AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Do you know, your eyes are the key to your health and your soul. Your eye color is a genetic trait t ... Read More »
Published: Thu, 11 Feb 2016 - 15:21:49
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 633/1746
Comments: 0/0
Ternyata Ada Bahaya Mengancam Di Balik Manfaat Sayur Bayam

Ternyata Ada Bahaya Mengancam Di Balik Manfaat Sayur Bayam - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Ternyata Ada Bahaya Mengancam Di Balik Manfaat Sayur Bayam

Bayam yang bahasa latinnya Genus Spinacia ini berasal Amerika tropic, namun saat ini sudah tersebar ke seluruh dunia, salah satunya Indonesia. Di Indonesia sendiri sayuran yang kaya akan zat besi ini sudah akrab dikenal sebagai teman lauk versi menu makanan Indonesia. Tanaman Bayam merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk di konsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Sedangkan dalam skala internasional, citra baik dari bayam lebih dominan diperkenalkan oleh salah satu film kartun tontonan anak-anak yakni ‘Popeye’ yang memiliki karakter menjadi kuat seketika setelah menyantap bayem dalam kemasan kaleng.

Manfaat Bayam

Kandungan zat folic acid pada bayam juga mampu melindungi otot-otot jantung dari meningkatnya kadar glukosa yang mudah larut. Tak hanya itu, bayam juga mengandung B9, vitamin ini biasanya menjadi suplemen bagi wanita yang mengandung untuk melindungi bayinya dari kelahiran cacat di bagian syaraf. Bayam juga kaya akan zat besi yang memiliki peranan penting dalam proses pendistribusian oksigen dalam darah. Zat besi juga berfungsi meningkatkan produksi haegmoglobin. Selain itu, zat besi mengambil peranan penting pada fungsi sistem imun manusia. Kekurangan zat besi akan memperbesar potensi seseorang terserang penyakit.

Citra bayam sendiri amat begitu baik dalam dunia kesehatan, sayuran ini disebut-sebut kaya akan khasiat seperti meningkatkan kinerja ginjal, melancarkan pencernaan, menurunkan demam, mengatasi kurang darah, melancarkan ASI hingga memperkuat fungsi hati. Selain itu, bayam juga dipercaya memiliki khasiat untuk mencegah kabur atau hilangnya penglihatan karena factor usia atau dalam usia medis lebih dikenal dengan macular degeneration, katarak bahkan kanker. Bayam adalah sumber folate dan lutein yang begitu hebat, yang juga dapat mencegah resiko memiliki bayi dengan kelahiran cacat hingga mencegah resiko penyakit jantung.

Bahaya Bayam

Sekalipun kaya akan kandungan manfaat, ada beberapa hal yang harus di waspadai dalam mengolah bayem. Salah-salah, bayem yang kita favoritkan malah akan mengundang sejuta racun dalam tubuh. Pernahkah anda mendengar informasi bahwa sayur bayem tak boleh dipanaskan, dan apabila usianya sudah lebih dari 12 Jam, maka mau tidak mau makanan tersebut harus segera dibuang dan tak lagi boleh dimakan? Eufif.org mengatakan bahwa bayem tinggi akan kandungan nitrat. Kandungan tersebut ditentukan oleh bahan tanah di mana bayam tersebut tumbuh dengan indikator, semakin besar kandungan nitratnya maka semakin besar pula bahayanya.

Zat kimia nitra tersebut bisa berubah menjadi asam nitrat, sejenis cairan korosif yang tidak berwarna. Senyawa ini juga merupakan asam beracun yang dapat menyebabkan luka bakar. Selain itu, senyawa asam nitrat juga bisa berubah menjadi nitrosamine, yakni bahan yang menyerupai zat karsinogen yang dapat memicu timbulnya penyakit kanker. Perubahan bentuk kimia tersebut dapat terjadi oleh pemanasan suhu, yang terjadi saat sayur bayam dipanaskan. Apabila di konsumsi anak-anak atau orang dewasa, hal tersebut akan mempengaruhi kemampuan darah membawa oksigen ke seluruh tubuh. Biasanya, darah mendadak berhenti membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh. Sedangkan, pada bayi, kondisi seperti ini disebut dengan blue baby syndrome.

Dan ini tips mengolah dan mengkonsumsi bayam yang benar:

1. Cuci bersih bayam sebelum dimasak guna menghindarkan efek bahaya lain, seperti penularan bakteri.
2. Menghindarkan pemanasan bayam yang berbahaya bagi kesehatan, sebaiknya sesuaikan jumlah bayam agar habis sekali konsumsi.
3. Hindarkan memasak bayam pada bahan besi, sebaiknya gunakan bahan stailess guna memperkecil reaksi kimia yang terjadi saat memasak.

Semoga bermanfaat.

#Manfaat-Bayam #Bahaya-Bayam #Spinach


Sumber Referensi : post on facebook.com
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share