AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Wed, 21 August 2019 - 04:07:20
Random News
Sebagai umat Islam kita tentu menginginkan bisa menjadi muslim dan muslimah sejati. Muslim dan musli ... Read More »
Published: Wed, 24 Aug 2016 - 02:31:28
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 1/1519
Comments: 0/0
Ternyata Dampak Perokok Pasif Justru Lebih Banyak Daripada Perokok Aktif

Ternyata Dampak Perokok Pasif Justru Lebih Banyak Daripada Perokok Aktif - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Ternyata Dampak Perokok Pasif Justru Lebih Banyak Daripada Perokok Aktif

Melanjutkan masalah wacana kenaikan harga rokok baru-baru ini, masyarakat memang sedang dihebohkan dengan wacana kenaikan harga rokok yang cukup ekstrim tersebut. Namun, bukan soal itu yang akan kita bahas kali ini, melainkan bagaimana sih sebenarnya dampak rokok tersebut terhadap kesehatan orang-orang sekitarnya, salah satunya adalah keluarga, atau yang disebut perokok pasif.

Perokok pasif, walaupun mereka tidak merokok secara langsung, namun menghirup asap rokok dari orang-orang yang merokok di sekitarnya. Ternyata menghirup asap rokok orang lain lebih berbahaya dibandingkan menghisap rokok sendiri. Bahkan bahaya yang harus ditanggung perokok pasif tiga kali lipat dari bahaya perokok aktif.

Setyo Budiantoro dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) mengatakan, sebanyak 25 persen zat berbahaya yang terkandung dalam rokok masuk ke tubuh perokok, sedangkan 75 persennya beredar di udara bebas yang berisiko masuk ke tubuh orang di sekelilingnya.

Konsentrasi zat berbahaya di dalam tubuh perokok pasif lebih besar karena racun yang terhisap melalui asap rokok perokok aktif tidak terfilter. Sedangkan racun rokok dalam tubuh perokok aktif terfilter melalui ujung rokok yang dihisap. "Namun konsentrasi racun perokok aktif bisa meningkat jika perokok aktif kembali menghirup asap rokok yang ia hembuskan."

Racun rokok terbesar dihasilkan oleh asap yang mengepul dari ujung rokok yang sedang tak dihisap. Sebab asap yang dihasilkan berasal dari pembakaran tembakau yang tidak sempurna.

Berikut sejumlah zat berbahaya yang terkandung di sebuah batang rokok:

1. Tar
Dalam tubuh manusia, tar memicu terjadinya iritasi paru-paru dan kanker.
Dalam tubuh perokok pasif, tar akan terkonsentrasi tiga kali lipat dibandingkan dalam tubuh perokok aktif.

2. Nikotin
Dalam tubuh manusia menimbulkan efek adiksi atau candu yang memicu peningkatan konsumsi.
Dalam tubuh perokok pasif, nikotin akan terkonsentrasi tiga kali lipat dibandingkan dalam tubuh perokok aktif.

3. Karbon Monoksida
Merupakan gas berbahaya yang dapat menurunkan kadar oksigen dalam tubuh. Pengikatan oksigen oleh karbon monoksida inilah yang kemudian memicu terjadinya penyakit jantung.
Dalam tubuh perokok pasif, gas berbahaya ini akan terkonsentrasi tiga kali lipat dibandingkan dalam tubuh perokok aktif.

4. Bahan kimia berbahaya
Berupa gas dan zat berbahaya yang jumlahnya mencapai ribuan. Di tubuh manusia, bahan kimia berbahaya ini meningkatkan risiko penyakit kanker.
Dalam tubuh perokok pasif, bahan kimia berbahaya ini akan terkonsentrasi 50 kali lipat dibandingkan dalam tubuh perokok aktif.


Terkhusus untuk anak-anak yang menghirup asap rokok lebih berisiko terserang kondisi seperti:

1. Asma
2. Pilek
3. Infeksi telinga dan sistem pernapasan seperti pneumonia dan bronkitis
4. Alergi
5. Meningitis
6. Sindrom kematian bayi mendadak

Bukan hanya kesehatan anak perokok pasif yang terganggu, kemampuan akademik anak juga lebih rendah dibandingkan anak yang tidak terpapar asap rokok. Selain itu, anak-anak yang dibesarkan oleh orang tua yang merokok cenderung menjadi perokok saat mereka besar nanti.

Fakta ini sungguh membuat miris karena berdasarkan data Survei Sosial Ekonomi Nasional 2004 menunjukkan, lebih dari 87 persen perokok aktif merokok di dalam rumah ketika sedang bersama anggota keluarganya. Survei ini juga menemukan 71 persen rumah tangga memiliki pengeluaran untuk merokok.

Lalu apa yang harus dilakukan agar anak-anak anda terhindar dari bahaya asap rokok? Mengutip hasil kajian WHO, lingkungan bebas asap rokok merupakan satu-satunya strategi efektif untuk memberikan perlindungan bagi perokok pasif.

Tentu saja kita menginginkan yang terbaik untuk mereka, baik dari pendidikannya, kesehatannya, maupun masa depannya. Salah satu bentuk nyata adalah dengan menjauhkan asap rokok dari anak-anak kita. Sebelum terlambat, mari kita biasakan gaya hidup sehat dalam keluarga demi masa depannya kelak. Beri Si Kecil asupan nutrisi yang tepat agar tumbuh kembangnya optimal.

Selain itu pendidikan dan teladan dari orangtua adalah salah satu hal yang paling utama bagi Si Kecil karena anak adalah “peniru ulung” yang sangat bisa mencontoh perilaku seseorang di sekitarnya, terutama orang tua. Cinta dari orangtua adalah kekuatan terbesar bagi Si Kecil agar menjadi generasi penerus bangsa yang membanggakan.


Sumber Referensi : viva.co.id, alodokter.com

Semoga bermanfaat.
----------
#pengertian-perokok-aktif
#perokok-tegar
#alasan-orang-merokok
#passive-smoker
#pengertian-perokok-pasif
Title Tags Search:
See Also:
Tahukah Anda Tentang AMENOREA Pada Perempuan - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Tahukah Anda Tentang AMENOREA Pada Perempuan

Tahukah anda apa itu Amenorea? Amenorea atau Amenorrhea adalah keadaaan tidak terjadinya haid pada seorang wanita. Hal tersebut normal terjadi pada masa sebelum pubertas, kehamilan dan menyusui, dan s ... Read More »
6 Fakta Menakutkan Di Balik Lezatnya Fast Food Yang  Wajib Anda Ketahui - AnekaNews.net
AnekaNews.net - 6 Fakta Menakutkan Di Balik Lezatnya Fast Food Yang Wajib Anda Ketahui

Kalau melihat tampilanya yang menarik, siapa sii yang tidak tergoda untuk menyantap habis hingga tandas das. . Yaa tak bisa diingkari fast food memang sangat digemari bahkan hampir semua orang d ... Read More »
Jangan Lakukan Beberapa Kebiasaan Ini, Karena Bisa Memicu Kegemukan - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Jangan Lakukan Beberapa Kebiasaan Ini, Karena Bisa Memicu Kegemukan

Berat badan yang terus naik bukan hanya disebabkan oleh asupan makanan yang berlebihan. Gaya hidup dan kebiasaan yang tidak sehat sehari-hari ternyata juga bisa menyebabkan berat badan meningkat.

... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 63847
Bookmark and Share