AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Berikut adalah Makna dari Abjad Arab atau huruf Hijaiyah tentang untuk anda yang mencintai dan menya ... Read More »
Published: Sat, 07 Nov 2015 - 06:04:22
Category: Kesehatan
By: Dyta
Hits: 594/991
Comments: 0/0
Mengintip Bahaya Kesehatan Pada Mereka Yang Sering Merasa Kesepian

Mengintip Bahaya Kesehatan Pada Mereka Yang Sering Merasa Kesepian - AnekaNews.net

AnekaNews.top - Mengintip Bahaya Kesehatan Pada Mereka Yang Sering Merasa Kesepian

Apakah anda termasuk dalam kategori makhluk yang selalu merasa kesepian, kesepian dalam arti kata benar-benar sendiri tak miliki satu orang pun teman? Atau anda memiliki banyak teman, tapi tak ada yang sepaham dan bisa mengerti bagaimana anda. Hingga membuat anda tetap meresa sepi meski di tengah keramaian.

Nah saat seseorang merasa kesepian, dia akan mulai mencari teman di berbagai tempat yang tidak pernah diduga sebelumya. Melansir dari huffingtonpost, implikasi kesehatan karena kesepian ternyata jauh lebih berbahaya dari apa yang kita pikirkan.

Orang-orang yang kesepian lebih memiliki masalah kesehatan baik yang berkaitan dengan mental maupun fisik dibandingkan mereka yang aktif dalam dunia sosialnya. Berikut merupakan tiga masalah kesehatan yang dipengaruhi oleh rasa kesepian.

1. Mudah Merasa Sedih

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti University of Chicago, semakin seseorang merasa kesepian maka semakin besar kemungkinan dia mengalami gejala depresi. Ketika seseorang merasa kesepian, hormon otak yang berhubungan dengan stres seperti kortisol menjadi aktif sehingga bisa menyebabkan seseorang mengalami depresi.

Bahkan untuk sebuah depresi ringan melakukan interaksi sosial akan menjadi obat yang lebih mujarab dibandingkan dengan obat anti-depresi. Hal yang sama ditemukan oleh Colorado State University bahwa interaksi sosial secara positif dapat memperbaiki gejala depresi yang seseorang miliki.

2. Mengurus Diri Sendiri

Penelitian menunjukkan bahwa seseorang akan mengonsumsi lebih sedikit makanan sehat saat mereka sedang sendirian. Jika seseorang memasak untuk orang lain, maka akan lebih mudah baginya untuk menyiapkan makanan sehat yang bervariatif.

Penelitian ini membandingkan pria dan wanita yang telah berusia di atas 50 tahun dan tinggal sendirian. Mereka ternyata mengonsumsi sayuran dan buah lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang hidup bersama keluarga atau pasangannya.

3. Rentan Stres

Studi yang dilakukan oleh Harvard University menunjukkan bahwa orang dengan usia setengah baya yang hidup sendiri memiliki 24% peningkatan risiko kematian akibat penyakit jantung. Alasannya adalah mereka memiliki sedikit dukungan sosial sehingga sangat rentan terkena stres sehingga memungkinkan dirinya terkena penyakit jantung. Hormon stres yang tinggi dapat meningkatkan akumulasi endapan kolesterol dalam jantung.

Untuk mengatasi hal tersebut, memiliki teman yang bisa diajak bicara adalah solusi yang bisa digunakan. Lebih dari itu melakukan perbuatan baik dapat membantu suasana hati seseorang menjadi lebih baik.



#KesepianDanKesehatan


Sumber : merdeka.com
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share