AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Thu, 23 November 2017 - 18:20:07
Random News
Pertengkaran dalam sebuah hubungan sudah menjadi hal yang wajar. Terutam dalam kehidupan berumah tan ... Read More »
Published: Mon, 29 Jun 2015 - 12:22:41
Category: Kuliner
By: Dyta
Hits: 4/6689
Comments: 0/0
Resep Cara Membuat Leumang Makanan Khas Ramadhan Dari Aceh

Resep Cara Membuat Leumang Makanan Khas Ramadhan Dari Aceh - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Kuliner yang satu ini saya pikir bukan hanya ada di Aceh, Medan dan Pontianak saja. Karena meski dengan nama dan bentuk yang berbeda tapi dengan bahan yang sama di Pulau Jawa pun juga ada, anda tentu mengenal jajanan yang bernama "Lopis" bukan? Nah itu dia yang saya maksud :)

Namun kali ini saya ingin lebih mengetahui lebih jauh lagi tentang Leumang yang berasal dari Kota Aceh. Panganan dari kota serambi mekah ini memang bervariasi, selain mie Acehnya yang lezat. Kita akan mencoba Leumang yang rasanya katanya tak kalah enaknya dan cocok mengisi perut serta yang pastinya tidak menggunakan bahan pengawet untuk berbuka puasa nanti.

Selain itu ternya Leumang adalah salah satu makanan tradisional yang hanya ada saat Ramadhan tiba. Di Banda Aceh, biasanya untuk mengkonsumsinya bisa dengan air tebu, selai atau dengan buah durian.

Bahan dasar Leumang sendiri terbuat dari beras ketan dan santan yang dimasak secara unik dalam potongan bambu yang sering disebut tring buloh di Aceh. Dimana bambunya memiliki penampang yang lebih tipis di bandingkan bambu biasanya. Satu batang bambu buluh yang sudah dipotong dengan panjangnya mulai sekitaran 40 sampai 80 cm bahkan lebih. Bambu ini diisi beras ketan dan santan lalu dibakar pada bara api yang banyak dalam posisi berdiri dengan sudut kemiringan kira-kira 80 derajat. Selain itu, di dalam bambu tersebut, dinding bambu buluh itu dilapisi daun pisang muda atau lebih tipis sehingga memudahkan saat mengambil ketan yang telah masak di dalamnya.

Di bulan Ramadhan merupakan berkah bagi para pembuat dan penjual Leumang, mereka bertebaran menjajakan dagangannya di seluruh kota kecamatan di beberapa kabupaten di Aceh. Namun, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah karena prosesnya juga cukup mudah. Menu makanan ini bisa sebagai pilihan variasi untuk menu berbuka puasa nantinya.

Nah, berikut ada resep yang bisa Anda coba untuk membuatnya di rumah. Berikut bahan dan cara pembuatannya :

Bahan bahannya :
5 batang bambu atau lebih
3 buah kelapa tua (di ambil santannya); disesuaikan dengan banyak lemang yang akan dimasak
Beberapa pucuk daun pisang yang masih muda
3 bambu beras ketan
Lidi muda; disesuaikan dgn jumlah lemang yang dimasak dan garam secukupnya

Cara pembuatannya :
Rendam beras ketan kemudian bersihkan
Buah kelapa tua diperas dan ambil 5 cawan santannya lalu tambahkan garam secukupnya pada santan tersebut kemudian aduk hingga rata

Cuci dan bersihkan batang bambu
Masukan pucuk daun pisang secara melingkar ke dalam batang bambu dengan baikMasukanlah beras ketan ke dalam bambu setelah itu masukkan juga santan tadi secukupnya ke dalam bambu yang sudah terisi beras ketan
Lalu tusukkan lidi muda kedalam beras ketan itu. Pangkalnya dibawah. Tujuannya agar santan bisa terserap penuh ke dalam beras ketan

Ingat: santannya harus lebih banyak dari beras ketan karna kalau kurang lemangnya nanti jadi mentah

Cara memasak lemang ternyata tidak terlalu sulit, cuma kita perlu menyiapkan beberapa bahan saja. Buatlah 2 tiang penyangga dari kayu dengan ukuran setengah meter lalu tancapkan ke tanah kedua tiang tersebut dengan sejajar dan letakan besi bulat diatas kayu penyangga tersebut lalu hidupkan api (api kayu atau tempurung).

Setelah api hidup, letakan dan susunlah bambu yg sudah terisi beras ketan tersebut diantara api kedua penyangga tersebut. Supaya lemang tidak masak sebelah kita harus memutarkan bambu tersebut supaya matangnya merata dan jika tangan tidak tahan panas sebaiknya gunakan sarung tangan kain untuk memutar lemang bambu tersebut.

Gimana, cukup rumit juga ya? Tapi jangan khawatir jika anda memang ingin mencicipi jajanan khas Ramadhan yang berasal dari kota Aceh ini, anda bisa mendapatkan dengan cara yang lebih praktis,lemang.jpgluangkan waktu dengan ngabuburit ke pusat jajanan pasar, di Pasar Senen Jakarta. Insha Allah makanan yang anda cari ada tersedia disana. :D


#LeumangKhasRamadhan #KulinerIndonesiaku
Title Tags Search:
See Also:
Resep Mudah Membuat Bubur Kacang Hijau Sendiri - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Bubur kacang hijau merupakan salah satu khas makanan di Indonesia. Makanan ini paling cocok dimakan pagi hari, saat masih hangat. Anda ingin membuat sendiri? Bahan-bahanya mudah didapat dan cara membu ... Read More »
Resep Tumis Ayam Bumbu Kacang - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Pagi-pagi sudah ngomongin masakan?! Hehe... Mungkin ada yang protes begitu lagi puasa nihh...
Padahal tidak apa-apa kali bu... Kan buat inspirasi masak nanti siang, jadi pagi ini kita bisa pilih-pili ... Read More »
Resep Menu Masakan Praktis Untuk Sarapan Pagi - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Tahukah kamu, sarapan pagi itu penting bukan hanya untuk kesehatan tubuh tapi juga bermanfaat bagi kecerdasan otak. Dan pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi beberapa resep praktis untuk sarapan ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share