AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Mon, 20 August 2018 - 02:54:13
Random News
Ini adalah malam yang paling diburu oleh umat muslim. Banyak yang berharap bisa berjumpa dengan mala ... Read More »
Published: Mon, 24 Oct 2016 - 02:43:19
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 1/4068
Comments: 0/1
Ini Dia Penyebab Kulit Menjadi Sensitif

Ini Dia Penyebab Kulit Menjadi Sensitif - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Kebanyakan kulit yang sensitif adalah bawaan dari sejak lahir, namun hal ini tidak terjadi pada semua orang. Sebagian orang memang dianugerahi kulit yang sesitif oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, namun sebagian lagi mendapatkan kulit yang sensitif tidak dari lahir namun “di tengah jalan”, yakni bukan dari sejah lahir. Hal ini menandakan bahwa kulit sensitif dapat disebabkan karena hal- hal tertentu. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Kering Pada Wajah)

Kulit sensitif seperti yang biasa kita sebutkan, sebenarnya merupakan keadaan yang disebabkan karena adanya kelenjar minyak yang keberadaannya tidak optimal, sehingga tidak bisa meproduksi minyak yang cukup untuk digunakan melembabkan kulit. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kulit berubah menjadi kulit yang sensitif. Beberpa hal yang dapat menyebabkan atau mengubah kulit kita menjadi kulit yang sensitif antara lain sebagai berikut: (Baca Juga: Cara Merawat Kulit Berminyak , Manfaat Menthol Untuk Wajah)

1. Adanya ketidak seimbangan hormon

Berbicara tentang masalah kulit dan berbagai macam permasalahannya, pasti kita akan menemukan bahwa hormon menjadi salah satu penyebab timbunya masalah tersebut. Tidak hanya menjadi penyebab kulit berminyak dan kering saja, namun hormon juga menjadi penyebab dari masalah kulit yang sensitif. Ya, hal ini karena memang hormon merupakan hal yang tersimpan di dalam kulit kita.(Baca Juga: Penyebab Kulit Berminyak Saat Bangun Tidur)

Gejala kulit sensitif ini merupakan sebuah gangguan yang dialami oleh kulit kita. dan gangguan seperti ini dapat disebabkan salah satunya oleh adanya ketidak seimbangan hormon. Ketidakseimbangan hormon ini lebih sering terjadi pada wanita daripada laki- laki. Beberapa kondisi yang banyak terjadi ketidakseimbangan hormon dan menyebabkan kulit mejadi sensitif adalah ibu yang hamil, saat stress, dan juga pada saat mengalami penuaan secara alami. Kondisi- kondisi seperti itu akan menyebabkan kulit senstif secara sendirinya. (Baca Juga: Manfaat Minyak Zaitun Untuk Rambut Anak)

2. Bahan kimia

Tanpa kita sadari, kita adalah pengguna bahan- bahan kimia untuk tubuh kita. setiap hari kita menggunakan make up, wewangian, dan bahkan bewarna (pewarna rambut, kulit, dan sebagainya) itu semua menggunakan bahan- bahan kimia. Terkadang bahan- bahan tersebut yang memberikan efek negatif pada tubuh kita, termasuk kulit kita. Penggunaan bahan- bahan kimia untuk tubuh sehari- hari dapat dengan mudah menjadikan kulit kita menjadi sensitif. Kulit akan kehilangan berbagai macam kemampuan untuk membuatnya tetap kuat karena pengaruh bahan- bahan kimia yang ada dalam berbagai macam produk yang dipakainya sehari- hari. Terlebih bagi produk yang pemakaiannya menyentuh kulit secara langsung.

3. Penggunaan kosmetik- kosmetik tertentu

Penggunaan kosmetik memnag tidak dapat dihindarkan dari yang namanya kaum wanita. Sebagian besar kaum wanita mulai usia remaja keatas sudah mengenal dan bahkan memakai yang nemanya kosmetik, entah itu komplit maupun hanya 1 atau dua jenis saja. Tahukah Anda bahwa setiap orang itu mempunyai jenis kulitnya masing- masing. Dalam pemilihan kosmetik pun harus tidak sembarangan, namun harus disesuaikan dengan kondisi kondisi kulot mereka. Jika pemilihan kosmetik salah, maka bukan suatu yang mengherankan apabila kulit mereka justru akan rusak. Ya, karena bahan kimia yang digunakan untuk emmbuat kosmetik akan mempercantik kulit (jika cocok dengan jenis kulit), dan bahkan akan merusak kulit (jika tidak cocok dengan jenis sulit). (Baca Juga: Bahaya Kandungan Paraben pada Kosmetik)

4. Perubahan cuaca atau fluktuasi suhu

Salah satu hal dari luar diri kita yang menyebabkan kulit kita menjadi sesnitif dari adalah adanya perubahan cuaca. Perubahan cuaca ini otomatis akan mendatangkan perubahan suhu udara yang ada. Suhu udara ini sagat erat kaitannya dengan kelembaban udara, suhu udar dan juga kelembaban udara adakah dua hal yang dapat mempengaruhi tingkat sebum atau minyak alami yang dapat menyebabkan terjadinya sensitivitas pada kulit kita. (Baca Juga: Cara Mengatasi Rambut Mengembang , Cara Mencegah Penuaan Dini)

