AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Random News
Apakah anda suka dengan sambal pecel lele dan sering beli di warung makan? Sebenarnya kalau anda ing ... Read More »
Published: Fri, 08 May 2015 - 14:13:16
Category: Umum
By: Dyta
Hits: 1/4597
Comments: 0/0
Pembayaran Gaji 13 Dan Rapel Kenaikan Gaji PNS 2015

Pembayaran Gaji 13 Dan Rapel Kenaikan Gaji PNS 2015 - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Pembayaran Gaji 13 Dan Rapel Kenaikan Gaji PNS 2015

Apa yang paling dinanti-nanti oleh para PN (Pegawai Negeri) dan PNS (Pegawai Negeri Sipil) di negeri ini? ( Tidak untuk pegawai Honorer )
Tidak lain adalah kabar tentang kenaikan gaji dan pemberian gaji 13 yang diberikan oleh pemerintah setiap setahun sekali. Yahhh, walaupun jumlahnya tidak sebanding dengan kenaikan biaya hidup sehubungan dengan kebiasaan pemerintah yang kerap akan selalu lebih dahulu menaikan harga-harga kebutuhan pokok, BBM, TDL, pajak, biaya retribusi dan lain-lain.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, biasanya para PN dan PNS sudah bisa menerima rapel kenaikan gaji pada bulan April dan di bulan April ini gaji mereka sudah berubah sesuai besaran kenaikan gaji. Tapi sampai dengan bulan Mei 2015, gaji yang mereka terima masih belum berubah, jadi masih mengacu pada tabel gaji tahun 2014.

Untuk lebih lengkapnya berikut kabar yang penulis dapat dari forumgurunusantara.blogspot.com , yang telah penulis edit sesuai kebutuhan sebagai berikut;

Di tengah gonjang-ganjing defisit anggaran yang dihembuskan para Wakil Rakyat di Senayan, sempat membuat para aparatur sipil negara (ASN) terutama PNS was-was. Namun, pemerintah masih berencana merealisasikan Kenaikan Gaji PNS dan Pemberian Gaji Ke 13. Menpan menyatakan bahwa PNS tetap akan menerima gaji karena anggarannya sudah tertata dalam APBN. Gaji pegawai itu sudah masuk dalam pengeluaran rutin negara, jadi tidak benar kalau ada isu PNS terancam tidak gajian karena defisit anggaran," ungkap Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi di kantornya, Kamis tanggal 4 April 2015


Menurut Menpan, Gaji ke-13 sudah masuk dalam APBN, sehingga realisasinya tinggal menunggu pencairan yang biasanya direalisasikan menjelang tahun ajaran baru. Ia menyatakan "Kenaikan gaji PNS secara berkala, gaji ke 13, itu rutin setiap tahunnya. Hanya saja berapa prosentase kenaikan gaji PNS masih digodok pemerintah. Sedangkan realisasinya, menjelang tahun ajaran baru, agar aparatur punya dana cadangan untuk anak sekolah.

Lebih lanjut Menpan mengaskan bahwa pemerintah berupaya meningkat kesejahteraan PNS setiap tahunnya. Itu sebabnya PNS / ANS sebagai aparatur harus meningkatkan kinerja terutama dalam pelayanan publik.

MenPANRB Yuddy Chrisnandi menyatakan bahwa rancangan kenaikan gaji PNS / ANS tahun 2015 sudah diusulkan kepada Presiden. Yuddy mengatakan, rancangan peraturan tentang kenaikan gaji berkala bagi PNS / ASN sebesar 6% pada 2015, saat ini sudah disampaikan kepada Presiden. Hal tersebut disampaikan dalam pertemuan MenpanRB dengan Aparatur Sipil Negara Kota Palangka Raya, yang bertempat di gedung pertemuan umum Palampang Tarung, komplek kantor pemerintahan ibu kota Kalteng itu.

Selain itu, berkaitan dengan beredarnya berita atau informasi yang menyesatkan mengenai akan dihapusnya uang pensiun bagi PNS atau ASN, TNI dan Polri, MenpanRB mengatakan bahwa hal itu hanya isu karena selama ini pemerintah tidak pernah membahas masalah tersebut. "Itu hanya isu. Pemerintah tidak pernah mengusulkan. Bagaimana mau dihapus. PNS bekerja puluhan tahun hingga dia pensiun dan berhak mendapatkan jaminan hari tua dan tunjangan pensiun," tegas Yuddy.Pemerintah berencana malakukan kenaikan Gaji Pokok PNS TNI POLRI tahun 2015 sebesar 6 persen dan rencana kenaikan uang makan. Rencana kenaikan Gaji Pokok PNS TNI POLRI tahun 2015 tersebut telah masuk di dalam anggaran Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2014-2015. Kenaikan tersebut rencananya akan diberlakukan mulai bulan Januari 2015. Adapun alasan kembali menaikkan gaji pokok dan uang makan PNS pada tahun 2015 adalah untuk meningkatkan kinerja PNS. Dengan adanya kenaikan tersebut, diharpkan pelayanan PNS kepada masyarakat meningkat.

