perhatikan bagaimana perilaku anak ketika berada di rumah atau ketika bermain dengan teman-teman seumurannya, jika anak terus menerus mengembangkan sikap mudah marah, Anda perlu menemui psikolog anak atau dokter yang ahli di bidang kesehatan mental.

Semoga bermanfaat.

#Cara-Mengaatasi-Anak-Cengeng
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share