AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Sat, 24 August 2019 - 20:45:24
Random News
Alhamdulillah! Atas ijin dari Allah SWT akhirnya kita kembali dipermukan dengan bulan ramadhan, bula ... Read More »
Published: Mon, 29 Jun 2015 - 10:39:39
Category: Islam
By: Dyta
Hits: 3/4329
Comments: 0/0
Tips Belajar Mengenakan Jilbab Yang Baik Dan Benar Sesuai Syariah Islam

Tips Belajar Mengenakan Jilbab Yang Baik Dan Benar Sesuai Syariah Islam - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Tips Belajar Mengenakan Jilbab Yang Baik Dan Benar Sesuai Syariah Islam

Salah satu amalan yang wajib dilaksanakan oleh perempuan muslimah adalah mengenakan Jilbab (menutup aurat). Apa itu jilbab?

Jilbab adalah pakaian terusan panjang yang dikenakan oleh para wanita muslim yang menutupi seluruh badan kecuali tangan, kaki, dan wajah. Sehingga, jilbab bukan hanya sebatas penutup kepala dan rambut saja, tapi menutupi semua bagian tubuh yang dianggap sebagian sumber maksiat. Dan yang pasti, jilbab merupakan identitas seorang muslimah.

Dengan berjilbab, seseorang akan dikenali bahwa dia seorang muslim sehingga orang cenderung untuk bersikap sopan jika berada di dekatnya.
Lalu Bagaimana Cara Memakai Jilbab yang Baik dan Benar?
Jilbab yang baik adalah jilbab yang sesuai dengan tuntunan Islam, bukan sesuai dengan mode atau trend yang berlaku di masyarakat.

Apa saja syarat-syarat cara memakai jilbab yang baik dan benar? Beberapa di antaranya :
1.Menutupi aurat
2.Jilbab lebar dan menutup dada
3.Jilbab longgar tidak menampakkan bentuk tubuh
4.Tidak tembus pandang
5.Tidak memakai riasan/make up tebal yang berlebihan
6.Tidak Membentuk Sanggul Atau Gundukan Seperti Punuk Onta

Kesalahan Dalam Cara Memakai Jilbab
Berdasarkan cara penggunaannya, jilbab tidak seperti kerudung gaul seperti fenomena yang terjadi di masyarakat. Kerudung yang digunakan haruslah syar'i dan sesuai dengan yang diperintahkan oleh Allah dan Rasulnya, baik itu dala Al Qur'an ataupun hadits. Padahal, sekarang tidak sedikit orang yang berjilbab, tapi model dan riasannya kurang pas dalam mencerminkan penampilan muslimah yang baik sesuai syariah, dan lebih mengutamakan mode dan style yang sedang booming di masyarakat seperti bagaimana para artis berjilbab.

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda :
"Bahwa anak perempuan apabila telah cukup umurnya, maka mereka tidak boleh dilihat akan dia melainkan mukanya dan kedua telapak tangannya hingga pergelangan." (H.R. Abu Daud).

Dengan demikian, mari kita mencoba untuk berjilbab sesuai dengan ketentuan tuntunan agama kita, bukan hanya sekedar tuntutan mode dan gaya.

Kesalahan-kesalahan teknis lainnya yang berkaitan dengan gaya dan model berbusana atau berjilbab yaitu:

1. Kerudung tidak Menutupi Dada
Ini bertentangan dengan firman Allah SWT dalam Al-qur'an ".. dan hendaklah mereka menutup kain kerudung ke dadanya .." (QS. An Nur : 31)

2. Rok Kurang Panjang (sehingga Tampak Menggantung)
Hal ini tidak sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tarmizi dan Nasa'i, dari Ummu Salamah r.a. "Ya Rasulullah, bagaimana dengan perempuan dan kain-kain mereka yang sebelah bawah?" Sabda Rasulullah S.A.W : "Hendaklah mereka memanjangkan barang sejengkal dan janganlah menambahkan lagi keatasnya."

3. Pakaian Ketat dan Menampakkan Bentuk Tubuh
Selain terlihat dan terasa sesak, ternyata pakaian yang ketat juga tidak baik untuk kesehatan. Sebuah penelitian membuktikan bahwa pakaian yang ketat menyebabkan kulit kekurangan ruang untuk bernafas. Akibat yang ditimbulkan dari mengenakan pakaian ketat, mulai dari yang teringan seperti biduran, adanya bercak ringan di bagian tubuh tertentu sampai dengan penyakit yang cukup berbahaya, seperti kemandulan dan kanker.

4. Menggunakan Riasan Make-Up yang Tebal
Menggunakan riasan make-up bagi seorang perempuan tidaklah dilarang, tapi anjurannya adalah "jangan berlebihan" karena segala sesuatu ynag berlebihan itu tidak baik dan Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan. Jika sering menggunakan make-up terlalu tebal, maka kurang sehat untuk wajah karena kulit wajah tidak dapat bernafas dengan baik dan menyisakan residu yang berlebihan pada wajah sehingga jika tidak telaten dapat menyebabkan jerawat di wajah.
Apalagi ada beberapa muslimah yang mungkin malas berwudhu atau hanya berwudhu sekedarnya saja dengan alasan menjaga riasan wajah agar tetap awet.

Kesalahan lain yang juga umum terjadi yaitu : tidak memakai kaos kaki, mengenakan blus yang pendek, memakai rok dengan belahan tinggi serta mengenakan kerudung yang terbuat dari bahan yang tipis/jarang.

Demikian semoga tips ini menjadi tips yang bermanfaat.

#CaraBerhijab #PerempuanMuslimah
Title Tags Search:
See Also:
Wirid Asmaul Husna Pembawa Rejeki Bertubi-tubi - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Wirid Asmaul Husna Pembawa Rejeki Bertubi-tubi

Ceritanya lagi bolak-balik baca artikel yang ada di google, ehh ga sengaja ketemu artikel yang menarik, berkisah tentang orang yang mendapatkan rejeki secara bertubi-tubi karena mengamalkan wirid rije ... Read More »
Doa Agar Di Karuniai Surga Dan Pasangan Yang Suci Serta Ridha Allah - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Doa Agar Di Karuniai Surga Dan Pasangan Yang Suci Serta Ridha Allah

Dalam berdoa tentunya kita akan meminta sesuatu yang terbaik, salah satunya adalah doa mohon di karuniai Surga, pasangan yang di sucikan serta minta keridhaan Allah SWT.

Seperti doa yang di ambil dar ... Read More »
Mari Mengenal Kota Tarim Kota Mungil Yang Paling Diberkahi Di Muka Bumi - AnekaNews.net
AnekaNews.net - Mari Mengenal Kota Tarim Kota Mungil Yang Paling Diberkahi Di Muka Bumi

Jika Anda ingin mengetahui kota manakah di dunia ini yang paling diberkasi Allah SWT? Jawabnya adalah Mekah dan Madinah yang diyakini sebagai kota paling diberkahi di muka bumi ini. Keistimewaan kedu ... Read More »
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share