AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Wed, 29 March 2017 - 02:38:18
Random News
Manusia lebih kuat menahan lapar daripada haus atau dahaga. Mengapa? Karena tubuh akan cepat lemah a ... Read More »
Published: Thu, 17 Mar 2016 - 04:46:51
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 2/34805
Comments: 0/70
Awas Bahaya Menggerakkan Leher Sampai Berbunyi KREK

Awas Bahaya Menggerakkan Leher Sampai Berbunyi KREK - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Terkadang saat leher terasa pegal, banyak orang menggerakkan lehernya sampai berbunyi "krek" atau "kretek". Dan ternyata kebiasaan ini sangatlah berbahaya. Memang, saat otot-otot leher terasa tegang dan kaku, menggeretakkannya, bisa membuatnya terasa ringan. Tapi, jangan pernah lakukan itu pada bagian leher. Karena leher memiliki struktur anatomi yang kompleks, areanya sempit, dan fungsinya vital.

Menurut penjelasan Dr.Wawan Mulyawan, spesialis bedah saraf, Sp.KP, di dalam leher terdapat beragam organ yang penting fungsinya.

"Misalnya di bagian depan ada kelenjar tiroid yang menyimpan hormon tiroid yang penting dalam metabolisme tubuh. Masih ada lagi esofagus atau trakea yang merupakan saluran masuk udara untuk pernapasan," kata Wawan.

Selain itu, di leher juga terdapat pembuluh darah utama ke otak. Makin ke belakang, terdapat struktur tulang belakang yang di dalamnya ada sumsum tulang belakang dan pembuluh darah ke otak.

"Semua organ-organ itu punya fungsi yang demikian penting. Tak salah kalau ada yang menyebut leher adalah jembatan kehidupan antara kepala dan tubuh bagian bawah," ujarnya.

Mengingat pentingnya organ-organ yang ada di leher, Wawan menyebutkan manipulasi atau menggerakkan leher secara berlebihan dapat berakibat fatal.

Ia menjelaskan, jika tulang leher patah, retak, atau dislokasi, maka tulang leher menjadi tidak stabil dan mebuat sumsum tulang di dalamnya tercederai.

"Yang tersering bukan patah, tetapi dislokasi atau melejitnya sendi yang menghubungkan antar tulang leher," papar dokter yang memiliki kompetensi di bidang tulang belakang ini.

Ada 7 ruas tulang leher dan masing-masing ruas dihubungkan oleh dua macam sendi, yakni bantalan tulang (diskus) dan sendi penyangga kiri dan kanan (prosesus artikularis superior dan prosesus artikukaris inferor, atau disebut juga facet).

Jika tulang dan sendinya melejit, maka hubungan persendian leher dan ruas tulang lehernya menjadi tidak stabil dan mencederai sumsum tulang belakang di dalamnya dan selanjutnya terjadilah kejadian fatal yang bisa sampai menimbulkan kematian.
Apalagi jika tulang leher sampai patah, tentu instabilitas itu menjadi lebih parah lagi dan bisa menimbulkan kematian yang lebih cepat lagi. Diitambah lagi robeknya pembuluh darah arteri vertebralis akibat tergores tulang leher yang patah itu.

Bunyi "krek"
Bila kita menggerakkan sendi leher sampai berbunyi "krek" menunjukkan telah terjadi manipulasi pergerakan sendi secara berlebihan.

"Bunyi krek itu tampaknya memang tidak terjadi dislokasi atau patah tulang leher, namun sebetulnya dengan makin sering digerakkan berlebihan, maka sendi lehernya bisa makin lemah dan menyebabkan tulang leher tidak stabil. Semakin bertambah usia akan muncul keluhan nyeri leher kronis," katanya.

Pada kasus yang menimpa Allya Siska, menurut Wawan pergerakan sendi leher yang berlebihan yang dilakukan terapisnya juga diikuti dengan dislokasi tulang dan sendi lehernya. "Bahkan mungkin terjadi retakan tulang belakang leher," imbuhnya.

Wawan menyarankan agar tidak menggerakkan leher secara berlebihan, baik oleh diri sendiri, tukang cukur, tukang pijat, bahkan oleh orang yang mengaku profesional dan mempunyai sertifikat khusus itu.

"Untuk masalah nyeri leher, punggung, atau nyeri pinggang, datanglah ke ahli profesional yang terdidik di rumah sakit, seperti spesialis saraf, bedah saraf, dokter ortopedi, dokter fisik dan rehabilitasi, bahkan tidak ada salahnya ke dokter umum atau fisioterpi," sarannya.


Sumber Referensi : tribunnews.com

Semoga bermanfaat.
----------
#tulang-berbunyi-ketika-bergerak
#penyebab-tulang-bunyi-kretek
#penyebab-tulang-berbunyi-saat-digerakkan
#cara-mengobati-pengapuran-sendi
#
Title Tags Search:
See Also:
Ternyata Bayi Yang Teratur Mengkonsumsi Ikan, Akan Terlindung Dari Alergi - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Tahukah anda, Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa, bayi yang mengonsumsi ikan secara teratur pada usia satu tahun memiliki risiko terkena alergi lebih rendah ketika mereka tumbuh besar, dibandin ... Read More »
Menjaga Kesehatan Mata Hanya Dengan Air Wudhu - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Kita semua tentu ingin mempunyai mata yang sehat, jernih, tajam dll bahkan hingga tua (semoga kita semua diberi umur yang panjang... amin).
Nah mengenai kesehatan mata tadi secara tidak sengaja kami ... Read More »
Amankah Pendingin Udara Atau AC Buat Kamar Bayi - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Musim kemarau yang notaben tidak ada hujan, akan membuat udara menjadi panas. Tidak hanya di luar rumah, di dalam rumah pun akan terasa panas juga. Dan untuk mengurangi hawa panas tersebut beberapa or ... Read More »
Comment: (70)
http://4cnj9.8151.org/home.php?mod=space&uid=1128712&do=profile&from=space [Fri, 24 Mar 2017 - 13:40:50]
Mexa e experimente se está bom de sal (como creme de soja é algo adocicado,
talvez seja necessário alongar mais sal). http://4cnj9.8151.org/home.php?mod=space&uid=1128712&do=profile&from=space
Abe [Thu, 23 Mar 2017 - 19:25:39]
Alqays understand that value of diamond reduces as muh as ten percent due to lower clarity.
There's little else on the planet that will produce a giirl happier than the usual
shiny engagement ring. White gold iis considered the most popular oone thdn the yellow gold. http://simondrer025blog.thezenweb.com
praskopedia.org [Sun, 19 Mar 2017 - 07:44:01]
Nos salões a reposição proteica é possível que ser feita mediante nanoqueratinização, reestruturação,
cauterização ou plástica capilar. ; até podia servir de mercadoria, podendo ser trocado ou vendido, até podia treinar funções produtivas - podia trabalhar como colono, mineiro,
portador, artesão -, porém, em essência, era uma fonte de prestígio social e conseguir político para seu Acho
queratina tranquila de usar em mansão e também indispensável
para cabelos danificados, não sei porque as pessoas têm tanto medo dela. http://praskopedia.org/index.php?title=M%C3%A1scaras_Para_Cabelo_Hidrata%C3%A7%C3%A3o_Nutri%C3%A7%C3%A3o_E_Reconstru%C3%A7%C3%A3o
View All Comments
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 49750
Bookmark and Share