AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Lirik Lagu: MANIS (Duet) Lk: Manis dik, kowe pancen manis Tambah manis, yen kowe ora lami ... Read More »
Published: Mon, 14 Mar 2016 - 14:50:54
Category: Islam
By: AnekaNews.net
Hits: 786/1430
Comments: 0/5
Para Orang Tua Wajib Baca Ini, Jika Anak Perempuan Anda Cantik

Para Orang Tua Wajib Baca Ini, Jika Anak Perempuan Anda Cantik - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Para Orang Tua Wajib Baca Ini, Jika Anak Perempuan Anda Cantik

Memiliki anak perempuan cantik banyak senangnya juga banyak tantangannya. Ini penting untuk para orang tua baca dan simak. Jika kita dianugerahi anak, keponakan, atau saudara perempuan yang masih anak-anak, yakinlah bahwa ia sangat cantik. Ia adalah anugerah yang Allah titipkan kepada kita dengan sebaik-baik dan sesempurna rupa dan bentuk yang telah diciptakan. Lalu, sebenarnya bagaimana ya definisi cantik yang benar dalam Islam? Yuk, kita simak ulasan di bawah ini!

1. Setiap anak perempuan itu Cantik, jangan biarkan hatinya terusik.

Kita seringkali terpedaya dengan bujuk rayu, entah apa pun itu bentuknya. Sering kali pula, wanita yang jadi korbannya. Apalagi kalau bukan soal kecantikan. Kita menjadi sibuk mendefinisikan cantik pada setiap wanita, tak terkecuali anak-anak. Tengok saja, ada banyak kontes kecantikan dari mulai orang dewasa sampai anak-anak. Hal yang membuat miris di hati ini adalah banyak umat muslim yang mengikutinya.

Secara tidak sadar, kita mudah sekali menilai perempuan A cantik sedangkan perempuan B tidak ataupun anak perempuan A cantik sedangkan anak perempuan B tidak. Kita dengan mudah menentukan standar pada anak perempuan yang berhidung mancung, berkulit putih, dan bertubuh langsing adalah cantik, sedangkan pada anak perempuan yang tidak berkriteria demikian, malah dibuat bahan olokan. Padahal, kalau kita pikirkan kembali, penilaian itu hanya bersifat fisik semata.

Sadarkah kita, bahwa olokan atau membanding-bandingkan fisik mereka, meski sekadar bercanda, sungguh mengusik hati mereka? Padahal sejatinya, setiap wanita itu cantik. Cantik dengan segala keunikan masing-masing.

2. Anak cantik dalam pandangan Islam, sungguh membuat hati tentram.

Islam benar-benar menyeluruh, menyentuh setiap aspek kehidupan. Islam sangat menghormati serta menjunjung nilai-nilai kebaikan, tak terkecuali pandangannya pada wanita. Saking pedulinya Islam pada wanita, sampai-sampai di Alquran terdapat surah ‘Annisa’. Itu merupakan bukti, bahwa wanita sangat dimuliakan dalam Islam. Jadi, tak heran jika Islam pun punya kepedulian yang tinggi pula dalam mendefinisikan cantik.

3. Cantik sesungguhnya itu, menaati perintah Allah dan Rasulnya.

Ketika wanita mampu menaati perintah Allah dan Rasul-Nya dengan baik, itulah cantik. Ketika wanita selalu belajar menjadi pribadi yang lebih baik, terhadap pencipta-Nya maupun terhadap ciptaan-Nya, itulah cantik. Ketika diri selalu berusaha untuk menjaga kejernihan hati hanya karena-Nya, itulah cantik.

Maka wahai para orang tua, tanamkanlah definisi cantik yang sesungguhnya menurut kriteria-Nya. Sebab cantik fisik itu fana, sementara cantik akhlak jauh lebih memesona. Oleh karena itu, kita sebagai orang tua ataupun yang lebih dewasa, resapilah makna cantik yang lebih bermakna. Tanamkan pada anak-anak perempuan kita, bahkan pada diri kita sendiri, pengertian cantik menurut tuntunan-Nya. Agar, tidak ada lagi anak yang tidak percaya diri akibat perlakuan kita mendefinisikan kecantikan fisik semata. Biarkan mereka tumbuh dengan jiwa seutuhnya.

Katakan padanya bahwa yang jauh lebih utama adalah mempercantik hati dan akhlak. Jika hati dan akhlak selalu dipercantik demi mengharapkan ridha-Nya, sungguh itu akan lebih menyelamatkan kita. Kita sebagai orang tuanya juga akan bangga dan bahagia di akhirat sana, tempat dimintai pertanggung jawaban atas segalanya.

Tenanglah para orang tua yang selalu mendidik anaknya agar menjadi cantik hati dan akhlaknya. Kelak, anak-anak perempuan yang demikian termasuk golongan perempuan salihah. Kita juga akan mendapatkan hadiah yang tak ternilai harganya sebagai orang tuanya. Hal tersebut ada di dalam keterangan Rasul-Nya, dalam riwayat Muslim, “Barangsiapa yang mampu mendidik anak-anak perempuannya menjadi anak yang salihah sampai dia menikah (yang otomatis beralih menjadi tanggung jawab suaminya), maka surgalah balasan untuk kedua orang tuanya.” Masya Allah.

4. Anak cantik, bekali dengan hal yang baik-baik

Kita tak selamanya bersama anak-anak. Oleh karena itu, kita perlu membekali mereka dengan yang sebaik-baiknya. Ajari ilmu agama agar pondasi imannya kokoh, kasihi mereka dengan kasih sayang yang penuh agar anak cantik kita tak mengemis kasih sayang di tempat yang salah, dan bekali mereka dengan ilmu pengetahuan agar ia memiliki pengetahuan yang luas. Gunanya, agar anak cantik kita mampu menyelamatkan dirinya sendiri dari gangguan-gangguan yang tak diinginkan.


Kita sebagai orang tua haurs mampu memposisikan definisi cantik seperti apa. Tanamkanlah kepada anak perempuan kita bahwa kecantikan fisik bukanlah segalanya tetapi kecantikan akhlaklah yang akan lebih berharga. Semoga hal tersebut akan menjadi tabungan kita di akhirat nanti. Aamiin.

Wallahualam bissawab.

Semoga bermanfaat.
----------
#cara-mendidik-anak-perempuan
#cara-mendidik-anak-perempuan-secara-islami
#mendidik-anak-perempuan-dalam-islam
#nama-anak-perempuan-cantik
#cara-rasulullah-mendidik-anak-perempuan
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (5)
DannyOrier [Mon, 10 Jul 2023 - 18:52:00]
<a href="http://meclizinel.top/">order antivert 25mg without prescription</a>
DannyOrier [Mon, 10 Jul 2023 - 18:43:39]
<a href="http://meclizinel.top/">meclizine generic</a>
DannyOrier [Fri, 07 Jul 2023 - 18:15:51]
<a href="http://meclizinel.top/">order antivert generic</a>
DannyOrier [Fri, 07 Jul 2023 - 18:07:52]
<a href="http://meclizinel.top/">order antivert pills</a>
MorrisNug [Mon, 26 Dec 2022 - 21:27:37]
<a href="https://hydroxychloroquinex.com/">https://hydroxychloroquinex.com/</a> generic hydroxychloroquine
View All Comments on Para Orang Tua Wajib Baca Ini, Jika Anak Perempuan Anda Cantik
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 93632
Bookmark and Share