AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Sun, 18 November 2018 - 02:53:01
Random News
You know, Proxy Server is a server that acts as an intermediary for requests from clients seeking re ... Read More »
Published: Tue, 12 Apr 2016 - 03:25:08
Category: Gaya Hidup
By: AnekaNews.net
Hits: 2/16085
Comments: 0/0
Tips Cara Sukses Menjadi Orang Tua Tunggal Atau Single Parent

Tips Cara Sukses Menjadi Orang Tua Tunggal Atau Single Parent - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Tahukah anda, kenyataan hidup itu terkadang tak selalu seperti yang kita inginkan. Tentu setiap orang menginginkan sebuah keluarga yang utuh, di mana anak-anak memiliki sepasang orangtua yang lengka, ayah dan ibu. Meskipun demikian, tak jarang kita harus menghadapi kenyataan seperti perceraian atau kehilangan pasangan hidup kita untuk selamanya yang membuat kita menjadi orangtua tunggal bagi buah hati kita. Seorang ayah bisa menjadi duda dan ibu bisa menjadi janda dengan masing-masing membawa anak, yang dinamakan orang tua tunggal atau single parent.

Menjadi orangtua tunggal tentu berbeda jauh dengan menjadi bagian dari orangtua itu sendiri. Kita tidak memiliki pasangan yang bisa diajak berbagi maupun berdiskusi untuk kebaikan keluarga.

Berat memang, namun menjadi orangtua tunggal bukanlah hal yang tak mungkin dilalui. Berikut kami berikan beberapa tips sukses menjadi orangtua tunggal sehingga kita pun mampu memiliki keluarga yang utuh, sama seperti keluarga kebanyakan lainnya.

1. Fokus pada Anak-anak

Awalnya memang terasa sulit menjalani hidup sebagai orangtua tunggal. Namun, kita harus ingat bahwa anak-anak merupakan prioritas utama kita. Jika kita terus-menerus dibayangi ketakutan atau trauma atas perceraian atau kematian pasangan kita, maka hal ini pun akan membayangi anak-anak kita.

Ingatlah bahwa anak-anak akan merefleksikan apa yang mereka lihat di diri orangtua mereka. Ketika mereka melihat orangtua mereka tidak bahagia, mereka pun akan terus diliputi kemurungan. Sebaliknya, bila mereka melihat orangtua mereka kuat, penuh semangat dan bahagia, maka mereka pun akan tumbuh menjadi anak-anak yang ceria.

2. Mencari Tahu Jati Diri

Menjadi orangtua tunggal merupakan saat yang tepat untuk mencari tahu jati diri. Mungkin selama ini kita tak terlalu memahami diri kita sendiri karena tergantung pada pasangan. Mungkin kita tidak akan menghabiskan Sabtu malam di luar bersama teman atau pasangan karena kita harus berada di rumah bersama anak-anak, maka carilah kegiatan yang sungguh-sungguh kita sukai yang bisa membuat kita lebih rileks, misalnya membaca buku, menonton film, atau mengajak anak-anak bermain.

3. Figur Orangtua yang Hilang

Kita harus ingat bahwa kita tak bisa selamanya menjalani fungsi sebagai ayah dan ibu bagi anak-anak kita. Maka dari itu, carilah figur orangtua (ayah/ibu) yang hilang dari anak-anak. Bukan berarti kita harus segera mencari pasangan hidup yang dapat melengkapi keluarga, tapi kita bisa mendapatkan figur yang hilang tersebut dari anggota keluarga lainnya, seperti kakak, adik, paman, sepupu, bahkan teman sendiri.

Sebagai seorang wanita, misalnya, kita bisa meminta kakak laki-laki kita untuk mengajak putra kita berkemah atau pergi memancing. Sebagai pria, kita pun dapat meminta sepupu perempuan untuk mengantar gadis cilik kita berbelanja baju.

4. Tunjukkan Cinta dan Perhatian

Jangan sungkan untuk menunjukkan rasa sayang dan perhatian kita pada anak-anak. Mereka perlu tahu bahwa mereka penting bagi kita dan kita membutuhkan mereka sama seperti mereka membutuhkan kita. Hujani mereka dengan ciuman dan pelukan hangat, serta sering-seringlah berucap, ‘Aku sayang kalian.’

