AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Kebanyakan dari kita, baik pria mau pun wanita pasti mengiinginkan tubuh yang ideal, yang tidak gend ... Read More »
Published: Thu, 10 Mar 2016 - 21:43:50
Category: Islam
By: Dyta
Hits: 775/1281
Comments: 0/0
Mengenal Lebih Dekat Fakta Menarik Pribadi Rasulullah SAW

Mengenal Lebih Dekat Fakta Menarik Pribadi Rasulullah SAW - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Mengenal Lebih Dekat Fakta Menarik Pribadi Rasulullah SAW

Assalamualaikum....
Sebagai umat Islam maka sudah selayaknya dan menjadi suatu kewajiban untuk mencintai Rasulullah SAW, melebihi cintanya kepada semua makhluk. Bahkan, mencintai Rasulullah SAW merupakan ushul iman (pokok keimanan) yang hal ini bergandengan erat dengan cinta kepada Allah SWT.

Mencintai dan mengagungkan Rasulullah SAW yang sebenarnya adalah dengan cara meneladani segala petunjuk dan sunnah Rasulullah SAW, dengan berusaha untuk mempelajari serta mengamalkannya dengan baik.


Tetapi ada baiknya kita mengenal lebih dekat kehidupan junjungan kita Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam. Sholawat.co mengumpulkan fakta-fakta tentang kehidupan Nabi Muhammad Rasulullah shollallahu 'alaihi wassalam, yang tujuannya agar kita sebagai ummatnya bisa mengenal lebih detail mengenai pribadi agung nan mulia ini. Sebenarnya jika dituliskan dalam jutaan buku, maka keindahan pribadi dan akhlak Rosulullah tidak akan bisa tertulis semuanya. Tapi semoga ini menjadi penawar dahaga akan rindu kepada sosok Rosulullah Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam.

DI BAWAH INI ADALAH FAKTA-FAKTA TENTANG PRIBADI ROSULULLAH SAW:

1. Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam lahir sebelum fajar, Itsnain/senin, 12 Rabi’ul Awwal, Tahun Gajah.

2. Masjid nabawi Makam Nabi Besar Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam di Madinah, Arab Saudi.

3. Abdurrahman bin Auf adalah salah satu sahabat Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam yang kaya raya dan dermawan karena kemahirannya dalam berdagang.

4. Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam dikenal sebagai seorang saudagar yang hebat, juga seorang pemimpin militer yang hebat, ahli pengobatan yang handal & negarawan yang bijaksana.

5. Cincin Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam terbuat dari perak, dan mata cincinnya berasal dari Habasyah (ethiopia).

6. Beberapa nabi & rasul telah di tampakkan wujud malaikat yang berubah jadi manusia, seperti dalam kisah Ibrahim, Luth, Maryam, Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam dll.

7. Manusia yang pertama kali dibangkitkan di yaumul mahsyar oleh Allah Ta’ala adalah Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam.

8. Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam gagah berani, namun memiliki senyum yang sangat memikat & malu mempermalukan orang lain.

9. Nama paling populer di dunia adalah Muhammad, nama Nabi umat Islam.

10. Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam adalah manusia yang paling bagus akhlaknya.

11. Makanan kesukaan Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam adalah bubur, sedangkan minuman favorit baginda adalah Al-Hulwa Al-Barid atau minuman yang manis & dingin.

12. Muhammad artinya adalah Yang terpuji.

13. Ali bin Abi Thalib menikahi putri Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam, Fatimah Az-Zahra dengan mahar yaitu pakaian perang Ali bin Abi Thalib.

14. Hijau adalah warna Islam, warna menyehatkan, warna pakaian penduduk surga dan warna yang paling disukai oleh Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam.

15. Malaikat Jibril turun kepada Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam adalah sebanyak 124,000 kali.

16. Senin adalah hari lahirnya Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam, hari wafatnya Nabi shollallahu 'alaihi wasallam, hari diutusnya Nabi shollallahu 'alaihi wasallam, dan hari di turunkannya Al-Quran kepada Nabi shollallahu 'alaihi wasallam.

17. Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam pernah bermain lomba lari dengan Aisyah, namun baginda membuat dirinya kalah. Karena ingin menjaga hati istrinya.

18. Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam sangat mencintai anak yatim.

