AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Lirik Lagu: ONO LIYANE (ONLINE) By: Vivi Voletha Intro: Aku ning kene, mung iso ndongakne ... Read More »
Published: Mon, 01 Jun 2015 - 23:33:07
Category: Islam
By: Dyta
Hits: 4/1012
Comments: 0/0
Malam Nisfu Syaban Malam Dibukanya Pintu Rahmat

Malam Nisfu Syaban Malam Dibukanya Pintu Rahmat - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Malam Nisfu Syaban Malam Dibukanya Pintu Rahmat

Assalamualikum Sobat, Tanpa kita sadari saat ini kita tengah berada tepat pada malam Nisfu Syaban. atau tepatnya Tanggal 15 Syaban 1435 H dan tanggal 2 Juni 2015 M . Malam yang bagi umat muslim memiliki keistimewaan dan keutamaan tersendiri.

Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW: Apabila tiba pada malam Nisfu Syaaban maka berjagalah kamu pada malamnya (melakukan ibadat) dan berpuasa pada siangnya kerana sesungguhnya Allah turun (merahmati hamba-hamba-Nya) pada waktu itu mulai terbenamnya matahari ke langit dunia. Allah SWT berfirman: Siapa yang memohon keampunan maka aku akan mengampunkannya, siapa yang meminta rezeki, maka aku akan kurniakan kepadanya rezeki, siapa yang ditimpa bala aku akan melepaskannya. Adakah daripada kalangan mereka begini dan adakah daripada kalangan mereka begini (berturutan pertanyaan daripada Allah) sehingga terbit fajar. (Hadis Riwayat Ibnu Majah)

Apa yang menyebabkan malam Nisfu Syaban ini besar artinya bagi umat Muslim ? Berikut ini diceritakan seperti yang di alami Rasulullah Saw (HR. Abu Hurairah):

Kebesaran hari ini diterangkan oleh Rasulullah SAW:
Malaikat Jibril mendatangiku pada malam Nishfu (15) Syaban, seraya berkata, Hai Muhammad, malam ini pintu-pintu langit dibuka. Bangunlah dan Shalatlah, angkat kepalamu dan tadahkan dua tanganmu kelangit .
Rasulullah pun keluar rumah, lantas mengerjakan shalat (sendirian) dan menangis dalam sujudnya, seraya berdoa :
Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari azab dan siksa-Mu serta kemurkaan-Mu Tiada kubatasi pujian-pujian kepada-Mu sebagaimana Engkau memuji diri-Mu Maka bagi-Mu lah segala pujia-pujian itu Hingga Engkau rela . (HR Abu Hurairah)

Oleh karena itu sahabatku, malam ini sangatlah baik untuk beribadah dan memohon ampunan (bertaubat) atas segala hal buruk yang kita lakukan, dan semoga Allah SWT menerima segala amal ibadah dan mengampuni dosa-dosa dan kesalahan kita.

Diriwayatkan oleh Abu Musa Al-Asari RA bahwa Rasulullah SAW bersabda:
Sesungguhnya Allah pada malam Nishfu Syaban mengawasi seluruh mahluk-Nya dan mengampuni semuanya kecuali orang musyrik atau orang yang bermusuhan. (HR Ibnu Majah)

Doa Malam Nisfu Syaban
Berikut adalah Pendapat yang dikemukakan oleh Habib Habib Munzir Al Musawwa tentang Amalan-amalan yang dilakukan di Malam Nisfu Syaban:
Doa dimalam nisfu syaban adalah sunnah, dan memang jelas riwayat dimalam itu adalah ditentukannya takdir-takdir ketentuan kita hingga 15 syaban yg akan datang, walaupun pendapat terkuat adalah malam lailatulqadar, demikian dijelaskan pd Tasfir Imam Attabari, tafsir Imam Ibn Katsir, Tafsir Imam Qurtubi dll.

Maka doa di malam itu adalah amal yg mulia, namun mengenai membaca Yaasiin 3x itu adalah saran para ulama, jika hal itu dikatakan bid'ah maka hal itu adalah bid'ah hasanah, sebagaimana banyak bid'ah-bid'ah hasanah yg juga dilakukan oleh para sahabat ra, karena telah diperbolehkan oleh Rasul saw dg hadits beliau saw :

Barangsiapa membuat kebiasaan baru berupa kebaikan maka baginya pahalanya dan pahala orang yg mengikutinya, dan barangsiapa yg membuat kebiasaan buruk berupa kebaikan maka baginya dosanya dan dosan orang yg mengamalkannya (Shahih Muslim hadits no.1017).

Mengenai doa dimalam nisfu syaban adalah sunnah Rasul saw, sebagaimana hadits2 berikut :

Sabda Rasulullah saw :
Allah mengawasi dan memandang hamba hamba Nya di malam nisfu syaban, lalu mengampuni dosa dosa mereka semuanya kecuali musyrik dan orang yg pemarah pada sesama muslimin (Shahih Ibn Hibban hadits no.5755)
berkata Aisyah ra : disuatu malam aku kehilangan Rasul saw, dan kutemukan beliau saw sedang di pekuburan Baqi, beliau mengangkat kepalanya kearah langit, seraya bersabda : Sungguh Allah turun ke langit bumi di malam nisfu syaban dan mengampuni dosa dosa hamba Nya sebanyak lebih dari jumlah bulu anjing dan domba (Musnad Imam Ahmad hadits no.24825)

berkata Imam Syafii rahimahullah :
Doa mustajab adalah pada 5 malam, yaitu malam jumat, malam idul Adha, malam Idul Fitri, malam pertama bulan rajab, dan malam nisfu syaban (Sunan Al Kubra Imam Baihaqiy juz 3 hal 319).

Dengan fatwa ini maka kita memperbanyak doa di malam itu, jelas pula bahwa doa tak bisa dilarang kapanpun dan dimanapun, bila mereka melarang doa maka hendaknya mereka menunjukkan dalilnya,
Bila mereka meminta riwayat cara berdoa, maka alangkah bodohnya mereka tak memahami caranya doa, karena caranya adalah meminta kepada Allah, Pelarangan akan hal ini merupakan perbuatan mungkar dan sesat, sebagaimana sabda Rasulullah saw :
sungguh sebesar besarnya dosa muslimin dg muslim lainnya adalah pertanyaan yg membuat hal yg halal dilakukan menjadi haram, karena sebab pertanyaannya (Shahih Muslim).

Yang paling pokok adalah berdoa, karena memang ada pendapat para Mufassirin bahwa malam nisfu syaban adalah malam ditentukannya banyak takdir kita, walaupun pendapat yg lebih kuat adalah pada malam lailatul qadar, namun bukan berarti pendapat yg pertama ini batil, karena diakui oleh para Muhadditsin.

Demikianlah artikel mengenai malam nisfu syaban semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Wassalamualaikum Wr Wb.


Semoga bermanfaat.
----------
#malam-nisfu-syaban
#niat-puasa-nisfu-syaaban
#nisfu-syaaban-2016
#tarikh-nisfu-syaaban
#doa-nisfu-syaaban
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share