AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Fri, 26 April 2019 - 09:17:02
Random News
Mungkin ini adalah hal menarik yang lepas dari pengamatan anda pas waktu kemarin mudik lebaran, teru ... Read More »
Published: Fri, 09 Jun 2017 - 10:33:01
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 2/1051
Comments: 0/0
Selain Karena Ajaran Agama, Inilah Manfaat KHITAN Untuk Kesehatan

Selain Karena Ajaran Agama, Inilah Manfaat KHITAN Untuk Kesehatan - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Khitan atau Sunat merupakan salah satu ajaran yang telah diterapkan dalam Islam, baik bagi laki-laki maupun perempuan, karena khitan memiliki fungsi dan manfaat yang sangat penting bagi kepentingan syiar Islam. Khitan bertujuan untuk kesehatan jasmani dan rohani. Selain itu, khitan juga dianggap sebagai salah satu media penyucian diri dan bukti ketundukan seseorang kepada ajaran agamanya.

Rasulullah SAW bersabda, "Kesucian (fitrah) itu ada lima: khitan, mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, memendekkan kumis, dan memotong kuku." (HR Bukhari Muslim).

Melalui khitan, seorang anak sejak dini diajarkan mengenai pentingnya kesehatan dan kebersihan badan, terutama alat kelaminnya. Bagi laki-laki, khitan berfungsi untuk mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat sahnya ibadah, khususnya yang berkaitan dengan kotoran air kencing. Dari sudut pandang medis, seperti yang diungkapkan para ahli kedokteran, khitan mempunyai faedah bagi kesehatan karena membuang anggota tubuh yang menjadi tempat persembunyian kotoran, virus, bakteri, dan bau yang tidak sedap.

Air kencing mengandung semua unsur tersebut. Ketika air seni keluar melewati kulit yang menutupi alat kelamin, endapan kotoran yang biasa disebut smegma ini sebagian tertahan oleh kulit tersebut. Semakin lama, endapan tersebut akan semakin banyak. Bisa dibayangkan berapa lama seseorang membuang air kencingnya dalam sehari dan berapa banyak endapan yang disimpan oleh kulit penutup kelamin dalam setahun. Karena itu, bila tidak dibersihkan, endapan kotoran yang tertahan itu dapat menyebabkan infeksi pada penis serta kanker leher rahim pada perempuan yang disetubuhinya.

Kesimpulan menurut berbagai penelitian, Khitan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mencegah infeksi dan mengurangi resiko tertular dan menyebarkan infeksi penyakit menular seperti HIV-AIDS.

2. Alat kelamin pria dilewati saluran urine/kencing dimana terdapat kuman atau kotoran yang terbawa saat buang air kecil yang terkumpul/menumpuk dibawah kulit pada kepala penis yang
bisa menyebabkan kuman tinggal dan berkembang disana.

3. Menurut penelitian pada orang yang tidak disunat lebih besar resikonya timbuk infeksi yang berakibat pada terjangkitnya berbagai penyakit diantaranya yang paling menghawatirkan adalah Kanker Penis.

4. Selain mengurangi risiko tertular HIV melalui hubungan seks, pria yang disunat juga jauh dari risiko terkena virus human pappiloma virus (HPV), Virus ini juga merupakan penyebab penyakit Kanker Serviks (leher rahim) pada wanita.



Sumber referensi: berbagai sumber di FB

Semoga bermanfaat.
----------
#manfaat-khitan-bagi-perempuan
#kerugian-sunat
#manfaat-khitan-menurut-islam
#manfaat-sunat-bagi-pria-dewasa
#khitan-menurut-islam-dan-kesehatan
Title Tags Search:
See Also:
Bahaya Ketergantungan Memakai Botol Susu Atau Dot Pada Bayi - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Sudah jadi kebiasaan beberapa orang tua memakai botol dot saat memberi air susu ibu (ASI) perah atau susu pada bayinya, dalam jangka yang lama. Sayang, di beberapa kasus si kecil jadi tergantung pada ... Read More »
Konsumsi Makanan Ini, Agar Kesehatan Gigi Anak Anda Terjaga - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Menjaga kesehatan gigi, tidak semata-mata membersihkan gigi pagi dan malam dari kotoran sisa makanan yang menempel pada gigi anak dengan cara menyikatnya, namun orangtua juga harus menjaga kesehatan g ... Read More »
Inilah Beberapa Manfaat Kedondong Untuk Kesehatan Dan Pengobatan - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Kedondong banyak tumbuh di daerah tropis, termasuk Indonesia. Buah kedondong ini rasanya masam, dapat dimakan langsung dalam kondisi segar, atau sering pula diolah menjadi rujak, asinan, acar atau dij ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 66632
Bookmark and Share