5. Menerima Bantuan

Terkadang ego kita melarang kita untuk menerima uluran tangan orang lain. Kita percaya bahwa kita mampu mengurus keluarga dan anak-anak seorang diri. Meski demikian, kita harus ingat bahwa kita sendirian dan tak ada salahnya menerima bantuan orang lain. Siapa tahu mereka lebih berpengalaman. Kita tak pernah tahu apa yang akan kita hadapi ketika membesarkan anak-anak.

6. Atur Waktu Sebaik Mungkin

Buatlah jadwal untuk diri sendiri dan untuk anak-anak. Bayangkan bila kita masih harus bekerja, mengurus rumah, mengurus anak-anak, membayar tagihan, dan sebagainya. Tanpa jadwal, kita akan kerepotan. Dalam jadwal, fokuskan waktu untuk bersama anak-anak. Ingat, merekalah prioritas utama kita.

7. Mendukung Impian Anak-anak

Meskipun kita kurang menyetujui impian anak-anak kita, tetaplah mendukung mereka meraih impiannya. Mereka harus tahu bahwa kita selalu ada untuk mereka. Teruslah mendampingi anak-anak sehingga mereka merasa nyaman dan percaya diri.

8. Bersabar

Apa lagi yang dibutuhkan orangtua ketika membesarkan anak-anak? Kesabaran, tentu saja. Jika anak-anak masih balita, tentu kita harus ekstra bersabar melihat rumah yang berantakan, pakaian kotor yang menumpuk, dan sebagainya. Tanpa pasangan, kita harus membereskan semuanya seorang diri. Bersabarlah. Hanya itu yang kita butuhkan.

9. Menjadi Contoh Positif

Sebisa mungkin, usahakan untuk bisa selalu menjadi contoh positif bagi anak-anak. Jauhi hal-hal yang dapat membawa pengaruh buruk bagi mereka, seperti minuman keras, rokok, atau hal berbau kriminal. Terapkan disiplin, etika dan tata krama di diri mereka sehingga mereka pun mampu berperilaku baik, di dalam maupun di luar rumah.

10. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Setiap orang membutuhkan waktu untuk diri sendiri sehingga ia bisa menghimpun kembali semangat dan tenaganya. Tak perlu mahal. Kita bisa sekedar menikmati hangatnya air panas di bathup ketika mandi sambil mendengarkan musik favorit, atau menonton film kesukaan kita. Kita bisa melakukannya saat anak-anak sudah tertidur sehingga kita bisa sedikit bebas dari segala gangguan (teriakan, tangisan, dan sebagainya).



Sumber Referensi : informasitips.com

Semoga bermanfaat.
----------
#menjadi-single-parent-menurut-islam
#single-parent-adalah
#menjadi-single-parent-sukses
#kata-mutiara-single-parent
#menjadi-single-parent-yang-tangguh
Title Tags Search:
See Also:
Kisah Cinta Berujung Di Penjara - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Ini adalah kisah cinta seorang pria kepada seorang wanita pujaannya, tapi berujung si pria malah di penjara.
Lho kok bisa ya?

Kisah ini di ambil dr tweet akun @TM2000Semar , kami edit tata bahasa ... Read More »
Inilah Alasannya Kenapa Kita Dilarang Pacaran - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Kenapa kita di larang pacaran dan kenapa pacaran itu berbahaya? Bagi pasangan lelaki dan perempuan yang sedang pacaran atau bertunangan, inilah alasan dan sebab mengapa anda tak perlu bersentuhan deng ... Read More »
Ini 10 Kesalahan MakeUp Yang Membuat Anda Kelihatan Lebih Tua - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Hampis semua wanita pasti ingin terlihat lebih muda daripada usia sebenarnya, atau disebut awet muda meskipun usianya sudah matang atau dewasa. Karena itu, banyak perempuan yang mencoba segala macam k ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 29205
Bookmark and Share