AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Thu, 21 March 2019 - 00:57:35
Random News
Musim hujan yang dingin, cocoknya minum yang hangat-hangat. Seperti di kota Malang yang sering di gu ... Read More »
Published: Thu, 21 Jan 2016 - 08:41:17
Category: Pendidikan
By: AnekaNews.net
Hits: 1/2814
Comments: 0/0
Cara Menyikapi Anak Yang Sering Mogok Sekolah

Cara Menyikapi Anak Yang Sering Mogok Sekolah - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Bagaimana sih cara orang tua menyikapinya, kalau anak sering mogok sekolah atau mengalami "School Phobia"?

Anak sering mogok untuk pergi ke sekolah, mungkin anak mengalami "School Phobia". School Phobia adalah gejala ketakutan yang berlebihan terhadap sesuatu hal yang berhubungan dengan sekolah. Salah satu alasannya adalah si anak merasa takut pada teman-temannyanya, yang dianggap sebagai pengganggu. Rasa takut pada temannya yang "jahat", umumnya terjadi pada anak yang sensitif. Anak seperti ini biasanya menjadi korban dari anak yang lebih dominan dan "kuat" di sekolahnya. Atau bisa juga, malah karena merasa takut terhadap Guru-nya sendiri. Mungkin si anak melihat gurunya galak atau menyeramkan.

Dan akibat dari semuanya itu, orang tua pun seringkali dibuat bertanya-tanya kenapa anaknya, kok jadi ketakutan seperti itu. Terlebih bila anak jarang menceritakan pengalamannya yang terjadi di sekolah.

Coba bicaralah pada gurunya. Guru biasanya lebih mengatahui latar belakang kenapa anak didiknya tiba-tiba jadi agresif dan "nakal," atau ketakutan. Bisa jadi, mereka punya masalah di keluarganya, entah karena kekacauan perkawinan orangtuanya atau kelahiran adik baru. Anak seringkali tidak mampu mengatasi hal-hal demikian, sehingga sebagai pelampiasannya dia melakukan pemukulan dan agresivitas di sekolahnya.

Orangtua sebaiknya juga Membesarkan hati si anak, bahwa musuh yang kelihatan besar pun tidak sekuat yang diperlihatkannya. Selain itu, yang perlu dilakukan juga adalah mencoba mengatasi ketakutan dan kekhawatiran si anak, bicaralah dengan anak secara baik-baik dan bergurau, tanpa memarahinya. Dengan demikian, ketakutannya akan mereda. Juga Mintalah bantuan guru untuk mengatasi "pengganggu" dengan cara yang bijak.

#Mengatasi-SchoolPhobia-Anak
Title Tags Search:
See Also:
Mengapa 22 Desember Ditetapkan Dan Diperingati Sebagai Hari Ibu Di Indonesia - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Mau tahu, mengapa Hari Ibu ditetapkan dan di peringati pada dan tiap tanggal 22 desember? Begini ceritanya.

Peringatan Hari Ibu diawali dari bertemunya para pejuang wanita dengan mengadakan Konggre ... Read More »
Cara Mendidik Anak Terhadap Bahaya Aksi Terrorisme - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Aksi kekerasan dan terrorisme sekarang ini, sangat mudah di akses oleh siapapun, termasuk anak-anak. Yang mana dengan mudah dapat di lihat lewat media internet maupun televisi. Miris sekali bukan..

... Read More »
Para Orang Tua Ingatlah Beberapa Wejangan Dalam Membesarkan Anak Ini - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Seperti dalam paribahasa "Buah jatuh tidak akan jauh dari pohonnya", yang artinya semua kelakuan dan perbuatan anak, orang tuanya juga akan ikut disebut. Entah itu kelakuan baik maupun buruk. Maka seb ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share