AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Jelang Ramadhan para guru yang sudah bersertifikat pendidik pantas bersyukur karena pada bulan Juni ... Read More »
Published: Thu, 11 Aug 2016 - 00:05:05
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.top
Hits: 849/905
Comments: 0/0
Apakah Flek Paru Pada Anak Bisa Sembuh Total?

Apakah Flek Paru Pada Anak Bisa Sembuh Total? - AnekaNews.net

AnekaNews.top - Apakah Flek Paru Pada Anak Bisa Sembuh Total?

Pertanyaan:
Assalamu'alaikum

Dok, anak saya usia 1 tahun 5 bulan. Terdeteksi infeksi flek paru di usia 11 bulan dan sudah menjalani pengobatan selama 6 bulan. Namun dari hasil tes darah di bulan ke-6, dokter kami menyarankan untuk melanjutkan pengobatan hingga 2 bulan. Apa saja sebab masa pengobatan flek paru ditambah ya, dok? Mungkinkah ada keterpaparan dengan penderita TB dewasa? Gejala apa saja yang timbul pada orang dewasa ya, dok? Terima kasih.

Umi, Cileungsi - 29 tahun

Jawaban:
Wa'alaikumsalam W. Wb.

Untuk Ibu Umi yang penuh perhatian terhadap anaknya. Agaknya perlu saya jelaskan bahwa istilah "Flek Paru" bagi orang awam, yang dimaksud adalah TB Paru. Sehingga, pengobatan yang diperlukan minimal 6 bulan dan bisa sampai 9 bulan. Bahkan ada yang sampai 2 tahun jika sudah ada resistensi kuman, dikarenakan kumannya ada yang sudah kebal obat.

Sehingga dengan demikian, lamanya waktu pengobatan tergantung dari ringan beratnya penyakit atau luas tidaknya penyakit TB tersebut. Selama pelaksanaan pengobatan, tentu saja dilakukan monitoring atau evaluasi/ penilaian atas tahap perkembangan penyembuhannya. Dengan inidikator, apakah sudah tuntas atau belum recovery TB secara keseluruhan.

Apabila dianggap belum tuntas, maka akan ditambahkan masa pengobatannya. Pada kasus anak yang menderita TB, umumnya dapat dari keterpaparan dengan penderita TB dewasa, biasanya penderita TB anak tidak menularkan namun tertular dari orang dewasa.

Secara umum, gejala TB pada orang dewasa tergantung dari organ mana yang terkena TB dan berapa luas TB-nya. Jika masih dalam tahap awal, biasanya belum timbul gejalanya, indikasi TB paru mulai dari batuk yang lebih dari 2 minggu, demam, lemas, tidak nafsu makan, nyeri dada sampai sesak nafas.

Dalam hal ini, ada baiknya dilakukan komunikasi dengan dokter yang menangani anak ibu sekaligus melakukan evaluasi atas pemeriksaan kesehatan sekeluarga, agar dapat membantu mendukung proses percepatan perbaikan pada kasus TB anak. Demikian dapat disampaikan, semoga dapat dimengerti dan segera lekas sembuh untuk buah hatinya ya, bu. Terima kasih, salam. (Zb)

dr Zubaedah, SpP
Spesialis Paru di RS Meilia Cibubur


Semoga bermanfaat.
----------
#tanda-tanda-flek-paru-paru-pada-anak
#cara-menghilangkan-flek-paru-paru
#flek-paru-pada-anak-usia-1-tahun
#ciri-ciri-flek-pada-anak-2-tahun
#obat-flek-paru-paru-di-apotik
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 39159
Bookmark and Share