AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Buah Alpukat adalah buah restoratif, cocok untuk melindungi dan menyeimbangkan minyak pada rambut da ... Read More »
Published: Mon, 15 Feb 2016 - 00:22:48
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 471/853
Comments: 0/0
Berbagai Jenis Imunisasi Serta Manfaatnya Bagi Bayi Dan Anak

Berbagai Jenis Imunisasi Serta Manfaatnya Bagi Bayi Dan Anak - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Berbagai Jenis Imunisasi Serta Manfaatnya Bagi Bayi Dan Anak

Kalau anak anda sering sakit-sakitan dan terhambat pertumbuhannya, mungkin karena daya tahan tubuh anak anda sedang menurun. Ini akibat dari pengaruh lingkungan dan bahkan bisa karena imunitasnya termasuk rendah. Sebelum anda memberikan obat-obatan kepada anak, ada baiknya anda mengingat-ingat lagi, kapan terakhir kali si kecil ini mendapat imunisasi? Sudah lengkapkah imunisasinya? Atau mungkin ada yang terlewat?

Imunisasi bisa meningkatkan imunitas tubuh dan menciptakan kekebalan terhadap penyakit tertentu dengan menggunakan sejumlah kecil mikroorganisme yang dimatikan atau dilemahkan. Ada beberapa jenis imunisasi yang direkomendasikan oleh American Academy of Pediatrics (AAP) kepada anak-anak.

Dan berikut ini adalah macam-macam atau jenis imunisasi (vaksinasi) untuk anak kecil anda:

1. Imunisasi Hepatitis B
Berfungsi untuk melindungi hati. Jika anak terinfeksi virus hepatitis B, maka dalam jangka panjang ia memiliki risiko terserang penyakit liver ataupun kanker hati. Imunisasi ini harus diberikan kepada anak-anak sebanyak tiga kali. Pertama kali diberikan segera setelah si kecil lahir. Yang kedua kalinya saat ia berusia 1-2 bulan. Dan yang terakhir, saat berusia 6-18 bulan.

2. Imunisasi Pneumococcal Conjugate Vaccine (PVC)
Imunisasi ini berfungsi melindungi anak dari risiko terkena pneumonia, infeksi dalam darah, dan meningitis. Imunisasi PCV diberikan saat anak berusia di bawah dua atau lima tahun.

3. Imunisasi DTaP
Ini fungsinya melindungi anak dari difteri, tetanus dan pertusis. Difteri merupakan infeksi pada tenggorokan yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan. Tetanus adalah penyakit yang menyebabkan kejang yang sangat hebat pada otot. Pertusis merupakan penyakit pernapasan yang berkembang menjadi batuk rejan. Imunisasi DTaP diberikan saat anak berusia 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan, 15-18 bulan dan 4-6 tahun.

4. Imunisasi Haemophilus Influenzae tipe B (HIB)
Imunisasi yang melindungi anak dari penyakit meningitis. Imunisasi ini diberikan melalui suntikan pada usia 2 bulan, 4 bulan dan 6 bulan.

5. Imunisasi polio
Bermanfaat untuk mencegah anak terinfeksi virus polio yang berakibat pada kelumpuhan permanen. Imunisasi polio biasanya diberikan pada saat anak berusia 2 bulan, 4 bulan, 6-18 bulan dan 4-6 tahun.

6. Imunisasi MMR (Measles Mumps Rubella)
Yang berfungsi anak dari campak, gondok dan rubella. Imunisasi MMR diberikan melalui dua kali suntikan, yaitu saat usia 12-15 bulan dan usia 4-6 tahun.

7. Imunisasi Varicella
Memiliki fungsi melindungi anak dari cacar air. Imunisasi varicella diberikan melalui suntikan saat usia 12-15 bulan.

8. Imunisasi terhadap virus Hepatitis A
Imunisasi ini dianjurkan untuk anak usia 12-23 bulan dan diikuti dosis keduanya 6 bulan kemudian.

9. Imunisasi Rotavirus
Imunisasi ini berfungsi mencegah diare hingga dehidrasi pada anak terutama pada bayi. Imunisasi dianjurkan diberikan pada anak usia 2-4 bulan.

Dengan memberikan imunisasi yang lengkap sesuai waktunya, berarti Bunda sudah memberikan perlindungan tambahan kepada buah hati tercinta. Dengan imunitas yang baik, si kecil akan dapat tumbuh dengan sehat dan tanpa hambatan, serta terhindar dari penyakit-penyakit berat. Jangan segan untuk mengkonsultasikan hal ini dengan dokter anak atau bidan di lingkungan tempat tinggal kita. Dengan tubuh sehat dan kuat, anak-anak pasti bisa meraih masa depan yang lebih cerah.

Semoga bermanfaat.

#Jenis-Imunisasi #Manfaat-Imunisasi #Vaksinasi
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share