AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Mana bisa bicara, mana bisa lembut... Sebab sibuk menutup aurat.. Sebab sibuk lari dari pandangan. ... Read More »
Published: Thu, 14 Jan 2016 - 12:54:30
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 582/1231
Comments: 0/0
Tahukah Anda Manfaat Besar Dari Ikan Gabus

Tahukah Anda Manfaat Besar Dari Ikan Gabus - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Tahukah Anda Manfaat Besar Dari Ikan Gabus

Mungkin sebagian dari kita, udah sering makan ikan gabus ini, tapi tidak tahu manfaat besarnya. Ikan gabus atau ikan kutuk (jawa) adalah jenis ikan air tawar, ikan ini memiliki nama ilmiah Channa Striata yang dapat tumbuh hingga mencapai 1 m panjangnya. Ikan gabus ini memiliki mirip kepala ular, ikan gabus termasuk jenis ikan predator dan sering kita jumpai di sungai yang memiliki arus tenang atau pun di rawa-rawa.

Hasil riset Prof. Dr. Ir. Eddy Suprayitno, MS, dari Fakultas Perikanan Brawijaya Malang mengungkapkan, kandungan albumin pada ikan gabus sangat tinggi yaitu 62,24 g/kg. Sementara telur hanya 9,34 g/kg. Seperti apa yang dialami oleh Bapak Dahlan Iskan (Menteri BUMN RI), beliau sebelum operasi hati akibat penyakit hepatitis B, meminta saran kepada Prof. Eddy bagaimana cara menjaga protein di darahnya. Prof Eddy menyarankan agar Pak Dahlan konsumsi ikan gabus. Sejak itu, kondisi tubuhnya semakin segar dan sehat.

Berdasarkan hasil penelitian ikan gabus memiliki kandungan: Protein = 79,5 %, Albumin = 30,5 %, Mineral = 5,95 % , Kadar Air = 2,84 % kandungan kesemuanya ini sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan protein ikan gabus lebih tinggi daripada bahan pangan yang selama ini dikenal sebagai sumber protein seperti telur, daging ayam, maupun daging sapi, termasuk jenis ikan yang ada. Nilai cerna protein ikan gabus juga sangat baik, yaitu mencapai lebih dari 90 persen.

Ikan gabus kaya akan protein albumin yang mempunyai peranan sangat vital mulai dari pembentukan jaringan sel baru.penyusun struktur sel, antibodi, enzim, hingga hormon. Albumin ini disintesis oleh sel hati dan dikeluarkan langsung ke pembuluh darah tanpa disimpan. Sangat diperlukan terutama buat anak untuk optimalkan tumbuh kembangnya.

#Manfaat-Ikan-Gabus #Obat-Diabetes #Protein-Albumin
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share