AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Sebagai orang Islam, alangkah baiknya kalau kita bisa menghindari makanan-makanan yang haram. Lalu c ... Read More »
Published: Tue, 23 Jun 2015 - 02:02:44
Category: Islam
By: Dyta
Hits: 1/949
Comments: 0/0
10 Untaian Wasiat Imam Shafie

10 Untaian Wasiat Imam Shafie - AnekaNews.net

AnekaNews.net - 10 Untaian Wasiat Imam Shafie

Sahabat, ingin tahu apa saja wasiat dari Imam Shafie/Syafi'i sebelum beliau wafat (meninggal dunia)? Pada waktu itu Imam Imam Shafie/Syafi'i Berwasiat kepada para muridnya dan mengajak para sahabatnya untuk membuat suatu perubahan terhadap jiwa mereka ke arah yang lebih baik lagi.

Imam Imam Shafie/Syafi'i mengatakan: "Barangsiapa yang ingin meninggalkan dunia dalam keadaan selamat maka hendaklah ia mengamalkan sepuluh perkara."

1. HAK (KEWAJIBAN) KEPADA DIRI, yaitu dengan cara : Mengurangi tidur, mengurangi makan, mengurangi percakapan (yakni percakapan yang sama sekali tidak bermanfaat), serta selalu ikhlas dan bersyukur dalam menerima rezeki yang ada.

2. HAK (KEWAJIBAN) KEPADA MALAIKAT MAUT, yaitu dengan cara : Menqhadha'kan segala kewajibannya yang tertinggal, dengan memohon dan mendapatkan maaf dari orang yang telah kita zalimi, mempersiapkan diri (membuat persediaan) untuk mati serta merasa bahwa diri kita sangat cinta kepada ALLAH SWT.

3. HAK (KEWAJIBAN) KEPADA KUBUR, yaitu dengan cara : Membuang tabiat kegemarannya dalam menabur fitnah, jangan suka kencing merata-rata, memperbanyak sholat tahajjud serta selalu membantu orang-orang yang dizalimi.

4. HAK (KEWAJIBAN) KEPADA MUNKAR DAN NAKIR, yaitu dengan cara : Tidak berdusta (janganlah berkata dusta), jujur (sering berkata benar), meninggalkan segala bentuk maksiat, serta memberi nasihat (nasehat-menasehati).

5. HAK (KEWAJIBAN) KEPADA MIZAN, yaitu dengan cara : Menahan (sikap) kemarahannya, perbanyaklah berdzikir (dzikrullah), selalu ikhlas dalam amalan-amalannya, serta sanggup menanggung (berbagai) kesusahan/ kesulitan.

6. HAK (KEWAJIBAN) KEPADA SIRAT, yaitu dengan cara : Membuang tabiatnya yang suka mengumpat, bersikap wara', senang dan suka membantu orang yang beriman, serta senang berjamaah (suka hidup dalam suasana berjamaah).

7. HAK (KEWAJIBAN) KEPADA PENJAGA NERAKA (MALIKAT MALIK), yaitu dengan cara : Menangis takut kepada ALLAH SWT, memperbanyak sedekah, selalu berbuat kebaikan terhadap kedua orang tua (ibu dan bapa) serta memperbaiki akhlaknya.

8. HAK (KEWAJIBAN) KEPADA PENJAGA SYURGA (MALIKAT RIDWAN), yaitu dengan cara : Ridho terhadap Qhadha' ALLAH SWT, serta selalu bersyukur atas karunia Allah SWT dan bertaubat.

9. HAK (KEWAJIBAN) KEPADA BAGINDA RASULULLAH MUHAMMAD SAW, yaitu dengan cara : sering bershalawat kepada Rasulullah SAW, selalu berpegang teguh kepada sunnah Rasulullah SAW, serta berlomba-lomba (bersaing) dalam memperbanyak ibadah kepada Allah SWT.

10. HAK (KEWAJIBAN) KEPADA ALLAH SWT, yaitu dengan cara : Mengajak umat manusia menuju arah kebaikan, mencegah umat manusia dari hal kemungkaran, serta suka terhadap ketaatan (taat pada Allah SWT) dan membenci berbagai kemaksiatan.

"Ya Allah, berilah petunjuk kepada kami agar kami sentiasa berada lurus di jalan Mu." Aamiin..!!!

"WAHAI JIWA-JIWA YANG TENANG JANGAN SEKALI-KALI KAMU MENCOBA JADI TUHAN DENGAN MENGADILI DAN MENGHAKIMI.BAHWASAN KAMU MEMANG TAK PUNYA DAYA DAN UPAYA,SERTA KEKUATAN UNTUK MENENTUKAN KEBENARAN YANG SEJATI.
BUKANKAH KITA MEMANG TERCIPTA LAKI-LAKI DAN WANITA,SERTA SUKU-SUKU DAN BANGSA-BANGSA YANG PASTI BERBEDA.BUKANKAH KITA MEMANG HARUS SALING MENGENAL DAN MENGHORMATI, BUKAN UNTUK SALING BERCERAI-BERAI DAN BERPERANG ANGKAT SENJATA!"

"Wahai orang-orang yang beriman! Jika datang kepada kamu sesuatu berita,maka selidikilah kebenarannya, supaya kamu tidak menimpakan sesuatu kaum dengan perkara yang tidak diingini dengan sebab kejahilan kamu (mengenainya) sehingga menjadikan kamu menyesali apa yang kamu lakukan." (al-Qur'an, al-Hujurat ( 49 ):6 ).

Sahabat, demikianlah 10 untaian wasiat/pesan penting dari Imam Shafie/Syafi'i, semoga bermanfaat dan kita dapat mengamalkannya. Aamiin...
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share