AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Sat, 24 August 2019 - 23:38:47
Random News
Apa itu bunga telang? Bunga telang yang dalam bahasa latinnya Clitoria Ternatea adalah tumbuhan mera ... Read More »
Published: Thu, 11 Jun 2015 - 14:15:08
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 3/3215
Comments: 0/0
Bahaya Jika Kurang Minum Air

Bahaya Jika Kurang Minum Air - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Bahaya Jika Kurang Minum Air

Manusia lebih kuat menahan lapar daripada haus atau dahaga. Mengapa? Karena tubuh akan cepat lemah atau dehidrasi dengan berkurangnya cairan, yang mana cairan dalam tubuh tidak tersedia banyak. Berbeda dengan menahan lapar, tubuh bisa menyimpan banyak energi makanan dan mengambilnya kembali, misalnya karbohidrat, protein dan lemak.

Manusia bisa menahan haus cuma sekitar 2-3 hari, walau ada makanan tapi dengan syarat makanan itu tidak mengandung air. Sedangkan manusia bisa menahan lapar asal ada air, sekitar 8 minggu.

Yang perlu anda tahu dari bahayanya kurang minum, adalah:

1. Dehidrasi
Dehidrasi adalah kondisi tubuh yang tidak cukup mendapatkan cairan dalam tubuh. Kondisi ini bisa disebabkan karena tak minum selama latihan atau kerja berat, atau juga bisa saja terjadi karena sebab lain. Misalnya pada Orang tua, mereka sangat rentan terhadap dehidrasi. Proses penuaan yang normal cenderung akan menyebabkan penurunan rasa haus, sehingga mengakibatkan beberapa masalah yang berhubungan dengan dehidrasi. Beberapa gejala dehidrasi adalah kulit kering, kehilangan nafsu makan , sakit kepala, lemas dan cemas. Minum air yang cukup dapat meringankan gejala-gejala dehidrasi tersebut.

2. Masalah Pencernaan
Saluran pencernaan adalah sistem yang sangat kompleks, yang sangat memerlukan air untuk membantu mencerna makanan. Mulas dan sembelit adalah beberapa masalah pencernaan yang terkait dengan kurang asupan air. Lapisan dinding perut terdiri dari 98% air, dan mengandung bikarbonat untuk melindunginya terhadap asam lambung. Lapisan ini harus selalu tebal setiap saat untuk mencegah masalah perut. Air membantu mempertahankan ketebalan lapisan lambung. Tidak minum cukup air maka lapisan ini akan menipis, dan menimbulkan kerusakan.

3. Radang Sendi
Tulang rawan di setiap persendian adalah terdiri dari sekitar 80% air . Tulang rawan sendi memiliki permukaan yang halus, dan agar memungkinkan pergerakan tubuh yang lebih mudah maka harus tetap dilumasi. Tidak cukup minum air dapat menyebabkan kurangnya pelumasan pada sendi, sehingga menghasilkan gesekan yang lebih besar. Ketika sendi kehilangan pelumasan, maka fungsionalitasnya akan mulai merosot dengan cepat dan mengarah ke timbulnya arthritis. Jumlah asupaan air minum yang disarankan adalah 1/2 ons dibanding per kg berat badan. Air juga membantu menjaga sendi agar tetap terlumasi dengan baik, dan mengurangi nyeri karena arthritis.

4. Tekanan Darah Tinggi
Kurangnya asupan air dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, karena dapat menyebabkan beberapa pembuluh kapiler menutup, sehingga mengakibatkan pembatasan pergerakan darah. Pembatasan ini akan menghasilkan tekanan darah tinggi, karena jantung akan berusaha lebih keras lagi untuk menmompa darah. Cairan didalam pembuluh arteri akan mengkompensasi kurangnya air pada kapiler. Dengan demikian, cukup air minum dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah. Jika aliran darah ke ginjal dibatasi karena kekurangan air, maka ini akan bereaksi dengan konstriksi pembuluh darah dan arteri yang membuat tekanan darah menjadi lebih tinggi.

5. Memperburuk Kondisi Kulit
Ini adalah rangkaian akibat tubuh mengalami dehidrasi. Kurangnya kadar air dalam tubuh dapat mengakibatkan penurunan kondisi kulit, di mana resistensi dan fungsi enzim tidak bekerja optimal , sehingga struktur lapisan kulit luar akan memburuk dan menyebabkan kulit kering dan kasar.

6. Gagal Ginjal
Kebanyakan karena sering kurang minum air akan mengarah kepada penyakit ginjal. Ginjal adalah organ penting dalam sistem kemih, yang bertugas untuk menyaring racun dalam darah karena metabolisme, dan mendistribusikannya kembali darah yang telah bersih kembali keseluruh tubuh. Jika kekurangan cairan, ginjal akan semakin keras bekerja, dan sisa kotoran akan menumpuk pada ginjal karena tak bisa dikeluarkan dengan baik melalui sistem kemih.

Jangan menunggu haus untuk minum air, atau bahkan lebih parah lagi tak segera minum ketika merasa haus. Salah satu tanda tubuh jika kurang air adalah warna keruh pada urin. walaupun tidak merasa haus, urin yang keruh adalah salah satu tanda tubuh butuh minum air segera.



Semoga bermanfaat.
----------
#penyakit-akibat-kurang-minum-air-putih
#cara-mengatasi-kurang-minum-air-putih
#kurang-minum-air-putih-menyebabkan-sakit-pinggang
#akibat-kelebihan-air
#efek-minum-air-putih-berlebihan
Title Tags Search:
See Also:
Tips Cara Mudah Dan Alami Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Lemon - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Tips Cara Mudah Dan Alami Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Lemon

Cara menghilangkan bekas jerawat cepat dan ampuh memang sangat dibutuhkan, terutama agar tidak menimbulkan efek samping pada kulit muka. Berbagai obat dan herbal muncul di pasaran dengan promosi yang ... Read More »
Cara Mengatasi Alergi Pada Anak Kecil - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Cara Mengatasi Alergi Pada Anak Kecil

Apakah anak kecil anda sering bersin-bersin terus, gatal-gatal, sesak napas ataupun diare? Mungkin anak anda sedang alergi. Alergi pada anak bukanlah penyakit, anak anda tak selalu butuh obat agar ter ... Read More »
Aneka Bahan Alami Penghilang Flek Hitam Pada Kulit Wajah - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Aneka Bahan Alami Penghilang Flek Hitam Pada Kulit Wajah

Ternyata banyak orang terutama para wanita, memiliki kulit putih saja tak cukup membuat seseorang disebut cantik. Menurut sebagian besar orang, ternyata cantik itu apabila memiliki kulit bersih dan m ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share