AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Dibawah ini adalah beberapa hal sepele, tapi sangat penting disaat kita dalam situasi dan keadaan da ... Read More »
Published: Sat, 27 Feb 2016 - 03:11:23
Category: Pendidikan
By: AnekaNews.net
Hits: 622/1009
Comments: 0/0
Tata Cara Pengisian PDSS Dan Daftar SNMPTN Serta SBMPTN 2016

Tata Cara Pengisian PDSS Dan Daftar SNMPTN Serta SBMPTN 2016 - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Tata Cara Pengisian PDSS Dan Daftar SNMPTN Serta SBMPTN 2016

Sebelumnya kita ketahui dulu apa itu PDSS, SNMPTN dan SBMPTN.

PDSS adalah singkatan dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa, yang merupakan sistem di mana sekolah memasukkan rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor akademik siswa untuk proses seleksi SNMPTN. Nilai dimasukkan bersamaan dengan periode penilaian rapor siswa tiap semester.

SNMPTN adalah singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, yang merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/MA dan SMK dengan masa belajar 3 (tiga) tahun atau semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK dengan masa belajar 4 (empat) tahun, serta Portofolio Akademik.

Sedangkan SBMPTN adalah singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, yang merupakan pola seleksi masuk PTN yang menggunakan nilai ujian tertulis yang diselenggarakan bersama/serentak oleh semua PTN. Disini nilai semasa SLTA tidak diperhitungkan, yang diperhitungkan adalah nilai dari hasil ujian tulis masuk PTN yang dilakukan serentak tersebut.


Tata Cara Pengisian PDSS

PDSS diisikan oleh kepala sekolah atau petugas sekolahan dan kemudian para siswa akan menverivikasi data yang dimasukan oleh petugas tadi. Kepala Sekolah atau yang ditugaskan oleh Kepala Sekolah wajib mengisi data sekolah dan nilai akademik siswa di PDSS harus melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id .

Syarat untuk mengisikan PDSS adalah pihak sekolah juga wajib memiliki Nomor Pokok sekolah Nasional (NPSN), sehingga pihak sekolah dapat mendaftarkan siswanya untuk mengikuti SNMPTN. Jika pihak sekolah belum mempunyai NPSN, maka sekolah wajib mengurusnya apabila anak didiknya mau diikut sertakan mengikuti SNMPTN 2016.

Setelah mengisikan data tersebut nanti pihak sekolah akan mendapatkan Username (NISN) dan Password untuk siswa sebagai syarat pendaftaran SNMPTN. Kemudian para siswa diwajibkan untuk memverifikasi data yang ada pada PDSS melalui Login Siswa. Apabila ada data yang salah, siswa dapat langsung melaporkan ke pihak sekolah supaya diperbaiki.

Tata Cara Pemeringkatan

Panitia Nasional melalui sistem, membuat pemeringkatan siswa berdasarkan nilai mata pelajaran yang menjadi mata uji dalam Ujian Nasional (UN) 2016 pada semester tiga, semester empat dan semester lima.

Bagi siswa yang memenuhi syarat yakni memiliki prestasi akademik unggul berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh Panitia Nasional sesuai ketentuan akreditasi sekolah yang diijinkan untuk mendaftar SNMPTN 2016.


Tata Cara Daftar SNMPTN

Login ke laman http://www.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran. Login menggunakan Username (NISN) dan password yang telah diverifikasi tadi.

Siswa pelamar mengisikan biodata diri secara lengkap beserta pilihan PTN, Program studi serta mengupload foto resmi dan dokumen prestasi jika mempunyainya. Jangan lupa baca dan pahami keterangan-keterangan yang berlaku didalamnya.

Untuk studi keolahragaan dan seni wajib mengunggah portopolio datau dokumen ketrampilan yang diikan kepala sekolah atau bisa download pedomannya terlebih dahulu di laman resmi SNMPTN 2016.

Setelah semuanya selesai, kemudian siswa mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.


Bagi sekolah dan/atau pendaftar yang mengalami kesulitan akses Internet, dapat melakukan pengisian PDSS maupun pendaftaran di PLASA TELKOM di seluruh Indonesia.


Sumber Referensi : berbagai sumber valid

Semoga bermanfaat.
----------
#syarat-snmptn-2017
#jadwal-pendaftaran-snmptn-2017
#ketentuan-umum-snmptn
#snmptn-ac-id-2016
#snmptn-ipb-2016
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share