19. Orang pertama yang diberi nama ‘MUHAMMAD’ setelah Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam adalah Muhammad bin Hathib Al-Harits ra.

20. Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam itu lebih tampan daripada Nabi Yusuf. Kalau Nabi Yusuf bagaikan bulan, bisa ditatap. Tapi Nabi shollallahu 'alaihi wasallam bagaikan matahari.

21. Hijau dan putih adalah warna favorit Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam.

22. Sampai saat ini, pohon kurma ajwah masih ada di Madinah dan sudah berusia 14 abad lebih sejak pertama kali ditanam oleh Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam.

23. Ada 6 Nabi yang namanya diabadikan sebagai nama surat di Al-Qur’an, iaitu Nabi Yunus, Hud, Yusuf, Ibrahim, Muhammad dan Nuh.

24. Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam dapat melihat dalam keadaan gelap maupun terang.

25. Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam lahir hari senin & wafat juga hari senin.

26. Jarak antara Nabi Isa hingga Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam adalah 620 tahun lamanya.

27. Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam tidak pernah sakit gigi. Beliau bersiwak tak kurang 10 kali sehari.

28. Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam itu tidak mempunyai bayang-bayang, sama ada ketika berada di bawah sinar matahari, maupun bulan.

29. Nabi Adam menikah Siti Hawa dengan mahar adalah membaca shalawat atas Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam.

30. Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam selalu shalat sunnah fajar.

31. Jin dan setan bisa berubah berujud seperti manusia siapapun kecuali sosok Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam.

32. Setiap hari, Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam membaca istighfar 70 kali hingga 100 kali walaupun baginda sudah terjaga dari dosa.

33. Nabi Isa bertemu dengan Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam di langit ke dua saat Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam melakukan perjalanan Mi’raj utk mendapatkan perintah shalat.

34. Jika kita membaca sejarah Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam, khususnya dalam bidang kesehatan, kita akan mendapatkan kesimpulan betapa sehatnya Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam.

35. Setiap malam bulan ramadhan malaikat Jibril selalu datang menemui Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam & bersama-sama membaca Al-Quran silih berganti (tadarus).

36. Apabila Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam bersin, maka diletakkan tangan/kain bajunya ke mulutnya dan beliau rendahkan suaranya.

37. Makanan yang paling disukai oleh nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam adalah bubur.

38. Nabi yang dijuluki ulul azmi: nabi Nuh as., Nabi ibrahim as., nabi Musa as., nabi Isa as., dan nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam.

39. Orang yang pertama kali beriman kepada Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam adalah wanita iaitu Siti Khadijah ra. Istri Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam.

40. Tidurnya Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam adalah tidur matanya, namun hatinya tidak tidur.

41. Hafshah, putri Umar Bin Khattab adalah salah satu istri Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam.

42. Tanggal 12 Rabiul awwal adalah hari kelahiran Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam.

43. Tidak seorang pun pernah menyaksikan Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam tertawa terbahak-bahak.

44. Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam memotong kuku dan menggunting kumis sebelum beliau keluar untuk melaksanakan shalat jum’at.

45. Dalam Buku The 100, karya Michael H. Hart, menetapkan Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam sebagai tokoh paling berpengaruh sepanjang sejarah kehidupan manusia.

46. Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam tidak pernah tidur malam kecuali setelah beliau membaca surat As-Sajadah & surat Al-Mulk.

47. Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam menikahi Zainab binti Jahsyi bin Royab atas perintah Allah Subhana Wata Ala yang terdapat dalam Al-Qur’an surat ke 33 ayat 37.

48. Orang yang pertama kali masuk surga dari ummat Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam adalah Abu Bakar As-Shiddiq ra.

49. Wasiat terakhir Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam sebelum beliau wafat adalah ‘Kerjakanlah shalat’, ‘Kerjakanlah shalat’, dan beliau memikirkan nasib ummatnya.

50. Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam melakukan Isra’ Mi’raj dalam jangka waktu yang sangat singkat, hingga kasur yang beliau duduki suhunya masih hangat.

51. Qasim adalah putra pertama Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam., dengan lahirnya Qasim, Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam diberi julukan nama Abu Al-Qasim.

52. Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam pernah berkirim surat ke Muqawqis.

53. Ketika nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam minum, Baginda menarik nafas (menghela) dua kali.

54. Dalam Injil kuno ini yang ditemukan di Turki menjelaskan bahwa nabi Isa tidak disalib & membenarkan Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam.

