AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Tue, 21 May 2019 - 15:59:18
Random News
Didalam rumah tangga, rejeki keluarga terutama rejeki dari sang suami bisa didatangkan oleh Allah, k ... Read More »
Published: Wed, 21 Jun 2017 - 06:35:50
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 6/3887
Comments: 0/0
Waspadai Penyebab Dan Gejala Kanker Ovarium (Ovarian Cancer)

Waspadai Penyebab Dan Gejala Kanker Ovarium (Ovarian Cancer) - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Kanker Ovarium (Ovarian Cancer) atau disebut juga sebagai kanker indung telur merupakan salah satu tumor yang paling sering ditemukan pada organ reproduksi wanita. Dikarenakan jaringan di dalam ovarium dan kompleksitas fungsi endokrin, sulit mendeteksi apakah tumor tersebut jinak atau ganas. Saat diagnosis, mayoritas sel kanker sudah menyebar ke organ disekitarnya.

Sudah menjadi ancaman serius buat kehidupan dan kesehatan para kaum wanita. Setelah ditemukan adanya kanker ovarium, sekitar 2/3 diantaranya sudah memasuki stadium lanjut. Setelah timbul penyakit, sedikit yang bisa hidup sampai 3 tahun. Semakin tua usianya, tingkat kematian kanker ovarium juga semakin tinggi.


Penyebab Kanker Ovarium

Penyebabnya belum diketahui sampai sekarang. Tapi wanita yang mempunyai beberapa faktor resiko dibawah ini, biasanya yang terkena penyakit kanker ovarium.

1. Faktor lingkungan

Tingkat kejadian kanker ovarium lebih tinggi di negara industri yang berkembang dan wanita dilapisan masyarakat atas, kemungkinan berhubungan dengan pola makan yang tinggi kolesterol. Selain itu, radiasi komputer, asbes dan talek dapat meningkatkan resiko terkena kanker ovarium. Merokok dan kurangnya vitamin A,C,E juga ada kaitannya.

2. Faktor endokrin

Kanker ovarium lebih banyak terjadi pada nulipara atau wanita steril. Kehamilan tampaknya memiliki efek melawan kanker ovarium. Menurut kedokteran, ovulasi yang setiap hari menyebabkan epitel ovarium rusak berulang kali, ada hubungannya dengan kanker ovarium. Selain itu, kanker payudara, kanker endometrium dan kanker ovarium mudah terjadi bersamaan. Ketiga penyakit ini mempunyai sifat ketergantungan terhadap endokrin.

3. Faktor genetik dan keluarga

Sekitar 20%-25% pasien kanker ovarium anggota keluarganya mengidap kanker.


Gejala Kanker Ovarium

Kanker ovarium terjadi pada wanita dengan disfungsi ovarium, seperti menstruasi tidak teratur, menopause dini, sering sakit mens, tidak dapat melahirkan, aborsi dan populasi sejarah keluarga.

Pada stadium awal tidak memberikan gejala yang khas pada umumnya penyakit kanker sehingga sering kali pasien datang pada stadium lanjut.

Beberapa gejala yang perlu di waspadai :

1. Keluhan saluran pencernaan spt kembung, mual, tidak ada nafsu makan
2. Rasa tidak nyaman atau sakit di bagian perut dan pinggang
3. Pendarahan pada Vagina
4. Berat badan turun tanpa jelas
5. Sering merasa letih tanpa sebab jelas
6. Hilang nafsu makan dalam jangka waktu yang panjang.

Gejala pada stadium lanjut dapat berupa perut membuncit dengan adanya cairan di dalam rongga abdomen.

Perlu diingat gejala tersebut bukan gejala spesifik / khas untuk kanker Ovarium. Namun bila mengalaminya sebaiknya segera periksakan diri anda ke dokter.



Semoga bermanfaat.
----------
#penyebab-kanker-ovarium
#kanker-ovarium-stadium-4-bisa-sembuh
#kanker-ovarium-pdf
#gambar-kanker-ovarium
#penyebab-kanker-ovarium-dan-pencegahannya
Title Tags Search:
See Also:
Jika Anak Anda Terlambat Berjalan, Mungkin Ini Penyebabnya - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Orang tua pasti kawatir dan bertanya-tanya, mengapa si kecil terlambat berjalan? Sebagai orangtua, pastinya akan mulai cemas saat anak kita terlihat terlambat berjalan dibandingkan teman-teman sebayan ... Read More »
Sejuta Manfaat Buah Dan Daun Sirsak Yang Wajib Anda Ketahui - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Sebagaimana kita ketahui selama ini bahwa kanker hanya bisa diobati dengan terapi kemo. Namun tampaknya persepsi ini harus dihapus dan dibuang sejauh-jauhnya. Kenapa? Karena sebenarnya ada obat alami ... Read More »
Tips Cara Mudah Mengecilkan Pinggul Yang Melebar - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Pinggul melebar, paling sering di alami oleh wanita. Terutama para wanita yang habis melahirkan. Dan kita sering mendengar orang berkata "Aduh, kamu koq kelihatan gendut sekali apalagi dibagian pinggu ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 88103
Bookmark and Share