AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Sat, 23 March 2019 - 20:14:05
Random News
Lagi-lagi tentang jerawat. Jerawat memang merupakan permasalahan kulit yang jadi momok serius yang d ... Read More »
Published: Mon, 16 May 2016 - 10:19:28
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 9/40901
Comments: 0/4
Ini Dia Cara Agar Betah Melek Atau Begadang Tanpa Minum Kopi

Ini Dia Cara Agar Betah Melek Atau Begadang Tanpa Minum Kopi - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Terkadang kita harus melek, tidak mengantuk ataupun begadang di malam hari, mungkin karena kerja atau ada sesuatu kegiatan tertentu. Pada umumnya, orang akan minum kopi, biar kuat melek atau begadang. Kopi memang telah menjadi budaya dan gaya hidup manusia. Jutaan orang memulai harinya dengan secangkir kopi panas untuk membantu menyingkirkan rasa kantuk di pagi hari. Banyak juga yang meminum kopi di siang hari agar tetap segar bekerja.

Namun walaupun kafein memang mempunyai manfaat, tidak bisa dipungkiri, minuman ini pun punya sisi negatif. Mengkonsumi kopi secara rutin setiap hari bisa menyebabkan meningkatkan tekanan darah, dan membuat detak jantung menjadi tidak biasa, karenanya akan lebih baik jika Anda bisa terjaga tanpa bantuan minuman berkafein ini.

Dilansir dari Times of India, berikut beberapa tips untuk membuat Anda tetap terjaga tanpa kopi:

1. Perbanyak frekuensi makan dengan mengurangi porsinya

Sebuah studi yang dikeluarkan oleh American Dietic Association mengungkapkan bahwa memakan makanan dengan porsi kecil namun sering bisa membantu meningkatkan energi tubuh dengan suplai vitamin dan mineral untuk tubuh. Pakar kesehatan percaya bahwa jeda waktu makan yang terlalu jauh dapat menurunkan tingkat gula darah ditubuh yang sangat berpengaruh kepada energi.

British Medical Journal merekomendasikan 6 kali makan sehari dengan porsi kecil dapat menjaga tingkat kolesterol tubuh.

2. Kurangi konsumsi daging

Apakah Anda tahu bahwa mencerna daging dapat menghabiskan energi Anda? Ini disebabkan karena daging mengadung protein yang sangat tinggi, dan relative mengandung lemak lebih tinggi untuk dicerna, terlebih jika daging tersebut dimasak secara baik. Lebih lagi, kandungan hormone dan pestisida tertentu dalam daging bisa mempengaruhi tingkat energi tubuh. Namun hal ini bukan berarti Anda tidak boleh memakan daging sama sekali.

3. Hindari Cemilan Manis Disore Hari

Untuk mencegah letih dan tetap berenergi tanpa harus memanjakan diri dengansegelas kopi, adalah penting untuk menghindari segala macam bentuk godaan makanan manis. Ketika sore hari adalah waktu dimana tubuh sedang mengalami penurunan kadar gula darah. Biasanya, pada waktu-waktu inilah kita mencari makanan untuk menambah energi, dan mengkonsumsi makanan manis sangat menyenangkan diwaktu sore hari. Cobalah untuk mengatasi godaan ini, karena gula bisa menurunkan tingkat energi Anda.

4. Perbanyak konsumsi gandum

Kebanyakan orang memilih kopi dan produk mengandung kafein lainnya untuk meningkatkan energi. Namun hal yang patut diingat adalah, energi yang didapat hanya berefek sebentar, dan akan kebanyakan diikuti rasa lebih lelah dibanding sebelumnya. Disinilah gandum akan menyelamatkan Anda. Makanan ini sangat bermanfaat untuk menstabilkan energi Anda sepanjang hari.

5. Minumlah air yang cukup

Lebih dari 2/3 tubuh manusia adalah cairan. Tubuh membutuhkan cairan untuk menjaga fungsi tubuh dengan baik, seperti menjaga suhu tubuh, dan melancarkan pencernaan. Karena itu sangat disarankan utnk mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup untuk mengoptimalkan fungsi tubuh.

6. Makan buah ketika perut kosong

Memakan apel atau jeruk ketika perut Anda sedang kosong adalah cara terbaik untuk menghilangkan rasa kantuk dan memperoleh energi. Sifat alkali dari makanan ini dapat memberikan asupan energi untuk tubuh. Cobalah untuk mengkonsumsi keedua buah ini elbih sering, daripada mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan asam.

7. Konsumsi makanan rendah glycemic

Makanan rendah glycemic seperti sayur-sayuran, gandum utuh, dan sebagian buah merupakan makanan yang harus dikomsumsi untuk mencegah kelesuan dipagi hari. Dibandingkan dengan mengkonsumsi kopi dipagi hari, cobalah untuk memulai rutinitas sehat dengan mengkonsumsi makanan-makan tersebut dalam jumlah kecil sebelum tidur dimalam hari.


Sumber Referensi : liputan6.com

Semoga bermanfaat.
----------
#cara-kuat-melek-malam
#obat-ngantuk-tradisional
#mantra-kuat-melek
#obat-ngantuk-selain-kopi
#minuman-penghilang-kantuk-selain-kopi
Title Tags Search:
See Also:
Cara Mudah Dan Sederhana Cek Kesehatan Jantung Anda - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Ternyata ada cara termudah dan sederhana untuk tes atau cek kesehatan jantung anda. Cara ini bisa anda lakukan sendiri. Untuk mengetahui kerja jantung masih bagus atau tidak, menurut beberapa peneliti ... Read More »
Bahaya Jika Kurang Minum Air - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Manusia lebih kuat menahan lapar daripada haus atau dahaga. Mengapa? Karena tubuh akan cepat lemah atau dehidrasi dengan berkurangnya cairan, yang mana cairan dalam tubuh tidak tersedia banyak. Berbed ... Read More »
Tentang Perbedaan Penyakit Kista Dan Penyakit Miom - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Penyakit Kista dan penyakit Miom adalah salah satu jenis tumor jinak yang menyerang organ reproduksi perempuan. Penyakit Kista dan Miom sering kali dianggap sama, padahal keduanya memiliki perbedaan y ... Read More »
Comment: (4)