55. Ibadah shalat sudah disyariatkan semenjak zaman para nabi dahulu, sebelum nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam dan shalat adalah amalan yang paling utama.

56. Diantara para sahabat nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam, yang paling mirip dengan nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam adalah Jafar bin Abu Thalib ra.

57. Antara nama lain nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam adalah Ahmad, Al-Mahi (penghapus kekufuran), Al-Hasyir (yang mengumpulkan), Al-Aqib (yang mengakhiri).

58. Manusia pertama yang menginjakkan kakinya di titian Sirat adalah nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam.

59. Kitab yang diturunkan kepada nabi2 sebelum nabi muhammad shollallahu 'alaihi wasallam ialah taurat, zabur, injil, dan suhuf.

60. Masyarakat Jahiliyah berkeyakinan bahwa bulan shafar merupakan bulan sial. Ketika Islam datang, Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam menghapus keyakinan ini.

61. Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam pernah makan daging ayam.

62. Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam makan sebelum lapar, dan berhenti sebelum kenyang.

63. Siti Aisyah adalah satu-satunya istri nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam yang masih gadis.

64. Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam selalu melaksanakan salat 5 waktu berjamaah di masjid & hanya sekali salat sendiri itu pun krn sakit keras menjelang wafat.

65. Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam pernah mengganjal perutnya dengan batu karena menahan lapar.

66. Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam pernah bermain lomba lari dengan Aisyah. Tapi beliau membuat dirinya kalah karena ingin menjaga hati istrinya.

67. Posisi tidur yang dilakukan nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam adalah tulang rusuk kanan diletakkan dibawah.

68. Apabila nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam berbaring di tempat tidurnya, beliau membaca: ‘Bismika Allahumma ahya wa bismika wa amut’.

69. Pesan Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam sebelum baginda wafat kepada masyarakat supaya memelihara wanita dengan sebaik-baiknya.

70. Penelitian NASA: Bulan pernah terbelah dua, bulan terbelah adalah salah satu mukjizat nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam yang telah terbukti kebenarannya.

71. Dari 25 Nabi, ada 4 Nabi bangsa Arab; nabi Hud as, nabi Shalih as, nabi Syu’aib as dan Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam.

72. Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam pernah shalat sambil menggendong cucu beliau Umamah bintu Zainab bintu Rasulullah.

73. Haji wada’ adalah haji terakhir yang dilakukan nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam sebelum beliau wafat.

74. Ayah nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam bernama Abdullah, dan ibu baginda adalah Aminah.

75. Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam dimakamkan di tempat meninggalnya, yakni di tempat yang dahulunya adalah kamar Ummul Mukminin Aisyah ra., isteri Nabi shollallahu 'alaihi wasallam.

76. Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam tidak pernah menarik tangannya saat berjabat tangan sebelum sahabat tersebut melepasnya terlebih dahulu.

77. Dengan bersalawat kepada Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam, nabi Yunus keluar dari perut ikan paus.

78. Sumur di Madinah ini adalah tempat Ali ra. mengambil air untuk memandikan jasad Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam sebelum dimakamkan.

79. Buku ‘This Is Muhammad’ tercatat dalam Guinnes Book of Records sebaigai buku terbesar, terberat & termahal di dunia.

80. Yang pertama kali diciptakan adalah cahaya Muhammad & dari nur Muhammad itulah Allah menciptakan seluruh makhluk, termasuk para nabi & rasul.

81. Setelah umat Islam membebaskan kota Makkah, nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam menyucikannya dengan memusnahkan 360 patung di sekeliling Ka’bah.

82. Nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam makan dengan menggunakan tangan kanan dan makan dengan menggunakan tiga jari.

83. Nama ‘Muhammad’ paling populer di empat pusat kota di Belanda, yaitu kota Amsterdam, Rotterdam, Den haag dan Utrecht.

84. Anak kecil pertama yang beriman kepada nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam adalah Ali bin abi Thalib ra.

85. Diantara sekian banyak keistimewaan nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam adalah, lalat tidak pernah menghinggapi beliau.

86. Senin adalah hari lahir Nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam, hari wafat, hari diutusnya Rasulullah shallallahu alaihi wassalam dan menerima wahyu pertama.

87. Nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam selalu mengingat Allah di setiap waktu.

88. Panji peperangan nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam berwarna hitam, dan pada panji tersebut terdapat kalimat ‘Laa illaaha illa Allah, Muhammad Rasulullah.

89. Harta nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam yang paling mewah adalah sepasang alas kaki berwarna kuning, hadiah dari Negus, penguasa Abissinia.

90. Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Tirmidzi disebutkan bahwa nabi Isa akan dimakamkan disamping makam nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam, di Madinah.

91. Dalam literatur Islam, Idris diangkat menjadi Nabi pada usia 40 tahun, usia yang sama dengan nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam.

92. Tertawanya nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam hanya sekedar senyum.

93. Semasa hidupnya, nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam tidak pernah menguap.

94. Nama ‘Muhammad’ adalah nama yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, juga tempat pertama di Britain mengalahkan nama Jack dan Harry.

95. Putra pertama nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam adalah Qasim. Sedangkan putri pertama Nabi shallallahu alaihi wassalam adalah Zainab binti Rasulullah shallallahu alaihi wassalam.

96. Orang pertama yang beribadah dengan nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam adalah Ali bin Abi Thalib ra.

97. Shalat pertama dilakukan nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam menghadap Ka’bah adalah shalat Ashar bersama para sahabat, yang sebelumnya menghadap Masjidil Aqsa.

98. Nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam memiliki 4 anak perempuan: Zainab, Ruqayyah, Ummu Kultsum & Fatimah, & tiga putra. Qasim, Abdullah, & Ibrahim.

99. Shalat subuh adalah shalat wajib yang terakhir dilakukan oleh nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam sebelum beliau wafat pada hari senin.

100. Nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam melakukan shalat malam hingga bengkak kedua kaki beliau padahal beliau sudah dijamin masuk surga.

101. Nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam melaksanakan ibadah haji hanya 1 kali dalam hidupnya.

102. Jumlah putri nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam ada 4 orang, semuanya terlahir dari rahim ummul mukminin Khadijah radhiallahu ‘anha.

103. Nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam terlahir yatim dan beliau amat sangat mencintai anak yatim.

104. Nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam diutuskan kepada semua manusia dan jin. Sedangkan Nabi-nabi terdahulu hanya diutuskan kepada Kaumnya saja.

105. Puasa sunnah senin dan kamis adalah puasa yang paling sering dilakukan oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam.

106. Malaikat yang di bebankan tugas membedah dada nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam adalah malaikat Jibril dan Mikail.

107. Jasad Nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam pernah ingin dicuri 2 kali, namun kedua nya gagal dan salah satu yang mencuri dihilangkan oleh Allah dari bumi.

108. Ketampanan nabi Yusuf membuat wanita-wanita terpotong jari. Ketampanan nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam membuat hati-hati manusia terpotong.

109. Setiap hari senin, siksa abu Lahab diringankan karena ia bergembira atas lahirnya nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam.

110. Muhammad bin Hathib Al-Harits ra. adalah orang pertama yang diberi nama Muhammad setelah Rasulullah shallallahu alaihi wassalam.

111. Putri nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam yang pertama kali menikah adalah Zainab binti Muhammad.

112. Nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam adalah orang pertama yang membawa air zam-zam sepulangnya dari haji. Kemudian diikuti oleh umat nya sampai sekarang ini.

113. Pohon kurma Ajwah sudah berusia 14 abad lebih sejak pertama kali ditanam oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam dan masih ada di Madinah sampai sekarang.

114. Bangsa yahudi adalah bangsa yang paling mengenal ciri-iri Nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam. Tapi mereka mengingkarinya.

115. Nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam selalu tidur dalam keadaan miring, terutama dalam posisi miring ke kanan.


Demikian beberapa hal menarik dari kehidupan junjungan kita nabi besar Muhammad, SAW.. Semoga kita dikumpulkan dalam barisan ummat Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam kelak, dan mendapatkan syafa'at beliau, dan tercatat menjadi ummat Nabi yang mencintai Rosulullah shollallahu 'alaihi wasallam.

Aamiin ya rabb'alamiin..
----------
#mengenal-rasulullah-muhammad-saw
#sejarah-nabi-muhammad-saw-dari-lahir-sampai-wafat
#mengenal-rasulullah-lebih-dekat
#wajah-nabi-muhammad-saw-asli
#cara-mengenal-rasulullah
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 30397
Bookmark and Share