AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Baru-baru ini Kementerian Riset Teknologi ‎dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) melarang ... Read More »
Published: Sat, 16 May 2015 - 09:12:22
Category: Kesehatan
By: Dyta
Hits: 1/970
Comments: 0/0
Waspadalah Kalau Kamu Mudah Ngantuk

Waspadalah Kalau Kamu Mudah Ngantuk - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Waspadalah Kalau Kamu Mudah Ngantuk

Pernahkah sobat ngerasain kondisi yang seperti ini? Mata sepet, ngantuk, pinginnya merem mulu, bangun tidur, tidur lagi kaya lagunya... siapa hayoo??? hehee.. ya, betul ituu...(padahal saya lupa) :D

Oke, lanjut aja ya ke soal kenapa pengen tidur mulu, menurut para ahli kesehatan sii, katanya ga boleh dianggap enteng, karena bisa jadi kalian tengah dilanda satu penyakit, tapi kalian ga nyadar.. Makanya biar ga terlambat penanganannya, berikut beberapa keterangan yang berhasil penulis rangkum dari beberapa buku dan artikel-artikel tentang kesehatan. Yuuk disimak;

1.Anemia (kurang darah)
Anemia merupakan penyebab utama rasa kantuk sering datang. Kekurangan darah menyebabkan kurangnya zat besi, sel darah merah yang diperlukan untuk membawa oksigen ke jaringan dan organ tubuh pun berkurang. Anemia biasanya menyerang para wanita yang sedang haid atau datang bulan. Pada saat datang bulan para tubuh para wanita kekurangan zat besi yang berguna mengantarkan oksigen keseluruh tubuh. akibatnya, tubuh kehilangan banyak tenaga. hal inilah yang menjadi penyebab mengantuk berlebihan pada saat menstruasi.

2.Hipotiroid (menurunnya produksi hormon tiroid)
Tiroid adalah kelenjar kecil di dasar leher, yang berfungsi mengontrol metabolisme dan kecepatan mengubah bahan bakar menjadi energi. Ketika kelenjar kurang aktif dan fungsi metabolisme terlalu lambat, orang bisa merasa badan lesu dan selalu mengantuk.

3.Pre-Diabetes
Ngantuk terus-menerus, menurut dr. Dante Saksono Herbuwono, SpPD Endokrin dari Divisi Metabolik Endokrin RSCM, bisa jadi merupakan salah satu gejala prediabetes. Setelah makan, tubuh mengalami hiperinsulinemia (berlebihannya insulin), sehingga kadar gula darah turun drastis. Untuk itu, amatilah gejala prediabetes, seperti mudah haus dan sering ingin buang air kecil. Jika dibiarkan, prediabetes bisa menjadi diabetes. Namun, untuk memastikannya,harus menjalani dulu pemeriksaan darah.

4.Dehidrasi
Dehidrasi timbul karena tubuh kehilangan banyak cairan. Hal ini biasanya terjadi setelah olah raga (kondisi tubuh kurang cairan). Kelelahan dan kantuk bisa merupakan tanda dehidrasi. Segeralah cukupi kebutuhan air dalam tubuh agar selalu merasa segar dan bersemangat.

5.Depresi
Depresi bukan hanya gangguan emosi tetapi juga banyak berkontribusi untuk gejala fisik. Kelelahan, selalu mengantuk, sakit kepala dan kehilangan nafsu makan adalah salah satu gejala yang paling umum pada orang yang mengalami depresi. Berkurangnya semangat dalam diri seseorang menimbulkan pengaruh "malas" terkadang dalam banyak hal. Seperti malas kerja, malas makan dan malas berfikir. Rasa ngantuk yang disebabkan oleh rasa malas ini sudah pasti lebih sulit dihilangkan.

6.Penyakit jantung
Ketika mudah merasa lelah dan mengantuk dalam melakukan kegiatan sehari-hari, sebaiknya kita memastikan bahwa jantung dalam keadaaan yang baik, karena selalu mengantuk bisa jadi pertanda awal penyakit jantung.

7.Sindrom kelelahan kronis
Lelah biasanya segera hilang saat dibawa istirahat. Tapi untuk sindrom kelelahan kronis (chronic fatigue syndrome), lelah tidak cepat hilang dan biasanya ditandai dengan kelesuan, mengantuk, lekas marah, nyeri otot dan dalam beberapa kasus terjadi hilangnya memori,alias rada-rada linglung:D

8.Gangguan tidur
Gangguan tidur seperti sleep apnea dan insomnia juga dapat menyebabkan perasaan kelelahan dan kantuk terus-menerus. Tidur digunakan untuk memfungsikan tubuh kembali, sel-sel tubuh memperbaiki dan meremajakan diri. Sementara pada orang yang menderita kurang tidur karena insomnia, sleep apnea, maka sistem pernapasan akan terhambat sehingga sering menyebabkan kelelahan dan kantuk.

9. Mengantuk Setelah Makan
Makan juga dapat menyebabkan seseorang menjadi mengantuk, penyebab mengantuk setelah makan terjadi karena tubuh memerlukan energi untuk memproses makanan, hal ini biasa terjadi jika anda terlalu makan banyak.

10. Kurang Olahraga
Menurut dr. Michael Triangto SpKO, spesialis kedokteran olahraga dari Slim+ Health Sport Therapy, mudah mengantuk atau tubuh seperti kurang berenergi bisa disebabkan karena kurang berolahraga. Dan sebaiknya jangan berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur. Berikan jarak minimal tiga jam antara olahraga dan waktu tidur. Pasalnya, begitu selesai berolahraga, tubuh memproduksi adrenalin yang membuat kita sulit tidur. Setelah beberapa lama,adrenalin menurun, tubuh akan relaks dan mudah tidur.

Itu tadi 10 penyebab kenapa kita jadi mudah mengantuk dan pengen tidur mulu, gimana ada yang nyangkut ke kondisi kesehatan kalian saat ini ngga?... Mudah-mudah ngga ya, mudah-mudahan kalian ngantuk mulu karena habis kebanyakan makan.. kalau yang seperti itu sii gpp, tapi ada juga loh orang yang bawaan pengen tidur terus karena kurang makan, pas lagi puasa misalnya, nah kalau yang begitu, itu mah sayahh... :D

Akhirnya apapun alasannya, sepertinya penting bagi kita semua untuk sesekali mengecek kondisi dan kesehatan tubuh kita, supaya tidak menyesal dikemudian hari.. oke? Siip...


Semoga bermanfaat.
----------
#sering-ngantuk-di-pagi-hari-gejala-apa
#sering-mengantuk-dan-menguap
#penyebab-sering-mengantuk-dan-lemas
#sering-mengantuk-gejala-penyakit
#penyebab-sering-mengantuk-dan-cara-mengatasinya
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share