AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Setelah pencairan sertifikasi tahap II untuk sebagian besar guru yang dapodiknya tidak bermasalah ak ... Read More »
Published: Wed, 08 Jul 2015 - 10:11:37
Category: Sejarah
By: Dyta
Hits: 4/117
Comments: 0/0
Gelang Tertua Di Dunia Ditemukan Di Rusia

Gelang Tertua Di Dunia Ditemukan Di Rusia - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Gelang Tertua Di Dunia Ditemukan Di Rusia

Berita atau kabar tentang penemuan peninggalan masa lampau memang selalu menarik perhatian, setidak bagi saya.. :) Seperti berita tentang penemuan sebuah gelang batu cantik diperkirakan berusia 40.000 tahun ditemukan di sebuah gua terkenal, Denivoasi, di Pegunungan Altai, Siberia, Rusia. Gelang ini pun tercatat sebagai gelang batu tertua di dunia.

Dilansir dari laporan Siberiantimes, gelang batu yang terbuat dari klorit ini diduga milik orang prasejarah zaman dahulu.

Gelang batu yang ini ditemukan dengan kondisi yang tak lagi utuh. Gelang tersebut ditemukan dalam kepingan-kepingan yang tidak lengkap.

Walau hanya kepingan gelang batu yang berusia tua, terdapat keindahan tersendiri yang terpancar dari dalam batu gelang tersebut.

"Dibawah cerahnya sinar matahari, gelang batu ini memancarkan cahaya sinar matahari. Pada malam hari, gelang batu ini memancarkan cahaya hijau yang sangat cantik." ujar Direktur Institut Arkeologi dan Etnografi di Novosibirsk Anatoly Derevyanko dikutip Siberian Times pekan lalu.

Yang membuat penemuan ini unik adalah teknologi pembuatan gelangnya. Peneliti masih belum mengetahui bagaimana gelang itu bisa dibuat dengan bentuk sempurna pada masa itu. Diperkirakan gelang itu dipakai hanya dalam masa-masa khusus di zaman tersebut.

Saat ini gelang batu tertua dunia ini diamankan di salah satu museum di Rusia.
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share