AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Tak hanya rambut yang menjadi mahkota wanita ada bagian lain dari tubuh wanita yang menjadi daya tar ... Read More »
Published: Fri, 24 Jul 2015 - 14:11:03
Category: Kesehatan
By: Dyta
Hits: 5/985
Comments: 0/0
Ini Sebab Kenapa Saat Lapar Orang Menjadi Mudah Marah

Ini Sebab Kenapa Saat Lapar Orang Menjadi Mudah Marah - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Ini Sebab Kenapa Saat Lapar Orang Menjadi Mudah Marah

Mungkin pada suatu waktu anda pernah mengalami kejadian atau keadaan dimana anda menjadi mudah sekali marah dan tersinggung pada saat perut anda kosong atau lapar. Perhatikan contohnya pada saat puasa kemarin alih-alih anda menjadi semakin bertambah sabar yang terjadi justru sebaliknya.

Yahh, situasi lapar memang sering memicu orang marah, tersinggung bahkan melakukan perbuatan negatif lainnya. Keadaan biologis ini berkaitan dengan emosi.

Keadaan ini dinamakan "Hangry", yang merupakan gabungan kata "hungry" dan "angry." Hangry merupakan keadaan seseorang yang menjadi gampang marah ketika mereka sedang lapar. Ini terjadi karena proses biologis di dalam tubuh ketika membutuhkan makanan.

Karbohidrat, protein dan lemak yang dimakan dicerna menjadi gula sederhana atau glukosa, asam amino dan asam lemak bebas. Nutrisi-nutrisi tersebut masuk ke dalam aliran darah yang didistribusikan ke organ dan jaringan yang digunakan sebagai energi.

Seiring berjalannya waktu, usai makanan terakhir yang dimakan, nutrisi yang beredar ke dalam aliran darah mulai turun. Jika kadar glukosa darah turun cukup banyak, otak merangsang ini sebagai ancaman.

Tidak seperti kebanyakan organ dan jaringan dalam tubuh lain yang dapat menggunakan berbagai nutrisi untuk menjaga fungsinya, otak sangat tergantung pada glukosa untuk menjalankan tugasnya.

Contoh sederhana ketika Anda sedang lapar menjadi sulit konsentrasi dan mudah melakukkan kesalahan karena glukosa darah turun. Saat glukosa darah turun, otak mengirim instruksi ke beberapa organ dalam tubuh untuk mensistensis dan melepaskan hormon yang meningkatkan jumlah glukosa dalam aliran darah.

Alasan lain yang menghubungkan kemarahan dengan rasa lapar karena keduanya dikendalikan oleh gen umum. Salah satu gen tersebut ialah neoropeptide Y, zat kimia otak alami yang dilepaskan ke otak saat lapar. Ini merangsang ketika makan menjadi "rakus" dan mengatur kemarahan atau agresi.

Karenanya untuk mengatasi, cukup lakukan hal sederhana saja, yaitu makanlah sebelum anda merasa sangat lapar. Dalam arti jangan menunggu sampai perut anda benar-benar kosong dan terasa perih.

Tetapi jangan lupa, tetap perhatikan nutrisi dari makanan yang anda konsumsi, jangan asal makan yang hanya untuk menghilangkan rasa lapar saja, agar kegiatan anda benar-benar bermanfaat dan memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuh anda.

Demikian semoga bermanfaat... :)

#LaparDanMarah


Sumber Referensi: Dunia Kesehatan
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share