AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Bagi para pemilik kendaraan, khususnya mobil, siapa yang tidak senang apabila ban mobilnya awet, tid ... Read More »
Published: Mon, 21 Sep 2015 - 07:10:04
Category: Kesehatan
By: AnekaNews.net
Hits: 2/199
Comments: 0/0
Awas Sakit Pinggang Karena Ginjal

Awas Sakit Pinggang Karena Ginjal - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Awas Sakit Pinggang Karena Ginjal

Sakit pinggang banyak penyebabnya, mulai dari yang ringan sampai pada penyebab yang berat atau serius. Tetapi, sebagian besar adalah tidak serius dan membaik dengan sendirinya, Bagaimana Anda duduk, berdiri, bekerja, kebiasaan mengangkat sesuatu, gaya hidup Anda, merokok aktivitas olahraga, kebiasaan makan, minum, stres, jenis kelamin. Usia dan bahkan faktor turunan ikut menentukan keluhan nyeri pinggang ini.

Sehubungan dengan banyaknya keluhan di pinggang, hal ini belum dapat secara pasti menentukan penyakit apa yang di alami. Hanya saja, yang perlu ketahui bahwa suatu nyeri pinggang yang disebabkan oleh batu pada ginjal akan memberikan gejala yang khas, di antaranya;

1. Nyeri bersifat kolik, datang tiba-tiba, dalam keadaan berat, sakit sekali, Anda bisa berguling-guling karena kesakitan ini.

2. Nyeri di bagian belakang samping, di bawah tulang punggung, biasanya juga menjalar ke perut bagian bawah, lipat paha, atau daerah kemaluan.

3. Nyeri juga sering dirasakan bersamaan dengan waktu buang air kecil.

4. Buang air kecil juga sering disertai dengan darah, urine berubah warna jadi pink, coklat, atau merah.

5. Urine punya aroma tidak enak, atau bau.

6. Nyeri juga sering disertai dengan mual, muntah.

7. Buang air kecil menjadi lebih sering daripada biasanya, dan bila ada infeksi, penderita batu ginjal juga dapat mengalami panas, dan menggigil.

Jadi, bila nyeri yang di rasakan menyerupai gejala-gejala di atas, kemungkinan nyeri pinggang itu adalah akibat batu ginjal. Tetapi, untuk memastikannya, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut, paling tidak X-ray dan USG.

Perlu diingat juga bahwa batu ginjal sering tidak memberikan gejala apa-apa atau tidak begitu mencolok sehingga diabaikan penderita. Sarannya, sebelum Anda memeriksakan lebih lanjut, sebaiknya Anda minum lebih banyak, mengurangi konsumsi gula dan garam, dan setiap 30-60 menit Anda duduk, sebaiknya Anda bangkit.

Demikian, terima kasih.

#SakitPinggang


Sumber Referensi: kompas.com
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share