AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Sragen merupakan salah satu Kota Kabupaten di Propinsi Jawa Tengah. Terletak di sebelah utara timur ... Read More »
Published: Fri, 09 Jun 2017 - 10:33:01
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.top
Hits: 922/971
Comments: 0/0
Selain Karena Ajaran Agama, Inilah Manfaat KHITAN Untuk Kesehatan

Selain Karena Ajaran Agama, Inilah Manfaat KHITAN Untuk Kesehatan - AnekaNews.net

AnekaNews.top - Selain Karena Ajaran Agama, Inilah Manfaat KHITAN Untuk Kesehatan

Khitan atau Sunat merupakan salah satu ajaran yang telah diterapkan dalam Islam, baik bagi laki-laki maupun perempuan, karena khitan memiliki fungsi dan manfaat yang sangat penting bagi kepentingan syiar Islam. Khitan bertujuan untuk kesehatan jasmani dan rohani. Selain itu, khitan juga dianggap sebagai salah satu media penyucian diri dan bukti ketundukan seseorang kepada ajaran agamanya.

Rasulullah SAW bersabda, "Kesucian (fitrah) itu ada lima: khitan, mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, memendekkan kumis, dan memotong kuku." (HR Bukhari Muslim).

Melalui khitan, seorang anak sejak dini diajarkan mengenai pentingnya kesehatan dan kebersihan badan, terutama alat kelaminnya. Bagi laki-laki, khitan berfungsi untuk mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat sahnya ibadah, khususnya yang berkaitan dengan kotoran air kencing. Dari sudut pandang medis, seperti yang diungkapkan para ahli kedokteran, khitan mempunyai faedah bagi kesehatan karena membuang anggota tubuh yang menjadi tempat persembunyian kotoran, virus, bakteri, dan bau yang tidak sedap.

Air kencing mengandung semua unsur tersebut. Ketika air seni keluar melewati kulit yang menutupi alat kelamin, endapan kotoran yang biasa disebut smegma ini sebagian tertahan oleh kulit tersebut. Semakin lama, endapan tersebut akan semakin banyak. Bisa dibayangkan berapa lama seseorang membuang air kencingnya dalam sehari dan berapa banyak endapan yang disimpan oleh kulit penutup kelamin dalam setahun. Karena itu, bila tidak dibersihkan, endapan kotoran yang tertahan itu dapat menyebabkan infeksi pada penis serta kanker leher rahim pada perempuan yang disetubuhinya.

Kesimpulan menurut berbagai penelitian, Khitan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mencegah infeksi dan mengurangi resiko tertular dan menyebarkan infeksi penyakit menular seperti HIV-AIDS.

2. Alat kelamin pria dilewati saluran urine/kencing dimana terdapat kuman atau kotoran yang terbawa saat buang air kecil yang terkumpul/menumpuk dibawah kulit pada kepala penis yang
bisa menyebabkan kuman tinggal dan berkembang disana.

3. Menurut penelitian pada orang yang tidak disunat lebih besar resikonya timbuk infeksi yang berakibat pada terjangkitnya berbagai penyakit diantaranya yang paling menghawatirkan adalah Kanker Penis.

4. Selain mengurangi risiko tertular HIV melalui hubungan seks, pria yang disunat juga jauh dari risiko terkena virus human pappiloma virus (HPV), Virus ini juga merupakan penyebab penyakit Kanker Serviks (leher rahim) pada wanita.



Sumber referensi: berbagai sumber di FB

Semoga bermanfaat.
----------
#manfaat-khitan-bagi-perempuan
#kerugian-sunat
#manfaat-khitan-menurut-islam
#manfaat-sunat-bagi-pria-dewasa
#khitan-menurut-islam-dan-kesehatan
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Name* :
Url :
Comment*:
[BB Code] [Smiley]
Code*: 83353
Bookmark and Share