AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Mon, 19 August 2019 - 07:24:54
Random News
Sahabat, tahukah anda amalan baik apa saja yang sebaiknya dilaksanakan oleh umat muslim di hari Jum ... Read More »
Published: Wed, 03 Feb 2016 - 20:03:01
Category: Umum
By: AnekaNews.net
Hits: 2/7696
Comments: 0/0
Soal Racun Sianida Pada Kasus Kematian Mirna Dengan Tersangka Jessica

Soal Racun Sianida Pada Kasus Kematian Mirna Dengan Tersangka Jessica - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Soal Racun Sianida Pada Kasus Kematian Mirna Dengan Tersangka Jessica

Salah satu jenis alat pembunuhan terpopuler adalah racun. Sianida adalah senyawa kimia yang mengandung kelompok siano C≡N, dengan atom karbon terikat-tiga ke atom nitrogen. Kelompok CN dapat ditemukan dalam banyak senyawa. Beberapa adalah gas, dan lainnya adalah padat atau cair. Beberapa seperti garam, beberapa kovalen. Beberapa molekular, beberapa ionik, dan banyak juga polimerik. Senyawa yang dapat melepas ion sianida CN− sangat beracun.

Racun sianida secara alami terdapat pada buah apel, aprikot, dll. Pada buah apel, racun ini terkandung dalam bijinya. Namun butuh banyak biji apel untuk dosis yang dapat membunuh manusia. Oleh karena itu tidak perlu khawatir dalam mengkonsumsi apel.

Racun sianida pada tanaman biasanya lebih kuat dan sebagai suatu perlindungan diri dari para herbivora. Sianida juga digunakan untuk bidang pertambangan yaitu dalam mengekstraksi emas dan perak.
Tentunya akan mengancam keselamatan para penambang jika ada kebocoran gas. Bayangkan saja kekuatan racun ini yang dapat mengektrasi emas dan perak jika digunakan pada tubuh manusia.

Sianida merupakan salah satu racun yang sangat mematikan, karena zat ini mengacaukan sel dalam menerima oksigen didalam tubuh. Racun sianida ini dapat berbentuk gas seperti hidrogen sianida atau dalam bentuk kristal seperti potasium sianida atau sodium sianida. Dalam novel agatha christie ada juga penjelasan mengenai racun ini.

Secara Ilmiah, racun sianida dapat memasuki tubuh kita melalui sistem pernapasan (terutama paru-paru), Pencernaan sehingga didistribusikan ke seluruh bagian tubuh.

Jika zat ini masuk ke dalam tubuh bisa menghambat kinerja sel dalam tubuh, mengganggu penggunaan oksigen oleh sel dan dapat menyebabkan kematian sel. Pada dosis tertentu, zat ini dapat menyebabkan kematian dalam waktu 15 menit saja akibat kekurangan oksigen.

Racun sianida dalam kasus pembunuhan biasanya dioleskan pada pinggir gelas, botol minum atau disuntikkan ke dalam batu es. Sianida hanya bereaksi sebagai hidrogen sianida bebas, oleh karena itu garam-garam yang ditelan harus bertemu dengan air atau asam lambung sebelum membebaskan asam hidro-sianida, proses ini hanya butuh waktu beberapa detik.

Penggunaan racun sianida untuk bunuh diri digunakan tokoh kontroversial Nazi, Hitler yang diduga minum kapsul sianida sebelum menembak kepalanya.
Menurut saya analisa dari 2 pakar berbeda keahlian ini sangat masuk dalam logika. Mereka tidak yakin jika jessica yang memasukan racun sianida kedalam minuman kopi kepada mirna.

Pakar forensik Reza indragiri mengatakan ada beberapa syarat dan ketentuan untuk mendapatkan racun yang mematikan itu. Jessica dinilai tak mungkin mendapatkan sianida yang bisa membunuh 25 jiwa tersebut.
"Alat kejahatannya sianida, bukan barang yang bisa dibeli di swalayan. Barang itu hanya bisa dibeli saluran khusus, lewat online, karena si pembeli harus masukan data diri, verifikasi, kenapa ingin beli zat itu, lalu takarannya berapa,"

Sianida bukan racun yang gampang dibeli di pasaran. Untuk bisa bisa membunuh seseorang yang bukan tokoh penting, risikonya disebut sangat berat.Mirna menjadi korban karena berada di tempat dan waktu yang salah.
Sedangkan mantan hakim asep irawan melihat 3 tanda yang menunjukan bahwa jessica bukanlah pelaku pembunuhan mirna

1. Jessica selalu memberikan jawaban dengan konsisten saat ditanya siapapun tentang pembunuhan Mirna. Apalagi selama ini dia adalah orang yang paling disudutkan dari pembunuhan ini.

2. Jessica selalu menjelaskannya kejadian ini secara runut. Cerita runut menunjukkan bahwa seseorang berbicara jujur dan tidak menutup-nutupi apapun.

3. Jessica menjawab semua pertanyan dengan spontan dan tanpa berpikir panjang. Biasanya orang yang berbohong akan melakukan proses berpikir untuk menutupi kebohongan-kebohongannya.


"Saat ditanya langsung apakah dia menyesal, dia bilang menyesal kenapa dia datang ke Indonesia. Dia jawab spontan dan matanya tajam menatap ke arah saya. Kalau dia bohong, dia pasti akan mikir dulu dan tidak berani menatap mata langsung,"

Kita berharap semoga polisi tidak menentapkan seseorang menjadi tersangka karena desakan masyarakat jangan takut pula dibilang tidak populer.Jangan hanya mengikuti keinginan selera masyarakat timbul viktimisasi. Ada baiknya polisi juga melibatkan segala ahli untuk memberikan kontribusi dalam penyidikan kasus ini.

Sumber Referensi : fb Rio Baretaz

#Racun-Sianida #Kopi-Beracun #Mirna #Jessica
Title Tags Search:
See Also:
Fenomena Alam Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 Di Indonesia - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Fenomena Alam Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 Di Indonesia

Gerhana Matahari Total (Total Solar Eclipse) akan terjadi di Indonesia pada tanggal 9 Maret 2016, sekitar pukul 08:58 WIB. Para ilmuwan menyatakan bahwa fenomena yang langka dan luar biasa ini akan ja ... Read More »
Benarkah Orang Yang Suka Berbohong Hidungnya Akan Bertambah Mancung - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Benarkah Orang Yang Suka Berbohong Hidungnya Akan Bertambah Mancung

Ingin tahu jawabannya khan?... Ini teorinya menurut sebuah penelitian terbaru, rata-rata orang akan melakukan kebohongan 11 kali per minggu. Ini berarti bahwa Anda mungkin memiliki teman pembohong. Un ... Read More »
Ini Dia Daftar Pelaku Dan Korban Teror Bom Sarinah - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Ini Dia Daftar Pelaku Dan Korban Teror Bom Sarinah

Aksi teror bom dan penyerangan tadi siang sekitar jam 11 siang, tanggal 14 Januari 2016 yang terjadi di jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Tepatnya di depan gedung Sarinah, yang menyebabkan korban beber ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share