AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Tue, 27 June 2017 - 05:33:47
Random News
USA atau Amerika Serikat (AS), telah menjadi satu-satunya negara yang dominan di muka bumi ini, sete ... Read More »
Published: Wed, 21 Oct 2015 - 05:48:41
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 5/18123
Comments: 0/0
Inilah Manfaat Kecambah Atau Tauge Untuk Kesehatan

Inilah Manfaat Kecambah Atau Tauge Untuk Kesehatan - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Tahukah anda dan siapa sangka, tanaman kecil yang sering diolah menjadi salah satu bahan dari pecel ini memiliki manfaat yang besar bagi tubuh kita. Kecambah adalah tumbuhan kecil yang baru tumbuh dari biji kacang-kacangan (terutama dari biji kacang hijau) yang disemaikan atau melalui perkecambahan. Nah, Kecambah yang dibuat dari biji kacang hijau itulah yang disebut Tauge.

Vitamin yang ditemukan dalam tauge adalah vitamin C, thiamin, riboflavin, niasin, asam pantothenik, vitamin B6, folat, kolin, β-karoten, vitamin A, vitamin E, dan vitamin K.

Mineral yang ditemukan dalam tauge adalah kalsium, besi, magnesium, fosfor, potasium, sodium, zinc, tembaga, mangan, dan selenium.

Asam amino esensial bermanfaat yang terkandung dalam tauge, antara lain: triptofan, treonin, fenilalanin, metionin, lisin, leusin, isoleusin, dan valin.

Kandungan vitamin E dinilai sebagai kandungan antioksidan yang paling besar kadarnya dalam tauge jika ditinjau dari efek antioksidan yang dapat ditimbulkannya. Vitamin E di alam yang terbanyak adalah dalam bentuk a-tokoferol dan bisa ditemukan dalam tauge. Senyawa a-tokoferol ini telah diketahui sebagai antioksidan yang mampu mempertahankan integritas membran sel. Senyawa ini juga dilaporkan bekerja sebagai scavenger atau penangkap radikal bebas.

Sebagai antioksidan, vitamin E berfungsi sebagai donor hidrogen yang mampu mengubah radikal peroksil menjadi radikal tokoferol yang kurang reaktif, sehingga tidak mampu merusak rantai asam lemak. Menurut Zakaria dalam Winarsi (2007), kandungan vitamin E dalam kecambah kacang hijau adalah 1,53 mg per 10 gr.

Tauge juga dikenal bagus untuk kesuburan, terutama bagi kaum pria. Kandungan selenium dalam tauge mampu memperbaiki dan menjaga kualitas sperma tetap sehat dan baik. Dengan semakin baiknya kualitas sperma pria maka angka kemandulan pada pria akan semakin menurun.

Nah, Terbukti kan bahwa tauge memiliki banyak kandungan zat gizi yang bermanfaat untuk tubuh kita. Jangan ragu lagi utk memilih olahan tauge sebagai salah satu hidangan favoritmu. :)

#Manfaat-Tauge


Sumber Referensi: akun twitter @ILMAGI
Title Tags Search:
See Also:
Hati-hati, Kandungan Make Up Ini Yang Membuat Jerawat Tambah Parah - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Kulit muka berjarawat, memang menjadi masalah paling besar bagi kebanyakan orang, terutama para wanita. Banyak wanita, menyiasati jerawat maupun bekas jerawat dengan memakai make up atau kosmetik yang ... Read More »
Hindari 10 Kebiasaan Buruk Ini, Karena Bisa Merusak Otak - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Tahukah anda, Otak merupakan struktur pusat pengaturan. Otak manusia memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, ger ... Read More »
Amankah Menggunakan Bedak Untuk Bayi? - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Sudah jadi kebiasaan para ibu, sehabis mandi bayi selalu di bedaki dengan bedak bayi (Talcum Powder). Talcum powder atau biasa dikenal dengan istilah talek atau bedak bayi terbuat dari partikel-partik ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share