AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Tue, 20 August 2019 - 01:42:37
Random News
Kemarin pas terbangun dari tidur siang, tiba-tiba saja saya terbayang-bayang sama kue yang namanya p ... Read More »
Published: Sun, 14 Feb 2016 - 20:37:31
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 1/22231
Comments: 0/0
Awas Racun Pada Mainan Anak Dari Bahan Plastik

Awas Racun Pada Mainan Anak Dari Bahan Plastik - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Awas Racun Pada Mainan Anak Dari Bahan Plastik

Beraneka macam peralatan dan mainan, memang kebanyakan dan umumnya berasal dari bahan plastik. Seperti mainan bayi dan anak yang terbuat dari bahan plastik lentur bisa jadi ancaman untuk kesehatannya.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak orang tua sudah mengetahui risiko berbahaya mainan plastik. Aturan pelarangan penggunaan zat kimia berbahaya pun sudah mulai digalakkan. Tapi, masih saja ada produk mainan dengan kandungan bahan beracun beredar di pasaran. Dalam situs kesehatan melarang produksi mainan dan seluruh peralatan yang mengandung bahan kimia phthalate mulai awal 2009. Namun para produsen masih diperbolehkan menghabiskan sisa stok barang yang sudah terlanjur diproduksi hingga tiba waktu peraturan diberlakukan.

Hal ini dianggap memberi keringanan pada industri mainan plastik dan tidak memikirkan efek buruknya bagi konsumen. PhThalates adalah zat kimia yang banyak digunakan pada bahan vinyl dan plastik.Bahan tersebut bisa meningkatkan kelenturan plastik dan vinyl. Kontaminasi bahan itu pada anak bisa menyebabkan berbagai gangguan dan kelainan kesehatan.Misalnya asma, gangguan pencernaan, kerusakan otak, gangguan reproduksi, pubertas dini, bahkan penurunan produksi sperma pada anak laki-laki.


Berikut tips menghindarkan anak dari bahaya mainan bahan plastik yang beracun:

- Pilih mainan atau peralatan plastik yang memiliki label phthalate-free.
- Jangan membeli mainan plastik yang mengandung polyvinyl chloride (PVC). Bahan tersebut memiliki kandungan phthalate yang sangat tinggi.
- Hindari produk mainan berbahan plastik dan logam berharga murah. Barang-barang tersebut banyak mengandung timbal berbahaya.
- Pilih produk perawatan bayi yang terjamin. Hindari produk yang mengandung xylene, toluene, dan phthalate.
- Sebaiknya ganti peralatan makan bayi berbahan gelas.
- Cucilah produk plastik dengan cara benar. Jangan mencuci peralatan plastik dengan sabun berlebih. Air panas juga tidak boleh digunakan untuk mencuci plastik, sebab jika plastiknya terkena panas, zat kimianya bisa larut.

Semoga bermanfaat.

#Mainan-Plastik-Beracun #Bahaya-PHThalate
Title Tags Search:
See Also:
Anak Sakit Batuk Pilek, Jangan Mau Dikasih Resep Obat Anti Biotik! - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Anak Sakit Batuk Pilek, Jangan Mau Dikasih Resep Obat Anti Biotik!

Musim hujan, anak-anak rawan akan terserang berbagai macam penyakit. Terutama penyakit flue, batuk dan pilek. Beberapa dokter diketahui sering memberikan resep antibiotik untuk anak-anak yang sakit me ... Read More »
Cara Alami Dan Tradisional Ini Ternyata Bisa Menambah Trombosit Pada Penderita Demam Berdarah - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Cara Alami Dan Tradisional Ini Ternyata Bisa Menambah Trombosit Pada Penderita Demam Berdarah

Penderita Demam Berdarah Dengue (DBD), di tahap awal penyakit dan tahap pemulihan, beberapa jenis tanaman dan buah bisa dikonsumsi untuk membantu mengatasi kekurangan cairan dan trombosit, serta menin ... Read More »
Ternyata Mengkonsumsi Bayam Bikin Pria Sulit Punya Keturunan - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Ternyata Mengkonsumsi Bayam Bikin Pria Sulit Punya Keturunan

Loh kok bisa? Iya karena bayam termasuk dalam daftar makanan yang memiliki konsentrasi pestisida tinggi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Boston, Massachusetts, menyatakan para pria yang gemar ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share