5 . Adanya pola makan yang buruk dan kekurangan gizi

Pola makan yang buruk serta kekurangan nutrisi ini terutama sangat mudah idalami bagi orang- orang yang supersibuk dengan jadwal- jadwal mereka. Seringkali orang- orang yang demikian melupakan perut mereka demi menyelesaikan pekerjaan mereka. Hal ini otomatis akan mendatangkan pola makan yang tidak teratur bagi orang- orang yang demikian. Selain itu pengonsumsian makanan yang kandungan yang memiliki nutrisi rendah (Seperti junkfood) juga akan mempengaruhi kesehatan serta kecantikan. Salah satu akibat yang dapat ditimbulkan dari adanya pola makan yang teratur serta pengonsumsian makanan- maknanan yang tidak bergii tinggi adalah membut kulit kita menjadi sensitif. Salah satu bentuk kesensitifan yang mungkin dapat muncul adalah berupa kemudaha alergi, dan lain sebagainya. (Baca Juga: Penyebab Wajah Kusam)

6. Paparan sinar UV atau sinar matahari secara langsung

Sinar UV memanglah seperti musuh besar bagi kulit. Salah satu yang menyebabkan kulit menjadi sensitif adalah karena paparan sinar matahari atau unltraviolet (UV) secara langsung. Ketika kulit terbakar oleh sinar matahari, pembentukan struktur kolagen pada kulit menjadi tidak sempurna. Selain itu juga membentukan pigmen dan melalini pada kulit, sehingga hal ini dapat menyebabkan proses penuaan terjadi lebih awal dan kulit akan menjadi sensitif. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Dengan Minyak Zaitun)

Ya, memanglah dahsyat kekuatan sinar UV ini sehingga membut kulit banyak orang menjadi berpotensi terkena berbagai macam gangguan. Tidak hanya kulit sensitif saja, namun juga kulit berminyak, kulit kering, hingg kulit menjadi berwarna hitam. Maka dari itu dianjurkan bagi Anda yang seringkali melakukan aktivitas di luar ruangan pada siang haru, untuk selalu menggunakan produk tabir surya dan atau memakai pakaian yang panjang dan juga tertutup.

7. Alergi

Kulit yang sensitif seringkali meuncul pada saat hal- hal tertentu saja. Salah satu kemunculan sensitivitas pada kulit adalah ketia seseorang mengalami alergi tertentu. Alergi yang biasanya terjadi pada orang- orang disebabkan karena pengonsumsian makanan tertentu, karena debu, dan lain sebagainya. Kondisi alergi dapat terjadi karena adanya penolakan oleh tubuh terhadap hal- hal yang menyebabkan alergi tersebut. Beberapa hal yang seringkali mendatangkan alergi antara lain adalah beberapa makanan (seafood, maknan yang mengandung ragi, mkanan pedas , alkohol, dan lain sebagainya), debu, angin, cuaca, dan lain sebagainya. (Baca Juga: Penyebab Alergi Kulit Wajah)

8. Beberapa penyakit tertentu

Adanya gengguan atau penyakit tertentu juga dapat menyebabkan adanya kulit yang sensitif. Beberapa gangguan yang menyebabkan datangnya kulit yang sensitif antara lain: migrain, neuropati, herpes zoster, overexposure ke matahari, demielinasi, cacat otak tengah, dan fibromyalgia.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkankulit kita menjadi sensitif. Selain hal- hal yang telah dipaparkan di atas, maih banyak lagi hal- hal yang ada di sekitar kita yang dapat menyebabkan kulit kita menjadi sensitif tanpa kita sadari. maka dari itu kita harus rajin- rajin merawant kulit kita dan minimal menghindarkannya dari hal- hal yang menyebabkan terjadinya kulit sesnitif tersebut.


Semoga bermanfaat.
----------
#penyebab-kulit-kering-dan-gatal
#kulit-kering-gatal-bersisik
#penyebab-kulit-kering-dan-bersisik
#kulit-muka-kering-dan-gatal
#penyebab-kulit-wajah-kering
Title Tags Search:
See Also:
Aneka Manfaat Air Kelapa Untuk Kecantikan - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Air kelapa memang dianjurkan untuk diminum, karena kandungan cairan isotoniknya dapat menggantikan mineral dan elektrolit yang hilang bersama dengan cairan tubuh.

Selain memiliki manfaat untuk kese ... Read More »
Berbagai Jenis Imunisasi Serta Manfaatnya Bagi Bayi Dan Anak - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Kalau anak anda sering sakit-sakitan dan terhambat pertumbuhannya, mungkin karena daya tahan tubuh anak anda sedang menurun. Ini akibat dari pengaruh lingkungan dan bahkan bisa karena imunitasnya term ... Read More »
Mengintip Bahaya Kesehatan Pada Mereka Yang Sering Merasa Kesepian - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Apakah anda termasuk dalam kategori makhluk yang selalu merasa kesepian, kesepian dalam arti kata benar-benar sendiri tak miliki satu orang pun teman? Atau anda memiliki banyak teman, tapi tak ada yan ... Read More »
Comment: (1)
cat hat [Fri, 13 Jul 2018 - 05:20:21]
I read this article completely concerning the difference of most up-to-date and previous
technologies, it's awesome article. http://catswithbamboochopsticksforhands.com
View All Comments
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 51877
Bookmark and Share