AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Fri, 17 August 2018 - 19:42:16
Random News
Sebagai salam pembuka surat ini, ijinkan saya mengucapkan selamat kepadamu, bu. Selamat telah menjad ... Read More »
Published: Tue, 07 Mar 2017 - 01:27:08
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 3/1662
Comments: 0/0
Tentang Apa Itu Penyakit Roseola Pada Anak Kecil

Tentang Apa Itu Penyakit Roseola Pada Anak Kecil - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Penyakit Roseola ( juga dikenal dengan istilah penyakit Keenam, Exanthem Subitum dan Roseola Infantum ) merupakan infeksi dari Virus penyebab Roseola pada bayi dan anak, yang umumnya terjadi pada usia antara 6 bulan sampai dengan 2 tahun. Penyakit ini biasanya ditandai dengan demam tinggi selama beberapa hari, yang kemudian diikuti dengan munculnya bercak kemerahan atau ruam merah (rash) setelah demamnya turun.

Dua virus yang umumnya menjadi menyebab Roseola adalah virus human herpesvirus (HHV – virus herpes manusia) tipe 6 dan tipe 7. Kedua virus ini merupakan jenis yang sama (1 family), yang lebih dikenal dengan nama herpes simplex viruses (HSV), namun HHV-6 dan HHV-7 tidak menyebabkan nyeri demam dan infeksi herpes pada alat kelamin seperti yang disebabkan oleh HSV.

TANDA DAN GEJALA

Umumnya diawali dengan gangguan ringan pada saluran pernapasan atas, diikuti dengan demam tinggi (hingga mencapai lebih dari 39.5° C) selama sekitar 1 minggu. Selama demam, anak akan terlihat rewel, selera makan menurun, dan adanya pembengkakan kelenjar limfe di leher.

Seringkali demam tinggi tiba-tiba menurun, dan pada waktu yang bersamaan muncul bercak kemerahan di dada atau punggung yang kemudian menyebar ke seluruh tubuh. Bercak merah ini akan berubah menjadi putih bila disentuh, dan ada juga sejumlah bintik kemerahan dengan warna kemerahan yang lebih muda. Ruam ini biasanya menyebar ke daerah leher, wajah, lengan, dan kaki.

Demam yang mendadak tinggi pada Roseola ini kadangkala memicu febrile seizures (kejang akibat demam tinggi), terjadi pada sekitar 10% – 15% anak yang terkena Roseola.

Tanda-tanda munculnya kejang demam ini antara lain:

- Tidak sadarkan diri.
- 2 – 3 menit kejang pada lengan, kaki, atau wajah.
- Kehilangan kemampuan mengendalikan rasa ingin buang air kecil.

PENULARAN

Roseola merupakan penyakit yang mudah menular di mana penyebarannya terjadi akibat kontak langsung dengan orang yang sedang terkena penyakit ini (dari ingus atau lendir dahak). Cairan tersebar ketika penderita berbicara, tertawa, bersin, atau batuk. Orang lain yang sehat menghirup atau menyentuh cairan tersebut dan kemudian menyentuh hidung atau mulut mereka sendiri sehingga tertular.

Virus yang menyebabkan Roseola tidak disebarkan oleh anak yang sudah menunjukkan gejala penyakit ini, tapi oleh anak yang sebenarnya sudah terinfeksi, namun belum terlihat sakit.

PENCEGAHAN

Belum ditemukan cara yang efektif untuk mencegah penularan Roseola. Karena biasanya penyakit ini menyerang anak-anak, muncul pemikiran bahwa bila seorang anak sudah terkena penyakit ini maka ia akan kebal terhadap penyakit ini di kemudian hari. Kemungkinan seseorang terkena Roseola walaupun sudah pernah terjangkit sebelumnya masih bisa terjadi, namun hal ini tidak umum.

PENGOBATAN PROFESIONAL (DOKTER)

Untuk menegakkan diagnosis, dokter akan mengkaji riwayat penyakit anak dan melakukan pemeriksaan fisik menyeluruh. Diagnosis Roseola seringkali baru bisa ditentukan setelah demam turun dan bercak merah muncul, sehingga dokter mungkin akan memberikan beberapa tes untuk meyakinkan bahwa demam ini tidak disebabkan oleh infeksi lainnya.

Roseola biasanya tidak membutuhkan pengobatan khusus. Pengobatan biasanya ditujukan untuk menurunkan demam tingginya. Pemberian antibiotik tidak menyembuhkan Roseola, karena Roseola disebabkan oleh virus, dan bukan bakteri.

PENGOBATAN DI RUMAH (HOME TREATMENT)

Selama demam tinggi, Anda dapat membuat anak Anda nyaman dengan menggunakan spons atau handuk yang direndam dalam air hangat. Jangan menggunakan es, air dingin, alkohol, atau mandi air dingin. Acetaminophen (seperti Tylenol) atau ibuprofen (seperti Advil atau Motrin) dapat membantu menurunkan panas anak Anda. Jangan memberikan aspirin pada anak yang terkena infeksi virus karena pemberian aspirin pada anak bisa menyebabkan Reye Syndrome, yang bisa berakibat gagal ginjal dan kematian.

Untuk mencegah dehidrasi akibat demam tinggi, upayakan agar anak Anda mengkonsumsi banyak cairan seperti air putih dengan es batu, cairan pengganti ion tubuh untuk anak, minuman soda seperti ginger ale atau lemon-lime (simpan dulu di dalam suhu ruangan sampai buih menghilang), atau air kaldu. Bila anak Anda masih menyusui, pemberian ASI juga bisa membantu mencegah dehidrasi.

Segera hubungi dokter bila anak Anda sangat lemas atau tidak mau minum atau bila Anda tidak bisa menurunkan panas demamnya. Bila anak Anda terkena kejang, segera bawa ke Unit Gawat Darurat.



Sumber refernsi: fb Grosir Mainan Edukatif

Semoga bermanfaat.
----------
#cara-mengobati-roseola-infantum-pada-bayi
#virus-roseola-pada-ibu-hamil
#roseola-infantum-pada-orang-dewasa
#bahaya-roseola-infantum
#roseola-infantum-bolehkah-mandi
Title Tags Search:
See Also:
Aneka Manfaat Bawang Dayak - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Bawang yang pada umumnya digunakan sebagai bumbu masakan, ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan. Banyak berbagai jenis bawang, ada bawang merah, putih, lokal maupun impor. Tapi kali ini kita akan ... Read More »
Awas Berbahaya, Jika Anda Mengabaikan 4 Rasa Sakit Ini! - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Terkadang kita tidak terlalu mempedulikan rasa sakit di tubuh, karena dianggap sakit biasa. Padahal, sebenarnya itu bisa berbahaya dan rasa sakit di bagian tubuh tertentu itu sebenarnya merupakan tand ... Read More »
Waspadai Penyebab Dan Gejala Kanker Ovarium (Ovarian Cancer) - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Kanker Ovarium (Ovarian Cancer) atau disebut juga sebagai kanker indung telur merupakan salah satu tumor yang paling sering ditemukan pada organ reproduksi wanita. Dikarenakan jaringan di dalam ovariu ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 81225
Bookmark and Share