Namun, kepastian realisasi kenaikan Gaji PNS TNI POLRI tahun 2015 dan kenaikan uang makan pada tahun 2015 nanti tentunya masih menunggu Peraturan Pemerintah (PP). Karena persoalan gaji PNS di Indonesia di atur melalui Peraturan Pemerintah, seperti PP NOMOR 34 TAHUN 2014 TENTANG PERUBAHAN KEENAMBELAS ATAS PERUBAHAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 7 TAHUN 1977 TENTANG PERATURAN GAJI PEGAWAI NEGERI SIPIL.

Berkaitan dengan rencana kenaikan Gaji Pokok PNS TNI POLRI tahun 2015 sebesar 6 persen dan rencana kenaikan uang makan sesungguhnya merupakan sesuatu yang realities, karena gaji PNS TNI POLRI saat ini masih jauh dari tingkat sejahtera dibandingkan biaya hidup atau kebutuhan sehari-hari. Bagi PNS yang memiliki anak yang sedang kuliah misalnya, gaji yang didapat hanya cukup bahkan tidak cukup untuk biaya kuliah tersebut.

Gaji Ke 13 - AnekaNews.net

Bahkan telah berkemang informasi terbaru bawa gaji ke 13 tahu 2015 akan dibayarkan menjelang Idul Fitri. Hal ini sebagaimana dirilis situs economy.okezone.com . Kabag Humas dan Komunikasi Publik Kemenpan-RB, Suwardi, mengatakan akan memberikan Gaji ke-13 menjelang tahun ajaran baru. Hal ini dilakukan agar meringankan beban PNS dalam menghadapi Ramadan dan tahun ajaran baru. "Gaji ke-13 biasanya sih bulan Juli, karena itu terkait anak-anak masuk sekolah," kata dia kepada Okezone di Jakarta, Kamis (7/5/2015).

Menurut Suwardi, Kementerian Perdayagunaan Aparatur Negara (PAN) sudah menganggarkan dana gaji ke 13 tahun 2015 tersebut dan sudah mengajukannya ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada awal tahun ini. "Tapi soal keluarnya ya berdasarkan pengalaman di Juli, bisanya di Juli pertengahan," tutur dia.

Dia menambahkan, jika memang ternyata belum cair, maka pemerintah akan bergerak cepat dan memastikan dana tersebut cari di bulan selanjutnya. "Ya, paling cepat pertengahan Juli, kalau paling lambat awal Agustus," tukas dia.

Demikian semoga kabar ini bermanfaat, menumbuhkan semangat dan harapan. Salam... :)


Semoga bermanfaat.
----------
#rapelan-gaji-cpns-k2
#arti-rapelan
#rapel-gaji-2015
#gaji-13-tahun-2016-kapan-cair
#rapelan-gaji-pns-2015-kapan-cair
Title Tags Search:
See Also:
Ramalan Mbah Mijan, Akan Ada Kejadian Heboh Di Tahun 2017 - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Ramalan Mbah Mijan, Akan Ada Kejadian Heboh Di Tahun 2017

Tahun demi tahun telah berganti, banyak orang yang menantikan momen-momen indah saat pergantian tahun. Tak sedikit pulla yang menantikan ramalan-ramalan apa yang aka terjadi di tahun 2017. Biasanya pa ... Read More »
Tentang Isu Kiamat September 2015 - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Tentang Isu Kiamat September 2015

Di dunia maya, ramai orang membicarakan tentang isu kiamat yang terjadi pada bulan September 2015. Jadi, ada dua isu kiamat yang katanya dipicu oleh asteroid atau komet yang akan menabrak Bumi dan Soa ... Read More »
Beberapa Kasus Korupsi Besar Di Indonesia Yang Sampai Sekarang Belum Tuntas Di Usut - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Beberapa Kasus Korupsi Besar Di Indonesia Yang Sampai Sekarang Belum Tuntas Di Usut

Ternyata di Indonesia banyak kasus korupsi besar yang sampai saat ini tidak selesai di usut secara tuntas. Mau tahu? Simak kultwit dari akun twitter @TM2000Ronin berikut ini.

1. Korupsi BLBI
Korup ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share