AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Wed, 21 August 2019 - 20:58:45
Random News
Tahukah anda, ternyata warna pada buah dan sayuran memiliki arti tersendiri bagi kesehatan. Jika ing ... Read More »
Published: Fri, 07 Aug 2015 - 00:31:46
Category: Kesehatan
By: Dyta
Hits: 1/4410
Comments: 0/0
Benarkah Menguap Itu Menular Apa Penyebabnya

Benarkah Menguap Itu Menular Apa Penyebabnya - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Benarkah Menguap Itu Menular Apa Penyebabnya

Siapa yang pernah menguap?? Pasti semua tunjuk tangan kan? Ya, karena hal yang tidak mungkin bila sepanjang usia Anda belum sekali juga pernah mengalami menguap. Tapi tahukah Anda apa yang menyebabkan menguapa, tahu jugakah kalau menguap itu bisa menular???

Dahulu para ilmuwan menganggap, bahwa menguap hanya dilakukan seseorang untuk memaksimalkan pemasukan oksigen ketika tubuh orang tersebut sedang kekurangan pasokan oksigen seperti ketika mengantuk dan akan beranjak tidur.

Namun, teori ini sepertinya perlu mendapat revisi. Dikutip dari laman bbc, munculnya revisi itu, karena penelitian terbaru mengungkapkan, bahwa kita juga dapat secara spontan ikut menguap ketika melihat orang lain yang sedang menguap - walaupun kita sedang dalam keadaan yang tidak kekurangan oksigen.

Menguap akan terus kita lakukan secara spontan sepanjang hidup. Bahkan, sejak janin di kandungan sang ibu sudah mulai menguap dalam rahim - tepatnya pada minggu ke-11 setelah pembuahan. Bukan cuma manusia, hampir semua hewan vertebrata juga dapat menguap, termasuk juga ular dan kadal.

Namun menguap yang menular hanya terjadi pada manusia, simpanse dan mungkin juga anjing yang telah terbukti melakukannya. Jika Anda melihat seseorang menguap, rasanya hampir tidak mungkin mencoba menahan untuk tidak ikut menguap. Bahkan, hanya dengan membaca tulisan tentang menguap seperti tulisan pada posting ini pun sudah dapat membuat Anda ikut menguap juga.

Awalnya, para ilmuwan sendiri masih tidak dapat menjelaskan dengan pasti alasan mengapa kita menguap ketika melihat orang lain menguap. Namun, sekarang sebuah studi terbaru sudah dapat menjelaskan mengapa menguap dapat menular dengan pengaruh yang sangat kuat.

Penelitian ini menunjukkan bahwa ikut menguap ketika orang lain sedang menguap adalah tanda empati dan merupakan bentuk ikatan sosial. Sebab, penularan emosi tampaknya telah menjadi insting utama yang mengikat seseorang dengan yang lainnya, sehingga tampaknya menguap mungkin juga merupakan bagian dari hal tersebut.

Seperti kita akan ikut tertawa dan menangis ketika sahabat kita melakukannya, menguap juga menular dengan cara yang serupa. Para ilmuwan telah berteori bahwa menguap yang menular adalah pengalaman bersama yang akan meningkatkan ikatan sosial. Secara khusus, dapat menyebarkan dan saling berbagi rasa stres atau rasa tenang pada suatu kelompok.

Studi ini juga menemukan bahwa anak-anak tidak mengembangkan perilaku ini (ikut menguap ketika melihat orang lain menguap) sampai mereka berusia sekitar empat tahun. Sedangkan anak-anak dengan autisme hanya memiliki kemungkinan 50% untuk dapat menunjukkan prilaku ini dibanding dengan mereka yang normal, bahkan dalam kasus yang paling parah, mereka tidak pernah melakukannya. Oleh karena itu, kini menguap juga dapat membantu dokter dalam mendiagnosa gangguan perkembangan pada anak.

Nah sekarang Anda sudah tahu khan apa yang menjadi penyebab kita menguap dan kenapa menguap itu menular? Silahkan share dan like sekiranya artikel ini bermanfaat. :D


#MenguapDanMengantuk
Title Tags Search:
See Also:
Ini Dia Penyebab Dan Cara Penanganan Jerawat Di Dada Dan Punggung - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Ini Dia Penyebab Dan Cara Penanganan Jerawat Di Dada Dan Punggung

Jerawat tidak hanya muncul di kulit wajah (Acne), tapi bisa saja muncul di kulit tubuh lainnya, terutama di daerah dada dan punggung (Bacne). Dan, di bawah ini kita akan jelaskan tentang penyebab dan ... Read More »
Tips Cara Membuat Masker Boreh Anget Sendiri - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Tips Cara Membuat Masker Boreh Anget Sendiri

Apa itu boreh? Boreh adalah ramuan dari Bali, yang dibuat sebagai “lulur” yang dioleskan (Meboreh) pada bagian tubuh tertentu, membiarkannya menjadi kering, setelah itu diurut untuk membersihkan l ... Read More »
Makanan Ini Jangan Di panaskan Berulang Kali Jika Tidak Ingin Keracunan - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Makanan Ini Jangan Di panaskan Berulang Kali Jika Tidak Ingin Keracunan

Mungkin karena sayang dan tidak ingin masakannya terbuang dengan mubazir para ibu rumah tangga, sering kali menghangatkan kembali makanan sisa atau makanan yang tidak sempat dimakan. Hal tersebut dian ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share