AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Mon, 18 December 2017 - 04:41:39
Random News
Kayu manis merupakan rempah-rempah yang sering digunakan sebagai pemanis dan penyedap masakan. Kayu ... Read More »
Published: Wed, 15 Jul 2015 - 19:26:21
Category: Islam
By: Dyta
Hits: 3/16783
Comments: 0/0
Keistimewaan Manfaat Dan Hukum Berzakat Fitrah

Keistimewaan Manfaat Dan Hukum Berzakat Fitrah - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Tanpa terasa bulan suci Ramadhan akan segera meninggalkan kita, bagaimana perasaan Anda? Sedih, bahagia, lega atau biasa-biasa saja, semua itu tentu hanya anda dan Allah SWT sajalah yang tahu. Oya bicara tentang akhir Ramadhan jadi mengingatkan kita pada kewajiban kita semua untuk menunaikan zakat fitrah. Nah dallam tulisan kita kali ini kita akan membicara segala sesuatunya tentang zakat fitrah yang mungkin belum jelas kita ketahui, antara lain tentang;


Manfaat Zakat Fitrah
Zakat Fitrah merupakan zakat yang harus anda bayarkan sebagai seorang muslim di bulan Ramadhan karena Zakat Fitrah merupakan salah satu Rukun Islam sehingga anda diwajibkan untuk membayarkannya. Hukum Mengeluarkan Zakat Fitrah dan Hukum Membayar Zakat Fitrah sendiri sudah sangat jelas yaitu Wajib bagi setiap muslim pria maupun wanita di seluruh dunia.

Adapun perintah Allah Swt untuk menunaikan Zakat Fitrah yang berbunyi;
"Sesungguhnya beruntunglah orang yang membersihkan diri dan dia mengingat nama tuhannya lalu dia shalat". Rasullullah Swt bersabda yang berbunyi: "Bagi orang merdeka dan beragama islam baik pria maupun wanita, anak anak atau orang dewasa dari kaum muslimin beliau Nabi Muhammad Saw memerintahkan untuk wajib membayar Zakat Fitrah jika mereka masih memiliki makanan untuk dirinya serta keluarganya karena zakat tersebut lebih diutamakan dari sesuatu yang lebih bermanfaat bagi fakir miskin".

Cara Membayar Zakat Fitrah
Cara Mengeluarkan Zakat Fitrah dan Cara Menghitung Zakat Fitrah bisa anda lakukan dengan cara membayar sebesar 1 (Satu) Sha' dan 1 sha = 4 Mud dan 1 Mud = 675 Gr. Perhitungan Mengeluarkan Zakat Fitrah lebih umum lagi kira2 setara dengan 3.5 Liter or bissa jg 2.7 Kg Makanan pokok seperti tepung, gandum,beras, kurma, aqith atau makaanan pokok yang biasanya dikonsumsi di daerah atau negara yang bersangkutan.

Sebagai contoh Cara Zakat Fitrah di Indonesia dilakukan dengan membayar beras sebanyak 2.7 Kg dan bisa dibayarkan dalam bentuk Uang yang disetarakan dengan besaran harga beras dan dikalikan dengan jumlah beras yang wajib dibayarkan.

Keutamaan Dan Manfaat Zakat
Waktu Membayar Zakat Fitrah dan Waktu Mengeluarkan Zakat Fitrah sendiri bisa anda lakukan saat bulan puasa Ramadhan dan paling lambat atau batas waktunya sebelum orang-orang melaksanakan Shalat Idul Fitri atau Shalat Id. Perlu saya diingatkan kepada jika anda menyerahkan Zakat Fitri sudah melewati batas Waktu Zakat Fitrah yang ditentukan maka Zakat Fitrah anda tidak berlalu atau masuk ke dalam kategori Sedekah biasa bukan Zakat.

Kesimpulan dari Waktu Zakat Fitrah ialah Zakat Fitrah dibayarkan di saat bulan puasa ramadhan dan batas Waktu Zakat Fitrah dibayarkan ketika sudah mengerjakan Shalat Idul Fitri atau Shalat Id sehingga jika sebelum batas waktu tersebut anda bisa mengeluarkan dan membayar zakat di jam manapun.

Manfaat Zakat Fitrah Terlengkap
Kemudian untuk Keistimewaan Zakat Fitrah, Keutamaan Zakat Fitrah dan Manfaat Zakat Fitrah untuk segi ibadah atau agama maupun untuk pribadi mempunyai banyak sekali manfaatnya. Hal tersebut dikarenakan Zakat Fitrah merupakan Rukun Islam dan Allah Swt memerintahkan langsung untuk dilaksanakan oleh para hambaNya sehingga sudah sangat jelas bahwa Manfaat Membayar Zakat Fitrah ini pasti banyak sekali yaitu;

Manfaat yang pertama akan mendapatkan pahala yang besar dan dijanjikan surga oleh Allah Swt karena pintu surga akan selalu dibuka untuk orang-orang yang tak lupa Berzakat. Yang kedua ialah Zakat Fitrah merupakan Zakat Diri dan Allah akan memberikan umur panjang bagi orang-orang yang membayar zakat fitrah dan Keutamaan Mengeluarkan Zakat Fitrah dapat mengkonsentrasikan penuh ibadah anda.

Manfaat Zakat Fitrah seperti terkandung dalam Hadist Ibnu Abbas yang berbunyi puasa merupakan pembersih bagi yang melakukannya dari kesia-siaan dan perkataan buruk demikian pula sebagai salah satu sarana untuk memberikan makan (Zakat Fitrah) kepada fakir miskin. Kemudian untuk Manfaat Zakat Fitrah paling agung ialah sebagai tanda sukur orang yang berpuasa kepada Allah atas nikmat ibadah puasanya.

