AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Buah Alpukat adalah buah restoratif, cocok untuk melindungi dan menyeimbangkan minyak pada rambut da ... Read More »
Published: Sun, 14 Jun 2015 - 01:43:10
Category: Umum
By: AnekaNews.net
Hits: 3/862
Comments: 0/0
Inilah Akibat Jika Terjadi Pelemahan Rupiah Terhadap Dollar

Inilah Akibat Jika Terjadi Pelemahan Rupiah Terhadap Dollar - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Inilah Akibat Jika Terjadi Pelemahan Rupiah Terhadap Dollar

Beberapa waktu yang lalu Pemerintah Indonesia saat ini pernah bilang, Dollar US menguat, Negara malah untung. Menurut saya ini adalah pembodohan publik. Mau tahu mengapa? Silahkan simak uraian di bawah ini.

Ini akibat dari melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dollar US dalam sektor ekonomi atau pasar.

1. Terjadi fluktuasi harga barang atau bahan baku import akan sangat merugikan. Import barang atau bahan baku, dengan rupiah akan menjadi sangat tinggi. Konskuensinya dengan menaikkan harga barang di dalam negeri.
2. Hutang Negara, Swasta maupun BUMN ke luar negeri, angsuran dan suku bunga akan menjadi tinggi, belum lagi kalau jatuh tempo. Implikasi turunnya pendapatan negara, konsekensinya juga dengan menaikkan harga-harga dalam negeri.
3. Seperti Indonesia saat ini, yang sedang defisit neraca perdagangannya, rupiah yang terus melemah, siap-siap kita akan Krisis Ekonomi dan Moneter.
4. Jika Dollar US terus menguat, investor pasar modal akan lari ke pasar uang. Jika pemilik uang panik, perbankan menjadi kolap.
5. Bank-bank yang bermodal kecil akan tutup. Karena pemilik modal bank yang lari pindah ke pasar uang. Bisa-bisa uang nasabahnya tidak bisa kembali. Pemerintah yang akan merugi buat mengembalikan uang nasabah yang tertanggung.
6. Akan banyak perusahaan-perusahaan dalam negeri yang gulung tikar, karena melemahnya daya beli. Apalagi bahan bakunya import. Akan banyak PHK besar-besaran. Akibatnya akan semakin banyak pengangguran.
7. Yang mau membuka usaha, akan menahan dulu niatnya untuk buka usaha, karena ketidakstabilan dan melemahnya rupiah. Modal jadi besar, keuntungan belum pasti. Belum apa-apa karena takut merugi.
8. Yang paling susah rakyat kecil, yang hidupnya pas-pasan. Penghasilan belum tentu naik, harga barang kebutuhan semakin naik.

Ini adalah Pemikirian saya sebagai rakyat kecil, mungkin beda lagi kalau anda itu orang kaya, maupun yang sok kaya. Untuk melihat Kurs Rupiah terhadap Dollar US atau mata uang asing lainnya, silahkan lihat di Kurs Rupiah Hari Ini. Salam!



Semoga bermanfaat.
----------
#dampak-melemahnya-nilai-tukar-rupiah
#dampak-kenaikan-dolar-terhadap-rupiah
#penyebab-rupiah-melemah-terhadap-dolar
#faktor-penyebab-melemahnya-rupiah-terhadap-dolar
#jelaskan-dampak-melemahnya-nilai-tukar-mata-uang-dalam-negeri-terhadap-mata-uang-asing
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share