AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Random News
Dalam mendidik anak autis perlu mandapat perhatian khusus. Apa itu Autis? Autis atau Autisme adalah ... Read More »
Published: Thu, 23 Jul 2015 - 00:11:55
Category: Otomotif
By: Dyta
Hits: 37/3075
Comments: 0/0
Mengintip 4 Hal Penyebab Ban Motor Tiba Tiba Kempes

Mengintip 4 Hal Penyebab Ban Motor Tiba Tiba Kempes - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Mengintip 4 Hal Penyebab Ban Motor Tiba Tiba Kempes

Pernahkah anda mengalami hal naas seperti ini yaitu saat sedang enak-enaknya berkendara atau memarkir kendaraan, anda mendapati tiba-tiba saja ban anda kempes? Hal ini biasanya sering sekali terjadi pada motor. Kejadian yang tanpa diketahui penyebab jelasnya itulah yang akan membuat jengkel.

Nah, supaya kejadian yang menjengkelkan itu tidak sampai terulang lagi maka kali ini kami akan coba mengungkapkan beberapa alasan/penyebab umum, mengapa ban motor bisa tiba-tiba kempes. Sebagaimana tersebut di bawah ini;

1. Butiran Pasir
Mungkin sebagian dari Anda tidak ada yang menyangka bahwa ternyata butiran pasir dapat membuat ban menjadi kempes tanpa terlihat. Ini semacam siluman tak terlihat yang mampu membuat Anda jadi galau gara-gara ban kempes.

Butiran pasir biasanya akan menempel di antara ban dan velg. Menumpuknya butiran pasir ternyata membuat gelembung udara yang akan terlihat saat ban direndam di dalam air. Tak gampang terlihat memang, karena sangat kecil. Namun apabila diamati dengan jelas, akan muncul gelembung yang samar.

2. Terlalu Tipis
Ban yang sudah terlalu tipis dapat menyebabkan gampang bocor. Jelas, dengan kondisi seperti ini ban menjadi sangat rentan kempes. Sebisa mungkin Anda harus rajin mengontrol kesehatan ban. Jangan sampai ban sudah gundul tapi Anda masih tetap mengendarainya. Ganti ban motor Anda dengan ban baru agar lebih aman.

3. Bocor Halus
Bocor halus biasanya diartikan sebagai keadaan di mana ban mengalami kebocoran dengan lubang yang sangat kecil. Kebanyakan terkena kerikil tajam. Meksipun hanya sebesar lubang jarum, namun itu cukup membuat Anda frustrasi terutama jika Anda sedang ingin terburu-buru menggunakan motor.

Bocor halus kebanyakan memang tak terlihat. Baru akan terasa setelah satu atau dua hari. Dalam kurun waktu itu, ban akan kehilangan udara dan kempes pada akhirnya.

4.Pentil Ban Kendor
Pentil ban yang kendor bisa juga menjadi pemicu mengapa ban motor tiba-tiba kempes. Itulah sebabnya banyak tukang tambal ban setelah selesai memompa ban selalu menempelkan air ludahnya di permukaan pentil. Itu dilakukan untuk mengecek pentil. Apabila terjadi gelembung udara, maka pentil ban kendor atau tidak pas peletakannya.

Nah itu tadi beberapa alasan yang paling umum dan paling mungkin yang jadi biang keladi dari kempesnya ban motor anda secara tiba-tiba, belum jelas juga apakah alasan yang sama bisa terjadi juga pada ban mobil anda.


#BanMotorKempes #TambalBan


Sumber : Dunia Otomotif
Title Tags Search:
See Also:
Cara Mudah Dan Aman Menderek Mobil Mogok Memakai Tali - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Cara Mudah Dan Aman Menderek Mobil Mogok Memakai Tali

Dalam perjalanan memakai mobil, selain resiko ban kempes, yang paling susah adalah saat mobil tiba-tiba mogok. Jadi sediakanlah Tali Nilon atau Tali yang elastis tapi kuat di dalam mobil buat jaga-jag ... Read More »
Tips Mudah Merawat Dan Menjaga Motor Matic Agar Tetap Awet - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Tips Mudah Merawat Dan Menjaga Motor Matic Agar Tetap Awet

Jaman sekarang ini, pemakaian motor matic semakin banyak. Hampir di setiap keluarga punya motor yang satu ini. Nah bagaimana cara merawat motor matic ini, terutam mesinnya? Mungkin anda sering mencari ... Read More »
Cara Mudah Dan Cepat Saat Mengganti Ban Mobil Yang Kempes - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Cara Mudah Dan Cepat Saat Mengganti Ban Mobil Yang Kempes

Ketika dalam perjalanan bersama keluarga untuk berwisata atau pada saat ditengah perjalanan ke kantor maupun perjalanan kemana saja, kadang terjadi masalah seperti ban yang mendadak kempes ataupun boc ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share