AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Setiap orang tua tentunya menginginkan yang terbaik untuk anaknya sehingga tak heran jika para orang ... Read More »
Published: Wed, 09 Sep 2015 - 22:53:13
Category: Islam
By: Dyta
Hits: 615/1055
Comments: 0/0
Seperti Apakah Gambaran Sosok Rasulullah SAW Yang Sebenarnya

Seperti Apakah Gambaran Sosok Rasulullah SAW Yang Sebenarnya - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Seperti Apakah Gambaran Sosok Rasulullah SAW Yang Sebenarnya

Begitu banyak kisah yang telah kita baca baik melalui tafsir Al Qur’an mau pun lewat hadist-hadist yang ditulis oleh para sahabat Rasulullah Saw. Dari berbagai kisah tersebut, jelas tergambar bagaimana menarik dan indahnya kepribadian beliau, dan makin bertambahlah kecintaan kita kepada jujungan kita tersebut.

Dan semakin bertambah pula kerinduan dan keinginan kita untuk mengetahui seperti apa sosok Rasulullah Saw yang sebenarnya? Ini jawabannya untuk yang penasaran atau bagi yang baru akan mempelajari agama Islam. Jawaban bisa bermacam-macam karena memang setiap orang memiliki pandangan berbeda tentang Rasulullah, tapi sempat ada juga penuturan dari Ummu Ma’bad Al Khuza’iyah tentang Rasulullah SAW yang sempat melalui kemahnya. Ia mengatakannya kepada sang suami dan menjelaskan ketika dalam perjalanan hijrah ke Madinah. Jadi seperti apakah gambaran yang benar tentang Rasulullah? Nah inilah Sosok Rasulullah yang Sebenarnya

Telah disebutkan sebelumnya bahwa Ummu Ma’bad Al Khuza’iyah menuturkan tentang sosok Rasulullah SAW ketika ia melihat beliau. Ia mengatakan kepada suaminya bahwa Rasulullah itu memiliki wajah yang berseri, perawakannya pun sangat bagus, bersih, meski gemuk tidak merasa berat, tampan dan elok rupanya, tidak pernah mengobral bicara, berbulu mata panjang, ada warna hitam di matanya, dan karena kepalanya kecil tidak bisa dicela. Rasulullah memiliki rambut berwarna hitam, beralis tipis panjang menyambung, mengenakan celak mata, matanya indah dan lehernya pun panjang. Dilihat dari jauh, Rasulullah tampak menawan dan paling elok, dan setelah dilihat dari dekat, ia manis dan bagus. Ketika sedang berbicara, Rasulullah kelihatan menarik, namun ketika diam, wibawanya muncul.

Gambaran sosok Rasulullah tidak hanya sampai di situ yang disampaikan oleh Ummu Ma’bad Al Khuza’iyah. Penuturan lainnya adalah bahwa Rasulullah kalau bicara itu secara rinci (tidak terlalu berlebihan, tapi juga tidak terlalu sedikit), bicaranya pun manis seolah seperti merjan yang ditata landai namun rapi. Perawakannya yang tinggi membuat mata yang memandang tidak sebal dan karena perawakannya yang pendek, mata yang memandang juga tidak lolos, alias perawakannya sedang-sedang saja.

Dari tiga orang, Rasulullah adalah yang paling menarik perhatian seakan-akan satu dahan di antara dua dahan. Ini dikarenakan tampilannya yang paling bagus dan dihormati oleh rekan-rekannya. Ketika perintah ia berikan, maka rekan-rekannya akan segera melaksanakan, tapi ketika sedang berbicara biasa pun, rekan-rekannya akan setia mendengarkan dan menyimak setiap apa yang dikatakan Rasulullah.

Penampilan fisik Rasulullah sudah dijelaskan dengan baik, tapi ternyata tidak hanya fisiknya saja yang menarik, tapi sepertinya kepribadian yang penuh kharisma dan wibawa membuat rekan-rekannya pun sangat penuh hormat. Dikatakan juga bahwa wajah Rasulullah tidak diremehkan orang, dan tidak pernah memberengut. Rasulullah sering dikerumuni banyak orang, sangat disegani di mana-mana dan ditaati juga.

Rasulullah pun digambarkan seperti seorang pahlawan karena banyak dari umat Islam ketika ditanya tentang sosok pahlawan bagi mereka, jawaban yang paling sering ditemui adalah Rasulullah dan orang tua. Tentu ada alasan mengapa Rasulullah dianggap pahlawan bagi mereka.

Beginilah sosok Rasulullah sebagai seorang pahlawan, ia selalu membagikan keikhlasan, ketulusan, kebaikan, serta cinta di manapun, ia juga senang menyejahterakan dan membahagiakan orang lain meski harus bersusah payah, dan ia adalah sosok yang tidak akan mementingkan diri sendiri tapi justru mementingkan kepentingan orang lain lebih dulu.

Rasulullah adalah sosok yang penuh cinta dan kita pun bisa tahu bahwa cintanya sangat besar terhadap AllahSwt serta umatnya. Ada orang-orang yang menentang dakwahnya, yang memperlakukannya secara keji dan mencemoohnya, tapi Rasulullah rela untuk bersusah-susah dan bersakit-sakit.

Sosok Rasulullah tentunya adalah teladan bagi semua umat Islam karena tidak hanya bersih dan elok rupanya serta bagus perawakannya, tapi sifatnya yang selalu menebar cinta dan rela berkorban bagi umatnya dan cintanya yang besar bagi AllahSwt adalah hal-hal yang perlu kita teladani. Jadi seperti apa sosok Rasulullah Swt? Semoga tulisan ini bisa memberi jawaban dan semoga ulasan ini tidak hanya bisa dibaca tapi juga diteladani… Aamiin….


#GambaranRasulullah #Islam
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share