Namun sebelum kita melaksanakan kewajiban yang satu ini ada baiknya kita mengetahui tata cara atau bacaan dari niat berzakat fitrah, sebagaimana diterangkan di bawah ini.

Bacaan Niat Zakat Fitrah di Bulan Ramadhan
Untuk Doa Niat Zakat Fitrah sendiri dibagi menjadi 5 yang antara lain Niat Memberikan Zakat Fitrah untuk keluarga, Niat Mengeluarkan Zakat Fitrah Untuk diri sendiri, Niat Membayar Zakat Fitrah Untuk Istri, Lafadz Niat Zakat Fitrah untuk Anak Laki-Laki dan Lafal Niat Zakat Fitrah Untuk Anak Perempuan.

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri
Niat ini diucapkan oleh diri kita sendiri tanpa diwakilkan kepada orang lain. Adapun lafadznya adalah sebagai berikut :

نَوَيْتُ اَنْ اُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ نَفْسِىْ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN NAFSII FARDLOL LILLAAHI TA'AALAA

Artinya :
Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah pada diri saya sendiri, fardhu karena Allah Ta'ala


Niat Zakat Fitrah untuk Istri
Jika seorang suami ingin membacakan niat zakat fitrah untuk istrinya, maka lafadznya adalah sebagai berikut :

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ زَوْجَتِيْ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN ZAUJATII FARDHOL LILLAATI TA'AALAA

Artinya :
Saya niat mengeluarkan zakat fitrah atas istri saya fardhu karena Allah Ta'ala

Niat Zakat Fitrah untuk Anak Laki-laki
Bagi orang tua yang memiliki seorang anak laki-laki yang masih bayi, balita dan/atau mungkin belum bisa membaca niat zakat fitrah, maka bisa diwakilkan kepada orang tuanya. Dan berikut adalah lafadz niatnya :

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ وَلَدِيْ... فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN WALADII (Sebutkan Nama Anaknya) FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA

Artinya :
Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas anak laki-laki saya (sebut namanya) Fardhu karena Allah Ta'ala

Niat Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan
Bagi orang tua yang memiliki seorang anak perempuan yang masih bayi, balita dan/atau mungkin belum bisa membaca niat zakat fitrah, maka bisa diwakilkan kepada orang tuanya. Dan berikut adalah lafadz niatnya :

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ بِنْتِيْ... فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN BINTII (Sebutkan Nama Anaknya) FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA

Artinya :
Sengaja saya mengeluarkan zakat fitrah atas anak perempuan saya (sebut namanya), fardhu karena Allah Ta'ala

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنِّىْ وَعَنْ جَمِيْعِ مَا يَلْزَمُنِىْ نَفَقَاتُهُمْ شَرْعًا فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'ANNII WA'AN JAMII'I MAA YALZAMUNII NAFAQOOTUHUM SYAR'AN FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA

Artinya :
Saya niat mengeluarkan zakat atas diri saya dan atas sekalian yang saya diwajibkan memberi nafkah pada mereka secara syariat, fardhu karena Allah Ta'ala.

Niat Zakat Fitrah untuk Orang yang Diwakilkan

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ (…..) فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU AN UKHRIJA ZAKAATAL FITHRI 'AN (Sebutkan nama orangnya) FARDHOL LILLAAHI TA'AALAA

Artinya :
Niat saya mengeluarkan zakat fitrah atas... (sebut nama orangnya), Fardhu karena Allah Ta'ala

Namun jika anda kesulitan dalam membaca dan menghafalkan Bacaan Niat Zakat Fitrah di atas maka anda bisa menggunakan niat dengan Bahasa Indonesia atau cukup dengan Bismillah karena Zakat Fitrah yang paling penting ialah keikhlasan kita dalam memberikan, mengeluarkan dan membayar Zakat Fitrah kita tersebut.

Kemudian yang terakhir ialah Syarat Wajib Zakat Fitrah yang antara lain orang Islam (Muslim), Merdeka yang artinya bukan budak atau hamba sahaya, punya kelebihan harta atau makanan yang diperlukan untuk dirinya di hari raya maupun malam hari raya, dibayarkan saat masuk waktu wajib mengeluarkan Zakat Fitrah (di Bulan Ramadhan)

Demikian semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Aamiin...


#HukumZakatFitrah #KeistimewaanZakatFitrah #KeutamaanZakatFitrah
Title Tags Search:
See Also:
Tips Agar Terhindar Dari Makanan Haram - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Sebagai orang Islam, alangkah baiknya kalau kita bisa menghindari makanan-makanan yang haram. Lalu caranya menghindari makanan yang haram itu bagaimana? Mari kita simak, seperti uraian yang di tuitkan ... Read More »
Dari Dasar Inilah Mengapa Pemimpin Umat Islam Harus Muslim - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Ngomong-ngomong soal pemimpin, ini memang saat yang tepat untuk membicarakannya. Karena pas pada tanggal 09 Desember 2015 ini, di Indonesia sedang di adakan PILKADA serentak.

Sebagian orang Islam m ... Read More »
Masih Ingatkah Hari Saat Kita Meminta Dan Allah Mengabulkannya - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Bismillah....
Masih ingatkah permohonan yang pernah kita pinta padaNya..
Dalam sujud yang tak istimewa.
Dalam sholat yang biasa saja,
dalam doa yang cuma seada-adanya.. .
Meminta berbagai hal kepe ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share