AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Indonesia, apa sii yang ngga ada, negeri yang cantik, kekayaan alam yang luar biasa, dan bahkan manu ... Read More »
Published: Sun, 15 Jan 2017 - 00:18:55
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.top
Hits: 862/917
Comments: 0/0
Cara Mudah Mendeteksi Penyakit Melalui Kondisi Kuku

Cara Mudah Mendeteksi Penyakit Melalui Kondisi Kuku - AnekaNews.net

AnekaNews.top - Cara Mudah Mendeteksi Penyakit Melalui Kondisi Kuku

Kesehatan itu datang dari berbagai faktor yang ada baik di dalam diri Anda maupun dari lingkungan sekitar. Tubuh kita akan selalu memberi tanda terhadap penyakit yang muncul seketika, misalnya sakit flu dan batuk dapat menyebabkan demam. Hal itu perlu Anda antisipasi dengan meminum obat demam.

Tak hanya itu, ada beberapa bagian tubuh yang dapat mendeteksi penyakit. Seperti dokter yang selalu menanyakan apa yang Anda rasakan. Gejala-gejala itulah yang akan membuat dokter tersebut mengambil sebuah keuputusan tentang jenis penyakit Anda. Bagian tubuh yang dapat mendeteksi penyakit adalah kuku. Kuku dapat menjadi alat deteksi bagi penyakit yang menyerang tubuh Anda.

Berikut ini akan disampaikan beberapa tanda-tanda kuku yang mengindikasikan sebuah penyakit, yakni :

1. Kuku Kasar

Jika Anda mempunyai permukaan kuku yang berkerut dan berbunyi jika diadu, maka hal itu merupakan tanda awal dari psoriasis atau inflamasi arthritis. Perubahan yang akan terjadi adalah warna kuku yang dapat terlihat merah kecokelatan. Segera cek warna kuku Anda, sehingga Anda dapat melakukan langkah selanjutnya.

2. Kuku Putih

Berbeda dengan kuku yang terlihat merah kecokelatan, kuku yang didominasi warna putih dengan pinggiran yang lebih gelap menjadi pertanda penyakit liver. Penyakit liver dengan warna kuku yang putih biasanya adalah jenis penyakit hepatitits. Penyakit liver juga ditandai dengan warna kuku yang kekuningan. Jadi, Anda harus waspada terhadap warna kuku yang diperlihatkan.

3. Kuku Kuning

Tanda umum jika kuku Anda berwarna kuning, maka terdapat infeksi jamur yang sedang menyerang. Yang harus Anda waspadai adalah ketika infeksi tersebut semakin parah, kuku akan menjadi seperti tertarik yang kemudian menebal dan rapuh. Di kasus yang lainnya, kuku kuning mengindikasikan penyakit paru, tiroid, diabetes atau psoriasis.

4. Kuku Kebiruan

Kuku kebiruan mengindikasikan bahwa tubuh Anda mengalami kekurangan oksigen. Hal tersebut dapat menandakan terjadinya penyakit seperti infeksi paru, seperti pneumonia. Selain itu kuku kebiruan juga bisa menandakan penyakit jantung.

5. Kuku Bengkak dan Terlipat

Jika kulit di sekitar kuku terlihat merah dan membengkak, hal tersebut menandakan adanya radang pada lipatan kuku. Gejala ini bisa terjadi akibat lupus atau kerusakan sambungan jaringan lainnya. Tidak hanya itu infeksi yang terjadi juga bisa menyebabkan kemerahan atau radang pada lipatan kuku.

6. Sering Mengigit Kuku

Kebiasaan mengigit kuku memang sering dianggap wajar. Padahal, hal tersebut jika dilakukan terus menerus mengindikasikan kegelisahan yang terus ada. Mengigit kuku bisa dihubungkan dengan perilaku obsesive-compulsive dan gangguan kejiwaan. Jadi, Anda sebaiknya mulai menghentikan kebiasaan tersebut dan segeralah berkonsultasi dengan dokter.

7. Garis Hitam Di Bawah Kuku

Garis hitam di bawah kuku mengindikasikan sebuah penyakit yang berbahaya yakni melanoma. Melanoma adalah jenis penyakit kanker kulit yang paling ganas. Sehingga, jika Anda merasakannya, sebaiknya Anda segera memeriksakannya ke dokter. Dengan begitu Anda akan mendapatkan penangan yang lebih lanjut beserta obat yang dapat menangkalnya.

8. Kuku Pucat

Kuku yang berwarna pucat atau cenderung berwarna putih terkadang berhubungan dengan penuaan. Selain itu, kuku pucat juga mengindikasikan empat penyakit seperti anemia, gagal jangtung, gizi buruk dan penyakit hati. Oleh karenanya, Anda harus segera memeriksakan kondisi tubuh Anda kepada dokter. Hal itu lebih baik karena Anda akan mendapatkan penanganan yang lebih cepat.


Sumber referensi : perempuan.com

Semoga bermanfaat.
----------
#kuku-bergaris-tanda-penyakit-apa
#cara-mengetahui-penyakit-dari-telapak-tangan
#deteksi-penyakit-lewat-kuku-jari-tangan
#kuku-jempol-kaki-menghitam
#warna-kuku-yang-sehat
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 36551
Bookmark and Share