AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Tue, 17 July 2018 - 10:21:19
Random News
Banyak orang mengeluh soal bau pada kaki. Bau pada kaki memang menjadi permasalahan yang mungkin tid ... Read More »
Published: Tue, 09 Feb 2016 - 00:43:07
Category: Inspirasi
By: AnekaNews.net
Hits: 1/2463
Comments: 0/0
Mengapa Kita Harus Ber-Wirausaha?

Mengapa Kita Harus Ber-Wirausaha? - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Banyaknya PHK dari perusahaan secara besar-besaran sekarang ini, memang membuat prihatin sebagian orang yang kena phk tersebut. Tapi juga bisa membuat orang itu malah punya inspirasi dan berfikir, "kenapa kita tidak punya usaha atau bisnis sendiri"?

Sekarang Jamannya Wirausaha, Bung! Ada banyak alasan kenapa harus berkata demikian.

Ini alasannya :

1. Makin ketatnya persaingan dalam mencari kerja.

Di semua level, bahkan di level doktoral pun, mencari kerja tidak semudah bayangan, itupun kalau ada lowongan kerja. Minimal pekerjaan yang sesuai dengan harapannya. Misalnya doktor ekonomi, ya kalau mau mengajar di PTS kecil mesti banyak yang mau menerima asal dengan gaji seadanya. Artinya, peluang menganggur semakin besar karena bisa dipastikan, gengsi ikut berperan disini.

2. Karir yang mapan, belum tentu mapan juga kelangsungan hidupnya.

Lihat Nokia, Blackberry, Sony dan perusahaan raksasa sekelas merekapun limbung, melakukan pemangkasan besar-besaran jumlah karyawannya. Tidak tanggung-tanggung, pengurangan hingga puluhan ribu (lebih dari 25 %). Kalau sudah begini, tidak berani resign pun, minimal para pegawai harus mulai memikirkan jika kena PHK mau berwirausaha sebagai apa. Karena jika sudah telanjur di PHK tapi tidak punya planning apa-apa, bisa habis nanti pesangonnya (kalo dapet) buat mikir-mikir nyari ide aja. Artinya, keamanan pekerjaan semakin rapuh jaman sekarang. Ya kan..

3. Memunculkan Peluang.

Dan peluang yang muncul itu banyak sekali. Jaman dulu, mana ada ibu-ibu jualan di internet? Sekarang ini, ibu-ibu nyambi jualan tas, baju, tiket pesawat, sampai produk agrobisnis dan kimia, bermunculan di internet. Perubahan komunikasi dengan lahirnya internet telah memunculkan cara baru berbisnis. Siapa saja bisa berbisnis, bahkan pelajar SMP pun ada yang berjualan distro linux dan hasilnya lebih dari cukup untuk bayar sekolah. Mahasiswa jualan kaos, sepatu, jasa design, adsense, amazon afiliasi dan lainnya, dengan penghasilan ribuan dollar. Masak kalah sama anak SMP?

4. Munculnya budaya baru dalam berwirausaha.

Peluang yang lahir dari perubahan-perubahan yang terus terjadi misalnya, lagi traffic semakin crowded (macet), memunculkan budaya baru dalam berbelanja: Online. Fashion, masyarakat kembali ke budaya asli: batik naik daun. Orang semakin menuntut kecepatan: bisnis tiket pesawat marak. Daya beli masyarakat meningkat: peluang bagi hampir semua usaha. Customer makin branded minded: branded goods. Intinya, bagi seorang wirausaha, semua perubahan memunculkan peluang. Tinggal kita seberapa jeli melihatnya.

5. Wirausaha menjanjikan hasil tak terbatas.

Dalam arti, hasilnya tergantung seberapa keras dan cerdas usaha kita, dengan ijin Allah. Kuncinya cuma pada ketekunan dan kesabaran. Pantang menyerah. Sebetulnya saya mesti memberikan contoh disini bagaimana hasil berwirausaha itu sangat-sangat cukup, tapi saya agak khawatir dianggap pamer, jadi ya sudahlah, pokoknya percaya aja deh, hasilnya cukup untuk sekedar membeli kebutuhan pokok, sekunder dan tersier. Nah, masak masih tidak kepingin terjun?

6. Wirausaha menjanjikan kebebasan.

Wirausaha menjanjikan kebebasan, kualitas hidup yang lebih baik, kehidupan tanpa pensiun (nah loh, kok malah tanpa pensiun? ya, saya pribadi tidak bisa membayangkan diri sendiri pensiun, buat apa pensiun? mau leha-leha? Bisa cepet mati ntar haha… :D. Jangan khawatir dengan fasilitas pensiun, sudah banyak lembaga keuangan yang bisa membuatkan program pensiun, kita tinggal ikuti plan-nya saja. Kalau saya pribadi, lebih baik sy investkan sendiri, toh ilmu investasi itu tidak sulit dipelajari. Baca buku, amati, cukuplah. Maklum mantan pemain saham.

7. Wirausaha bisa diwariskan.

Wirausaha bisa diwariskan. Status PNS? mana bisa. Coba lihat disekitar anda. Rumah Makan Ayam Goreng Suharti misalnya, coba bayangkan itu bisa kasih makan berapa anak cucu? tidak usah bicara yang besar-besar, sate kambing pak Slamet saja bisa sekolahin anak cucu, bangunin rumah untuk anak cucu dan seterusnya. Keren kan.

Ayoo, tunggu apalagi, jadilah Wirausaha mulai dari sekarang..

Semoga bermanfaat.

Sumber Referensi : fb Almarhum Bob Sadino

#Cara-Berwirausaha #Wirausaha-Sukses #Bob-Sadino
Title Tags Search:
See Also:
Terlalu Percaya Pada Konsep Soulmate Membuat Anda Sulit Bahagia - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Apakah Anda termasuk orang yang mempercayai konsep soulmate dan karena hal itu sampai saat ini anda belum menemukan belahan jiwa? Selama ini, banyak orang terpaku pada konsep ideal belahan jiwa alias ... Read More »
Hati Yang Compang-Camping - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Mana bisa bicara, mana bisa lembut...
Sebab sibuk menutup aurat..
Sebab sibuk lari dari pandangan..
Sebab sibuk berharap mengejar kain putih..

Hati yang compang-camping,
itu milik siapa?
Menen ... Read More »
Tips Rahasia Kebahagiaan Suami Istri Dalam Rumah Tangga - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Dikisahkan,pada suatu hari seorang wanita tua diwawancarai oleh seorang wartawan dalam sebuah acara tentang rahasia kebahagiaannya yang tak pernah putus.

Wartawan pun mewancarainya:
"Apakah hal it ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share