AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Setelah beberapa waktu yang lalu, soal Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan mengalami pro dan kontra, akhir ... Read More »
Published: Mon, 25 Jan 2016 - 00:38:05
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 668/1517
Comments: 0/0
Hati-Hati Penyakit Cacar Api Impetigo Pada Anak

Hati-Hati Penyakit Cacar Api Impetigo Pada Anak - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Hati-Hati Penyakit Cacar Api Impetigo Pada Anak

Tahukah anda, dalam masa pertumbuhan anak, berbagai penyakit bisa dengan mudah menyerang buah hati anda. Kuman dan bakteri adalah salah satu penyebab utama di balik berbagai gangguan pada kesehatan balita. Apalagi, sistem daya tahan tubuh anak yang masih harus berkembang, ini membuat anak jadi rentan terhadap serangan kuman di sekitarnya. Salah satu penyakit akibat bakteri yang biasanya ditemukan pada balita seusianya adalah Cacar Api atau Impetigo.

Namanya mungkin masih asing.. Namun, penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit yang sering menyerang anak di usia 2-5 tahun. Penyakit yang umumnya disebut sebagai cacar api atau cacar monyet ini merupakan infeksi kulit yang diakibatkan oleh serangan bakteri staphylococcus aureus.

Biasanya, penyakit ini bermula karena :

1. LECET
Luka kecil atau gigitan serangga, yang kemudian dimanfaatkan kuman bakteri untuk masuk dan menyerang bagian kulit si Kecil. Penyakit kulit ini jika tidak ditangani dengan cepat, bisa menyebabkan komplikasi lain yang lebih serius.

2. TERTULAR
Seperti halnya penyakit kulit lain, impetigo merupakan penyakit yang mudah menular pada anak. Penyebarannya bisa saja terjadi saat si Kecil bermain bersama temannya, atau bertukar handuk dan mainan yang sudah terkontaminasi oleh kuman bakteri. Umumnya, impetigo mudah terjadi saat cuaca sedang panas atau lembab.


GEJALA PENYAKIT IMPETIGO

Munculnya radang pada kulit yang berupa bintik-bintik kecil berwarna merah.Bintik tersebut kemudian membesar seperti bisul dan menyebar dengan permukaan yang berwarna kekuningan serta terasa gatal.Setelah beberapa hari, bisul biasanya pecah dan mengeluarkan nanah berwarna kuning yang sangat menular.

Bintik yang pecah akan berubah menjadi kerak yang berwarna coklat kekuningan. Kerak ini akan hilang dengan sendiri dalam waktu beberapa hari.


PENANGANAN PENYAKIT IMPETIGO

Lalu, apa yang bisa anda lakukan jika si Kecil terkena penyakit kulit ini? Impetigo sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit untuk ditangani. Sebagai langkah awal, hindari mengajaknya ke luar rumah untuk sementara waktu hingga penyakitnya ini sembuh. Anda juga sebaiknya menggunting kuku si Kecil serta membalut dan menutup area kulitnya yang terkena iritasi. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko tergaruknya kulit dan menyebabkan iritasi di area yang lain. Jika sudah, segera bawa si Kecil ke klinik atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Dalam perawatan impetigo, biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik, berupa tablet atau salep. Sebelum menggunakan krim antiobotik miliknya, anda sebaiknya membersihkan kulit si Kecil terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat dan sabun. Satu hal yang penting, agar anda juga tidak tertular, segera cuci tangan dengan sabun yang lembut hingga bersih sehabis merawat si Kecil.

Untuk membantu meringankan impetigo-nya, anda juga dapat melakukan perawatan ringan dengan membasuh (tapi tidak menggosok) bagian kerak pada kulit si Kecil dengan campuran 1 sendok makan cuka putih dan 1/2 liter air untuk menghilangkan kuman bakteri di dalamnya. Setelah itu, gunakan salep antibiotik yang diberikan oleh dokter baginya.


PENCEGAHAN PENYAKIT IMPETIGO

- Menjaga kesehatan anak dengan membiasakannya rutin mandi dan mencuci tangan dengan bersih.
- Memakai pakaian bersih setiap harinya.
- Jika ada area kulit si Kecil yang sedang terluka atau digigit serangga, pastikan area tersebut selalu bersih dan tidak digaruk olehnya.
- Gunting kuku anak secara berkala.


Walaupun dapat mengganggu kesehatan anak, dengan perawatan yang tepat, #Impetigo atau #Cacar-Api tergolong penyakit yang dapat diatasi dengan mudah.


Sumber Referensi: berbagai sumber

Semoga bermanfaat.
----------
#cacar-api-pada-orang-dewasa
#jenis-cacar
#cacar-ular
#ciri-ciri-cacar-api
#cacar-monyet
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share