AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Buah pisang sudah tidak asing lagi bagi kita. Entah di desa maupun di kota. Di Indonesia hampir semu ... Read More »
Published: Tue, 29 Mar 2016 - 00:48:30
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 816/1469
Comments: 0/0
Tips Merawat Luka Bekas Jahitan Setelah Persalinan Operasi Caesar

Tips Merawat Luka Bekas Jahitan Setelah Persalinan Operasi Caesar - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Tips Merawat Luka Bekas Jahitan Setelah Persalinan Operasi Caesar

Bayangan dan cerita mengenai persalinan normal yang Menyeramkan, membuat banyak Ibu hamil, memilih untuk melakukan operasi caesar sebagai alternatifnya. Padahal yang benar-benar harus diperhatikan saat memilih untuk melakukan operasi caesar adalah bagaimana merawat luka bekas jahitan sehingga tak berisiko menyebabkan infeksi.

Walaupun operasi caesar terbilang lebih cepat ketimbang melakukan persalinan normal. Akan tetapi, proses penyembuhan pasca operasinya sangat lama dibanding dengan persalinan normal.

Umumnya waktu yang dibutuhkan untuk penyembuhan luka bekas operasi caesar memakan waktu 3 hingga 4 minggu. Namun, tak sedikit yang melebihi waktu tersebut. Akan tetapi, yang terpenting adalah bagaimana cara yang aman dan mudah untuk merawat luka bekas jahitan caesar karena jika luka tersebut tak mendapatkan perawatan yang tepat justru akan mengakibatkan infeksi yang dapat memperpanjang masa penyembuhan.


Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan secara mudah dan aman untuk merawat luka bekas jahitan persalinan operasi caesar:

1. Menjaga kebersihan luka bekas operasi
Pada dasarnya, luka bekas jahitan operasi caesar tidak berbeda dengan luka bekas operasi lainnya. Salah satu penyebab timbulnya bakteri yang menyebabkan terjadinya infeksi adalah karena Mama kurang menjaga kebersihan luka bekas jahitan tersebut. Oleh karena itu, pentingnya Mama selalu menjaga kebersihan pada luka bekas operasi dengan membersihkannya menggunakan cairan antiseptik serta antibiotik yang telah dianjurkan dokter. Namun, sebelum membersihkannya pastikan terlebih dahulu bahwa kedua tangan Mama bersih. Disarankan agar Mama tidak membungkus luka bekas operasi terlalu ketat, hal itu justru dapat menyebabkan iritasi.

2. Gunakan pakaian yang longgar
Salah satu penyebab terjadinya iritasi pada luka bekas jahitan adalah karena Mama menggunakan perban untuk membungkus lukan bekas jahitan dengan terlalu ketat. Oleh karena itu, Mama disaranka untuk menggunakan pakaian yang longgar. Kaos, piyama, baby doll maupun daster merupakan pakaian yang paling disarankan karena terbilang cukup longgar.

3. Melakukan olahraga ringan
Olahraga ringan seperti jalan santai dapat membantu Mama dalam proses penyemuhan. Tak hanya itu, olahraga ringan pasca operasi juga dapat mencegah konstipasi serta penggumpan darah. Bahkan, olahraga ringan juga bisa meningkatkan sistem imun dan mencegah terjadinya pneumonia, gangguan kesehatan yang kerap terjadi akibat operasi caesar. Berjalan kakilah secara rutin setiap hari selama 15 menit.

4. Mengkonsumsi makanan sehat
Perawatan dari luar saja tak cukup untuk merawat luka bekas jahitan caesar, tapi perawatan dari dalam juga tak kalah penting, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak gizi serta nutrisi. Namun, disarankan agar Mama dapat memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan kandungan protein, mineral, zinc dan vitamin. Untuk sarapan, Mama dapat memilih menu gandum yang dapat Mama dapat dapatkan pada sereal maupun roti gandum.


Sumber Referensi : tabloid-nakita.com

Semoga bermanfaat.
----------
#agar-jahitan-caesar-cepat-kering
#makanan-agar-luka-caesar-cepat-kering
#luka-operasi-caesar-sembuh-berapa-lama
#obat-agar-luka-caesar-cepat-kering
#makanan-pasca-operasi-caesar
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 63172
Bookmark and Share