AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Tue, 17 September 2019 - 13:59:35
Random News
Memiliki tubuh sehat dan langsing siapa yang nolak? Apalagi buat kamu kaum hawa, pasti mau bangetlah ... Read More »
Published: Sat, 30 Apr 2016 - 00:27:26
Category: Gaya Hidup
By: AnekaNews.net
Hits: 1/54642
Comments: 0/0
Tips Cara Membangun Rasa Saling Percaya Dalam Keluarga

Tips Cara Membangun Rasa Saling Percaya Dalam Keluarga - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Tips Cara Membangun Rasa Saling Percaya Dalam Keluarga

Apakah anda pernah mendengar kalimat keren dari Michel J. Fox "Family is not important thing. It's everything"?

Memang benar, keluarga memang segalanya. Bahkan anda berlelah-lelah membanting tulang pun dengan embel-embel "Demi Keluarga" bukan? kiki emoticon

Hal-hal materi, seperti uang, rumah yang besar, dan mainan berlimpah bagi anak tidaklah bisa mencukupi kebutuhan anak akan kasih sayang orang tua. Anak juga butuh perhatian dan rasa percaya dari orang tuanya. Begitu juga sebaliknya. Karena, untuk membangun sebuah bangunan keluarga yang kokoh tidak dilandasi dengan uang atau hal-hal materi lainnya, akan tetapi rasa percaya, saling jujur dan terbuka, saling berbagi, saling melindungi, dan perhatian yang tumbuh dari cinta yang dipupuk bersama-sama oleh orang tu dan juga anak.

Saat sebuah keluarga sudah memiliki rasa saling percaya, maka keluarga tersebut bisa disebut sebagai keluarga yang bahagia. Hanya saja tak semua keluarga bisa menumbuhkan rasa saling percaya di dalam anggota keluarganya sendiri. Lalu, bagaimana agar bisa membangun dan menumbuhkan rasa saling percaya di dalam keluarga?

1.Terbuka dan Jujur Setiap Saat

Anak-anak bisa dengan mudah mengetahui mana yang jujur dan mana yang palsu. Sebagai orang tua, Anda perlu mengakui jika memang tidak punya jawaban atas pertanyaan anak Anda. Atau sebagai anak-anak, Anda pun sebaiknya terbuka jika memang butuh bantuan dari orang tua Anda. Ketika sudah bisa saling terbuka dan jujur, rasa saling percaya antar anggota keluarga itu bisa dengan mudah muncul dengan sendirinya. Dengan menjaga sikap terbuka dan jujur, setiap masalah pun nantinya bisa diatasi dengan solusi yang tepat.

2.Selalu Konsisten

Dilansir dari familyshare.com, anak-anak butuh konsistensi dan aturan agar bisa tetap merasa nyaman dalam keluarga. Buat semacam ritual atau kegiatan khusus untuk semua anggota keluarga. Sebagai contoh, Anda bisa membuat jadwal makan bersama atau melakukan kegiatan bersama sebagai keluarga. Sebagai orang tua, Anda juga perlu konsisten dengan sikap Anda. Sebagai contoh, jika kemarin Anda bisa jadi orang tua yang baik tetapi hari ini bisa jadi sangat emosional tanpa alasan jelas, anak-anak pun akan merasa cemas dan kebingungan.

3.Jadilah Orang yang Bisa Dipercaya

Jangan menjanjikan hal-hal yang tak bisa Anda lakukan atau yang memang tak ingin Anda lakukan. Jika memang tak bisa melakukan sesuatu, katakan alasannya. Apabila Anda sering membuat janji tetapi tidak menepatinya, anak-anak nantinya tidak akan percaya lagi pada Anda.

4.Meminta Maaf

Mengatakan kepada anak-anak bahwa Anda baru saja berbuat kesalahan tak akan membuat Anda terlihat lemah. Justru ketika Anda meminta maaf atas sebuah kesalahan, Anda akan memperlihatkan bahwa Anda adalah bukan orang egois atau mau menang sendiri. Dan ini pun akan menjadi contoh yang baik untuk anak Anda, ketika anak Anda berbuat kesalahan ia pun akan meminta maaf dengan sendirinya.

Butuh proses untuk bisa membangun rasa saling percaya yang kuat dalam keluarga. Hilangnya kepercayaan dalam keluarga bisa membuat keharmonisan keluarga jadi luntur. Apalagi jika tiba-tiba di tengah jalan ada masalah besar yang menghilangkan rasa percaya dalam keluarga.

Rasa saling percaya itu tumbuh dalam waktu yang terkadang tidak sebentar. Tapi rasa percaya itu bisa langsung hilang dan semakin sulit untuk dibangun kembali apabila tiba-tiba ada masalah besar yang membuat kepercayaan itu hilang.

"Building trust is hard but once it's built, we can ensure that we will be able to cope with any kinds of problems ahead."


Semoga bermanfaat.
----------
#cara-mempercayai-pasangan-yang-pernah-selingkuh
#kata-mutiara-kepercayaan-cinta
#kepercayaan-terhadap-pasangan
#kata-kata-saling-percaya
#
Title Tags Search:
See Also:
Kata-kata Yang Tidak Boleh Diucapkan Ketika Bertengkar Dengan Pasangan - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Kata-kata Yang Tidak Boleh Diucapkan Ketika Bertengkar Dengan Pasangan

Pertengkaran dalam sebuah hubungan sudah menjadi hal yang wajar. Terutam dalam kehidupan berumah tangga. Tak heran, banyak pasangan mengatakan hubungan tanpa pertengkaran seperti sayur tanpa garam. Hu ... Read More »
Ketika Wanita Sarjana Menjadi Ibu Rumah Tangga - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Ketika Wanita Sarjana Menjadi Ibu Rumah Tangga

Di jaman sekarang ini, memang era yang serba mudah. Mau ngobrol dengan orang asing, bisa lewat jari. Jalan-jalan, ada kendaraan pribadi. Tapi bahagia kah kita? Saya kok tidak yakin, andai ibu dan nene ... Read More »
Ternyata Dampak Buruknya Pacaran Lebih Banyak - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Ternyata Dampak Buruknya Pacaran Lebih Banyak

Lagi-lagi ngomongin masalah pacaran. Hehe... :D
Soalnya dampak buruk alias Mudhorot pacaran itu lebih banyak dari pada manfaatnya. Yang jelas dalam realita sekarang ini pacaran dominan hanya buat gaya ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 89619
Bookmark and Share