AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Lirik Lagu: AM I WRONG Am I wrong For thinking out the box from where I stay? Am I wrong ... Read More »
Published: Thu, 21 Jan 2016 - 08:41:17
Category: Pendidikan
By: AnekaNews.top
Hits: 475/865
Comments: 0/0
Cara Menyikapi Anak Yang Sering Mogok Sekolah

Cara Menyikapi Anak Yang Sering Mogok Sekolah - AnekaNews.net

AnekaNews.top - Cara Menyikapi Anak Yang Sering Mogok Sekolah

Bagaimana sih cara orang tua menyikapinya, kalau anak sering mogok sekolah atau mengalami "School Phobia"?

Anak sering mogok untuk pergi ke sekolah, mungkin anak mengalami "School Phobia". School Phobia adalah gejala ketakutan yang berlebihan terhadap sesuatu hal yang berhubungan dengan sekolah. Salah satu alasannya adalah si anak merasa takut pada teman-temannyanya, yang dianggap sebagai pengganggu. Rasa takut pada temannya yang "jahat", umumnya terjadi pada anak yang sensitif. Anak seperti ini biasanya menjadi korban dari anak yang lebih dominan dan "kuat" di sekolahnya. Atau bisa juga, malah karena merasa takut terhadap Guru-nya sendiri. Mungkin si anak melihat gurunya galak atau menyeramkan.

Dan akibat dari semuanya itu, orang tua pun seringkali dibuat bertanya-tanya kenapa anaknya, kok jadi ketakutan seperti itu. Terlebih bila anak jarang menceritakan pengalamannya yang terjadi di sekolah.

Coba bicaralah pada gurunya. Guru biasanya lebih mengatahui latar belakang kenapa anak didiknya tiba-tiba jadi agresif dan "nakal," atau ketakutan. Bisa jadi, mereka punya masalah di keluarganya, entah karena kekacauan perkawinan orangtuanya atau kelahiran adik baru. Anak seringkali tidak mampu mengatasi hal-hal demikian, sehingga sebagai pelampiasannya dia melakukan pemukulan dan agresivitas di sekolahnya.

Orangtua sebaiknya juga Membesarkan hati si anak, bahwa musuh yang kelihatan besar pun tidak sekuat yang diperlihatkannya. Selain itu, yang perlu dilakukan juga adalah mencoba mengatasi ketakutan dan kekhawatiran si anak, bicaralah dengan anak secara baik-baik dan bergurau, tanpa memarahinya. Dengan demikian, ketakutannya akan mereda. Juga Mintalah bantuan guru untuk mengatasi "pengganggu" dengan cara yang bijak.

#Mengatasi-SchoolPhobia-Anak
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share