AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Thu, 24 January 2019 - 07:51:21
Random News
Anda tahu cegukan? Atau mungkin anda pernah mengalami cegukan? Ya, Cegukan pada umumnya terjadi kare ... Read More »
Published: Thu, 21 May 2015 - 08:03:30
Last Modified: Sun, 24 May 2015 - 07:30:43
Category: Wisata
By: AnekaNews.net
Hits: 3/3533
Comments: 0/0
Beberapa Tempat Wisata Di Solo Jawa Tengah

Beberapa Tempat Wisata Di Solo Jawa Tengah - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Kota Solo atau Surakarta merupakan Kota Budaya Jawa kedua setelah Yogyakarta. Anda ingin tahu tempat untuk berlibur dan berwisata di kota Solo ini?

Saat hari Minggu atau hari libur lainnya, merupakan saat yang tepat untuk berwisata atau tamasya. Ini ada beberapa tempat untuk berwisata ketika anda ada atau akan ke kota Solo Jawa Tengah.

1. Keraton Mangkunegaran Solo
Tempat ini adalah tujuan utama ketika anda di Solo. Keraton Mangkunegaran memiliki halaman besar yang juga disebut Pamedan Mangkunegaran. Pada halaman ini, sering diselenggarakan acara-acara besar dengan skala internasional seperti WHC (World Heritage Centre), SIEM (Solo International Ethnic Music), dan SIPA (Solo International Performance Art). Di bagian timur Pamedan, adasebuah gedung Kalvalleri. Yang dulunya gedung ini adalah markas bagi para prajurit.

2. Keraton Surakarta
Tempat ini bisa jadi tujuan kedua. Kraton Surakarta merupakan pusat kebudayaan Kota Solo dan dibuka untuk umum setiap harinya. Di dalamnya ada sebuah museum yang berisikan barang-barang keraton. Ada peralatan perang, pakaian raja-raja terdahulu, kereta kuda, miniatur bangunan, dan lain sebagainya. Di sini juga terdapat 77 pohon sawo kecik yang memiliki filosofi sendiri. Di dalam halaman juga terdapat sebuah pendapa yang biasanya difungsikan untuk acara keraton seperti jumenengan atau memberikan gelar pada kaum bangsawan, disini juga terdapat sebuah menara dengan tinggi 9 meter yang katanya di menara inilah tempat Sri Pakubuwono (Raja) bertemu dengan permaisurinya, Nyai Roro Kidul. Menurut sejarah, di menara ini ada terowongan yang berujung di laut selatan.

3. Taman Sriwedari
Ini adalah wisata seni di kota Solo terutama pada malam hari. Taman Sriwedari adalah sebuah taman di Kecamatan Lawiyan yang indentik dengan unsur sejarah. Dahulu kala, Taman Sriwedari dibuat untuk tempat rekreasi keluarga kerajaan. Sekarang ini, Taman Sriwedari adalah salah satu tempat wisata di Solo yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu, di lokasi ini juga terdapat Gedung Wayang Orang Sriwedari yang mempertunjukan kesenian wayang dengan tema cerita Mahabarata dan Ramayana.

4. Taman Balekambang
Tempat ini merupakan tempat wisata untuk bersantai. Taman Balekambang adalah tempat wisata di Solo yang sering digunakan untuk mengisi waktu liburan. Taman Balekambang yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani ini memiliki luas sekitar 10 hektar. Taman Balekambang dibagi menjadi dua bagian, yaitu Taman Air Partini yang digunakan untuk permainan perahu, dan Hutan Partinah yang mempunyai koleksi berbagai jenis tanaman langka. Taman Balekambang mulai difungsikan sebagai taman rekreasi dan edukasi sejak tahun 2008.

5. Tugu Lilin
Tempat ini salah satu tempat bersejarah di kota Solo. Tugu Lilin adalah sebuah monumen peringatan 25 tahun berdirinya Boedi Oetomo. Dengan bentuk uniknya yang menyerupai sebuah lilin menyala, Tugu Lilin melambangkan pengabdian dan semangat perjuangan bangsa Indonesia yang berapi-api memperjuangkan kemerdekaan. Dengan bentuknya yang unik, Tugu Lilin yang berlokasi di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo sangat cocok untuk wisatawan yang ingin berfoto-foto di tempat unik yang ada di Solo.


Sebenarnya masih banyak sekali tempat wisata di kota Solo, wisata sejarah, wisata alami, wisata belanja maupun wisata kuliner.
Mungkin lain waktu bisa di lanjutkan lagi. :D Hehe...


Semoga bermanfaat.
----------
#daftar-tempat-wisata-di-solo
#tempat-wisata-pantai-di-jawa-tengah
#peta-wisata-solo
#tempat-wisata-di-jawa-timur
#tempat-wisata-alam-di-solo-dan-sekitarnya
Title Tags Search:
See Also:
Keunikan Kampung Bena Di Nusa Tenggara Timur - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Kampung Bena, yang terletak sekitar 22 kilometer sebelah selatan Kota Bajawa, Ibukota Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Di Kampung Bena, waktu seolah berhenti. Karena kampung ini sama se ... Read More »
Surga Di Kepulauan Raja Ampat Papua - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Kali ini kita bahas tempat wisata bagian Indonesia Timur, yaitu Kepulauan Raja Ampat, Papua. Kepulauan ini tepatnya terletak di bagian barat Pulau Papua dan masuk dalam wilayah Provinsi Papua Barat. K ... Read More »
Menikmati Keindahan Obyek Wisata Taman Ujung Kulon Banten - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Berwisata ke Taman Nasional Ujung Kulon memang benar-benar menikmati sebuah kawasan yang masih asli. Tidak ada pemukiman penduduk apalagi warung makanan yang umumnya betebaran di kawasan wisata. Jadi ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share